Ini Dia Wajah Baru Stadion Utama Gelora Bung Karno

Wajah baru Stadion Utama Gelora Bung Karno
Stadion Utama Gelora Bung Karno (Foto: google)

Minggu (14/1) malam lalu, tim Garuda harus mengakui kehebatan timnas Islandia. Di hadapan pendukung sendiri, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK), Garuda dipukul 1-4. Sebuah hasil yang mengecewakan, sekalipun tentu tidaklah sangat buruk karena yang dihadapi adalah salah satu kontestan Piala Dunia 2018.

Memang hasil itu tidak memuaskan Indonesia. Namun, ada beberapa hal menarik dari pertandingan persahabatan itu yang membuat mata masyarakat membelalak. Salah satu yang paling mencolok adalah wajah baru SU GBK. Setelah direnovasi, stadion kebanggaan Indonesia itu tampil lebih “mewah”.

Wajah baru Stadion Utama Gelora Bung Karno
Kursi dengan ilusi bendera berkibar (Foto: YouTube)

“Stadion ini sudah mengikuti standar FIFA dalam aspek keamanan, yakni dalam kondisi darurat, dalam waktu 15 menit, stadion sudah harus kosong,” tulis Presiden Jokowi dalam akun Facebook-nya.

Seperti apa wajah baru stadion yang dibangun pada tahun 1960 itu? Berikut ini beberapa keunggulan dan kemewahan SU GBK yang YUKK himpun dari beberapa sumber:

Single seat dan flip up

Wajah baru Stadion Utama Gelora Bung Karno
(Foto: Instagram)

Setelah direnovasi, SU GBK memang lebih elegan. Lebih berkelas. Lihat saja kursinya. Kursi yang digunakan adalah satu kursi (single seat) dan lipat (flip up). Kursi ini telah memenuhi standar aksesibilitas evakuasi. Masing-masing kursi dapat menahan beban hingga 250 kg dan tidak mudah ditarik. Menariknya adalah kursi ini disediakan dalam dua warna, yaitu merah dan putih. Penataannya memberikan kesan bendera Merah Putih sedang berkibar.

Terbaik di dunia

Wajah baru Stadion Utama Gelora Bung Karno
(Foto: Instagram)

Pencahayaan di SU GBK disebut-sebut sebagai yang terbaik di dunia. Lampu yang digunakan adalah lampu LED dengan kekuatan 3.500 lux. Itu berarti lampu ini tiga kali lebih terang daripada sebelumnya, tapi 50% lebih hemat. Sistem pencahayaan itu terintegrasi dengan sistem tata suara berkekuatan 80 ribu watt PMPO.

CCTV 7K

Wajah baru Stadion Utama Gelora Bung Karno
(Foto: YouTube)

Stadion ini dilengkapi dengan CCTV beresolusi tinggi, yang 7K. CCTV ini dipasang di ring 1 dan 2. Menariknya adalah CCTV ini terintegrasi dengan lampu, sehingga lebih jelas merekam dan menge-zoom wajah penonton. Dan CCTV ini tersambung secara langsung ke Polda dan Bareskrim.

Royal Box

Wajah baru Stadion Utama Gelora Bung Karno
(Foto: YouTube)

Presiden dan tamu-tamu kenegaraan tidak perlu khawatir ketika menonton secara langsung pertandingan di stadion ini. Pasalnya, mereka mendapat tempat sangat khusus. Namanya “royal box”. Tempat ini dilindungi dengan kaca antipeluru.

Fasilitas kelas hotel berbintang

Wajah baru Stadion Utama Gelora Bung Karno
Loker (Foto: YouTube)

Area pemanasan atlet benar-benar diperhatikan. Di area ini, para atlet bisa melakuan pemanasan di atas rumput sintetis. Ukuran area ini lebih luas. Ruangan ganti para pemain pun lebih mewah: mulai dari lokel, toilet kelas hotel berbintang, ruangan pijat, dan kolam air hangat.

Standar FIFA

Wajah baru Stadion Utama Gelora Bung Karno
(Foto: YouTube)

Rumput yang digunakan adalah rumput dari jenis zoysia matrella. Rumput yang sesuai dengan standar FIFA. Drainasenya juga bagus, sehingga lapangan tidak tergenang sekalipun lapangan diguyur hujan lebat. Hal itu sudah terbukti dalam pertandingan persahabatan antara Indonesia melawan Islandia.

#YUKKpakeYUKK

Baca juga : Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Stadion Utama Gelora Bung Karno

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry