Inilah 6 Produk Teknologi Terbaik 2020

Inilah 6 Produk Teknologi Terbaik 2020
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Perkembangan teknologi berjalan begitu cepat dan masif. Apa yang dulu tidak bisa diciptakan, kini, tampak begitu nyata di depan mata. Sebuah perkembangan yang menunjukkan betapa tidak berbatasnya inteligensi manusia.

Produk demi produk yang canggih dihadirkan untuk membuat manusia semakin lebih mudah menjalani hidup. Mulai dari sepeda listrik lipat hingga robot yang bisa begitu ekspresif layaknya seorang anak kecil. Dari sekian banyak produk teknologi itu, TIME memilih 100 produk dari antaranya sebagai “The Best Inventions of 2020”. Berikut 6 produk di antaranya:

Gocycle GXi

Inilah 6 Produk Teknologi Terbaik 2020
(Foto: Jessica Pettway/TIME)

Sepeda listrik dan sepeda lipat adalah dua jenis sepeda yang berbeda. Dan Richard Thorpe, mantan desainer McLaren—mobil balap terkenal dari Inggris itu—ingin memadukan keduanya dalam satu wujud. Pada tahun 2002 silam, dia mendirikan Karbon Kinetics Limited. Di bawah bendera perusahaan inilah, dia menciptakan Gocycle: sepeda listrik lipat terbaik untuk masyarakat urban. Seri pertama, Gocyle G1, dirilis pada 2009 lalu.

Sepuluh tahun kemudian, tepatnya ada September 2019 lalu, Karbon Kinetics Limited merilis Gocycle GXi. Seri ini lebih canggih daripada seri sebelumnya, Gocycle GX, yang dirilis pada Januari 2019. Seri ini dipacu oleh baterai lithium dengan kapasitas 375Wh (watt-hour) yang memungkinkan penggunanya menempuh jarak 80 km. Baterai ini bisa dilepas untuk di-charge. Pada handlebar-nya terpasang Daytime Running Light. Lampu LED built-in ini sengaja dihadirkan dengan alasan keselamatan: supaya bisa terlihat oleh para pengguna jalan lain.

Inilah 6 Produk Teknologi Terbaik 2020
(Foto: Istimewa)

Keunggulan lain dari sepeda ini adalah sangat mudah dilipat. Bayangkan saja, butuh waktu kurang dari 10 detik untuk melipat sepeda ini. Pengguna hanya perlu melepas kunci tengah frame, melipatnya sehingga kedua roda sejajar, menurunkan sadel, dan melipat setang. Lalu sepeda tinggal didorong dengan tumpuan pada kedua roda. Karena teknologi canggih inilah, TIME mencatat sepeda ini sebagai salah satu dari “The Best Inventions of 2020”.

Moxie

Inilah 6 Produk Teknologi Terbaik 2020
(FotoP Devindra Hardwar/Engadget)

Tidaklah berlebihan untuk mengakui bahwa ini adalah salah satu penemuan terbaik manusia pada milenium ketiga ini. Terbaik karena Moxie ini lebih dari sekadar robot. Dia adalah robot yang istimewa. Dirancang secara khusus oleh Paolo Pirjanian, ilmuwan NASA yang kemudian beralih menjadi seorang entrepreneur dalam bidang teknologi, untuk menjadi teman terbaik anak berusia 5—10 tahun.

Moxie didesain untuk merangsang dan meningkatkan keterampilan sosial dan emosional anak. Dia bisa berbicara, berjoget, dan mengungkapkan ekspresinya persis seperti yang dilakukan manusia. Dia bahkan bisa membungkuk, menggerakkan kedua tangannya yang mirip sirip itu, dan memainkan bola matanya.

Inilah 6 Produk Teknologi Terbaik 2020
(Foto: Business Insider)

Semua elemen dari Moxie sengaja didesain untuk bisa menampilkan karakter kepribadian yang kuat. Di hadapan anak kecil berusia 5—10 tahun, Moxie memang seperti seorang “anak” yang menyenangkan. Karena berbagai kelebihan dan keistimewaan itulah, TIME mencatat robot bikinan Embodied, Inc. itu sebagai salah satu dari “Penemuan Terbaik 2020”.

Petcube Bites 2

Inilah 6 Produk Teknologi Terbaik 2020
(Foto: Istimewa)

Kamu punya hewan peliharaan? Jika ya, kamu membutuhkan Petcube Bites 2. Ini adalah “CCTV” terbaik untuk hewan peliharaanmu ketika kamu tidak berada di rumah. Smart HD pet camera ini dilengkapi dengan dispenser, kontrol suara, dan sudut pandang 1600. Dengan lebarnya sudut pandang ini, kamu bisa melihat ke mana saja hewan peliharaanmu bergerak.

