Ini yang Harus Kamu Ketahui Tentang NFT

Ini yang Harus Kamu Ketahui Tentang NFT
Ilustrasi (Foto: legalexaminer.com)

Dalam tiga hari terakhir ini, nama Ghozali menjadi buah bibir warganet di Indonesia. Mengapa tidak, pemuda asal Solo itu mendadak menjadi miliarder setelah menjual NFT (Non-Fungible Token) swafotonya. Sebanyak 933 buah swafoto itu dijualnya melalui OpenSea, situs penjualan NFT terbesar di dunia.

Sebenarnya apa itu NFT? Mengapa dia menjadi perhatian dunia? Mengapa orang beramai-ramai berinvestasi pada produk ini?

Heboh! Pemuda Indonesia Ini Raup Miliaran Rupiah dari NFT Swafoto
Ghozali Everyday (Foto: Twitter)

Perlu diketahui bahwa NFT sudah lama muncul. Namun, baru belakangan ini dia terkenal setelah sejumlah figur dunia menggunakannya. Pada Maret tahun lalu, misalnya, bos Twitter, Jack Dorsey, berhasil mengantongi US$2,9 juta dari penjualan tweet pertamanya melalui NFT. Pemain basket Golden State Warriors, Stephen Curry, telah merilis replika digital dari sepatu miliknya, Genesis Curry Flows. Dan Lionel Messi, megabintang Argentina, meluncurkan koleksi NFT-nya pada Agustus 2021 lalu.

Dikutip dari Forbes, NFT adalah aset digital yang menggambarkan objek aslinya. Atau objek riil yang didigitalkan. NFT bisa berupa gambar, video, GIF, avatar dalam video game, dan musik. Sebuah karya seni seperti musik atau lukisan yang berwujud di dunia nyata, misalnya, bisa didigitalkan melalui NFT dan memiliki nilainya sendiri.

Ini yang Harus Kamu Ketahui Tentang NFT
(Foto: Getty Images)

NFT adalah bagian dari blockchain. Arti non-fungible pada NFT adalah unik dan tidak bisa dipindahtangankan dengan yang lain. Hal ini yang membedakan NFT dengan mata uang kripto lainnya yang masuk pada sistem blockchain. Jika Bitcoin dapat ditukar dengan Bitcoin lainnya dengan nilai yang sama, NFT tidak demikian. Sebuah NFT tidak ada duanya di dunia ini, sehingga tidak dapat ditukar dengan NFT lainnya. Kepemilikan sebuah NFT bersifat mutlak dan tidak bisa dipindahtangankan. Namun, NFT dapat digabungkan dengan NFT lain dan membentuk NFT baru.

Dengan NFT, sebuah karya seni digital menjadi aset yang mudah diperdagangkan di blockchain. NFT itu dapat dibeli atau ditransaksikan menggunakan mata uang kripto. Biasanya NFT dibeli menggunakan mata uang kripto Ethereum. Setiap transaksi NFT ini tercatat secara rinci di sebuah data di sistem blockchain.

Ini yang Harus Kamu Ketahui Tentang NFT
Ilustrasi (Foto: NDTV Gadgets 360)

Lantas apa keunggulan NFT? Setiap token NFT berisikan identitas unik yang membedakannya dari NFT lainnya seperti informasi tentang pemilik NFT, harga, dan histori kepemilikan aset NFT. Identitas NFT ini dapat memvalidasi keaslian dan kepemilikan sebuah karya digital.

NFT ini dapat membuat seniman terhubung dengan penikmat karya seninya. Mengapa demikian? Karena penikmat seni dapat ikut memiliki karya NFT seniman itu dengan membelinya. Melalui NFT pula, seniman mendapatkan keuntungan karena karya NFT-nya itu tidak dapat dibajak karena memiliki identitas unik.

Ini yang Harus Kamu Ketahui Tentang NFT
Ilustrasi (Foto: News18.com)

Memang benar bahwa pada era digital ini, apa pun yang berbentuk digital dapat dengan mudah didapatkan. Orang hanya perlu mengunduhnya secara gratis melalui internet. Misalnya, sebuah lukisan bisa diunduh secara gratis melalui internet dan kemudian dicetak di atas kertas. Namun, NFT menawarkan identitas unik, sehingga apa pun yang berbentuk digital itu tidak dapat diduplikasi. Melalui NFT, hanya ada satu lukisan asli yang dimiliki satu pemilik. Dan orang baru bisa menikmatinya dengan membeli NFT lukisan asli itu.

 

#YUKKpakeYUKK

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry