Ini Syarat untuk Manusia Bisa Tinggal di Planet Mars

Syarat manusia tinggal di Planet Mars
Penampakan awan di Planet Mars (Foto: NASA)

Planet Mars adalah planet keempat yang paling dekat dengan matahari. Planet bebatuan dengan atmosfer yang tipis ini disebut juga Planet Merah. Menurut para ahli, planet ini bisa dihuni manusia.

Penelitian demi penelitian dan proyek demi proyek dibuat untuk membuat Mars menjadi rumah kedua manusia. Menjelajahi Mars adalah salah satu ambisi besar manusia selain melakukan pendaratan di Bulan. Lalu kapan manusia bisa tinggal di Mars?

Dalam International Astronautical Conference (IAC) yang digelar papda Oktober 2019 lalu, kapan waktunya manusia bisa tinggal di Mars dibocorkan oleh NASA (National Aeronautics and Space Administration). Menurut Jim Bridenstine, pemimpin NASA, manusia bisa tinggal di Mars jika misi pendaratan di Bulan bisa dipercepat. Dan itu baru bisa dilakukan pada tahun 2035 mendatang.

Syarat manusia tinggal di Planet Mars
Robot (Foto: NASA)

Untuk bisa tinggal di Mars, ada banyak syarat yang harus dipenuhi manusia. Salah satunya adalah dengan mengubah DNA (Deoxyribonucleic Acid) atau rekayasa genetika. Demikian menurut Kennda Lynch, astrobiolog dan geomikrobiolog dari Lunar and Planetary Institute Houston.

Mengapa harus dilakukan rekayasa genetika? Karena lingkungan Mars berbeda jauh dengan lingkungan Bumi. Manusia bisa beradaptasi di lingkungan baru itu jika mengubah DNA-nya.

“Rekayasa genetika dan teknologi canggih mungkin perlu berperan jika manusia ingin hidup, berkembang, dan bekerja serta membangun keluarga mereka di Mars,” jelasnya dalam acara Alienating Mars: Challenges of Space Colonizationyang digelar secara virtual seperti dikutip dari Space.

Saat ini, sambung Lynch, proses pengujian rekayasa genetika sedang dilakukan. Pengujian dilakukan dengan meletakkan DNA ke dalam mikroba tardigrades.Mikroba ini terbukti mampu bertahan hidup dalam ruangan tanpa udara. Dan DNA tardigradesini ternyata sudah disuntikkan ke dalam sel manusia di laboratorium dan terbukti mampu menahan radiasi dalam jumlah yang besar.

Syarat manusia tinggal di Planet Mars
Ilustrasi DNA (Foto: Freepik)

Menurut Christopher Mason, ahli genetika dari Weill Cornell Medicine, NASA masih menggunakan peralatan yang didesain untuk melindungi astronaut ketika mendarat di permukaan Planet Merah itu. Dalam waktu dekat, NASA akan menjalani proses pengujian modifikasi genetik yang terbukti aman.

“Saya pikir bahwa itu (berkunjung ke Mars) adalah misi yang cukup panjang. Anda mungkin harus melakukan sesuatu yang terbukti sudah aman. Tardigradesadalah reservoir besar yang pada dasarnya alami dan memiliki bakat luar biasa dalam dunia biologi,” katanya seperti dilansir Daily Star.

Sejalan dengan Lynch, Mason mengatakan bahwa modifikasi genetika pada masa depan akan menjadi sangat penting jika manusia ingin menjelajahi planet yang lebih jauh. Misalnya, Jupiter. Sejauh ini, manusia belum bisa mendarat di Mars. Jarak Mars dengan Bumi adalah 56 juta km. Diperlukan waktu 8 bulan untuk sampai ke sana.

Syarat manusia tinggal di Planet Mars
Ilustrasi rekayasa genetika (Foto: Freepik)

NASA sendiri telah menjelajahi permukaan Mars selama 4 tahun dengan robot Curiosity. Salah satu penemuan robot ini adalah air yang mengalir. Penemuan ini menjadi salah satu penemuan paling penting dalam rangkaian penelitian tentang Planet Merah itu.

Selain NASA, badan antariksa Eropa (ESA) dan Rusia (Roscosmos) juga melakukan misi ini. Keduanya mengumumkan bahwa robot nirawak mereka bernama Schiaparelli akan mendarat di permukaan Mars pada 19 Oktober mendatang.

 

 

#YUKKpakeYUKK#BelanjaOnlinePakeYUKKSaja

0
like
0
love
0
haha
1
wow
0
sad
0
angry