Kamera ini bisa diakses melalui aplikasi bawaan. Dengan begitu, kamu bisa melihat, memantau, dan berbicara dengan hewan peliharaanmu dari jarak jauh melalui telepon pintarmu. Bahkan bisa memberi makan hewan peliharaanmu karena kamera ini dilengkapi dengan built-in dispenser. Jika kamu sibuk, kamu bisa mengatur mode autoplay dan kamera ini akan mengeluarkan makanan secara otomatis.

Perso

Inilah 6 Produk Teknologi Terbaik 2020
(Foto: TIME)

Bagaimana memilih warna foundation, lipstik, dan produk perawatan kulit lainnya secara tepat? Ini adalah salah satu dari sekian banyak masalah besar perempuan. Masalah ini dijawab L’Oreal dengan Perso. Produk ini diperkenalkan untuk pertama kalinya dalam ajang Consumer Electronics Show 2020 lalu.

Mungkin produk ini adalah jawaban sekaligus solusi terbaik atas masalah besar perempuan itu. Mengapa tidak, alat ini bisa membantu menyesuaikan warna foundation, lipstik, dan produk skincare yang sesuai dengan kondisi kulit, warna pakaian, dan cuaca. Dalam penggunaannya, alat ini terkoneksi dengan telepon genggam melalui jaringan Bluetooth. Dengan teknologi AI (artificial intelligence), alat ini akan menganalisis kondisi kulit wajah seperti adanya komedo, pori-pori yang besar, dan jenis kulit. Hasil analisis itu kemudian dikombinasikan dengan indeks UV, kelembapan, temperatur, dan cuaca. Bahkan bisa disesuaikan dengan warna pakaian. Karena kecanggihan alat ini, TIME memasukkannya dalam daftar “The Best Inventions of 2020”.

Inilah 6 Produk Teknologi Terbaik 2020
(Foto: Pocketlint)

Menurut pihak L’Oreal, dibutuhkan waktu yang lama untuk membuat mesin dispenser di dalam Perso ini. Saat ini, satu Perso belum bisa mengakomodir semua kebutuhan itu, yaitu menyediakan lipstik, foundation, dan skincare. Baru 1 Perso untuk 1 kebutuhan. Itu berarti bahwa jika kamu ingin memenuhi semua kebutuhan itu, kamu harus memiliki 3 Perso: 1 untuk lipstik, 1 untuk foundation, dan 1 untuk skincare.

Pinter

Inilah 6 Produk Teknologi Terbaik 2020
(Foto: The Greater Good)

Mau bikin bir sendiri di rumah? Bisa. Namun, mungkin sedikit merepotkan karena kamu harus punya alat, menyiapkan bahan, mengatur takarannya, dan lain sebagainya. Jika kamu mau lebih simpel, gunakan alat ini: Pinter. Ini adalah alat untuk membuat bir yang didesain oleh Greater Good Fresh Brewing Co. dari London, Inggris.

Pinter ini terdiri atas sebuah tabung dengan kapasitas sekitar 5 liter. Ada juga Pinter Pack yang meliputi purifier, ragi, dan sebuah botol “Fresh Press” yang berisi campuran bahan untuk membuat bir. Cara membuatnya sangat mudah. Cukup masukkan botol Fresh Press, ragi, dan air. Kemudian atur lamanya proses fermentasi dan lanjutkan dengan proses brewing selama 4 hari.

Inilah 6 Produk Teknologi Terbaik 2020
(Foto: The Greater Good)

The Pinter disebut-sebut sebagai hasil inovasi pertama di dunia yang membuat siapa saja bisa membuat bir dengan rasa yang istimewa. Produk teknologi ini dimasukkan TIME dalam daftar “The Best Inventions of 2020”.

Cuzen Matcha

 (Foto: The Greater Good)
(Foto: Trend Hunter)

Jika kamu adalah orang yang suka minum teh matcha, matcha latte, dan aneka kreasi minuman dari matcha lainnya, mungkin kamu harus mempertimbangkan opsi ini: membeli Cuzen Matcha. Ini adalah robot pembuat matcha bikinan World Matcha Inc. Perusahaan rintisan ini didirikan oleh 2 orang anak muda Jepang, yaitu Eijiro Tsukada dan Oki Hatta, pada Januari 2019.

Mesin pembuat matcha ini diperkenalkan untuk pertama kalinya dalam CES Unveiled Las Vegas pada Januari 2020 lalu. Mesin ini akan menggiling daun matcha dan menuangkan bubuknya ke dalam sebuah gelas yang sudah diisi air dingin. Di dalam gelas itu sudah ada pengaduk magnetik yang akan mengaduk air dan bubuk matcha dalam kecepatan tinggi. Hanya dalam beberapa menit saja, matcha sudah bisa dinikmati.

TIME memasukkan Cuzen Matcha dalam daftar “The Best Inventions of 2020”.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry