Ini Daftar Makanan yang Harus Kamu Konsumsi Saat sahur

Ini Daftar Makanan yang Harus Kamu Konsumsi Saat sahur
Ilustrasi (Foto: Crello)

Sama seperti 2 tahun lalu, tahun ini pun umat Islam menjalani puasa Ramadan ketika virus SARS-CoV-2 masih mengancam dunia. Bahkan di beberapa negara, terjadi ledakan kasus harian akibat infeksi varian Siluman Omicron. Meskipun jumlah kasus di Indonesia tidak melonjak sebanyak 2 tahun lalu, tetap saja masyarakat diimbau untuk waspada dan menjalankan protokol kesehatan.

Supaya puasa Ramadan ini berjalan lancar, orang disarankan untuk memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Para ahli kesehatan dan ahli nutrisi menyarankan orang untuk makan banyak sayuran dan buah saat sahur.

“Ketika memutuskan apa yang harus dimakan selama Ramadan, ingatlah (bahwa) sahur dapat membantu Anda menjalankan puasa. Jadi, mengonsumsi makanan yang tepat adalah penting,” kata Departemen Diet dari Singapore General Hospital (SGH).

Lalu makanan seperti apa yang harus dikonsumsi saat sahur? Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi seperti dikutip YUKK dari HealthXchange:

Harus ada serat

Ini Daftar Makanan yang Harus Kamu Konsumsi Saat sahur
Ilustrasi (Foto: Crello)

Buah dan sayur mengandung banyak serat. Serat akan membuat perut cepat kenyang dan mencegah sembelit. Selain serat, buah dan sayur juga mengandung vitamin, mineral, dan phytochemical yang sangat penting untuk kesehatan.

Ada karbohidratnya

Ini Daftar Makanan yang Harus Kamu Konsumsi Saat sahur
Ilustrasi (Foto: Crello)

Yang juga harus dikonsumsi saat sahur adalah yang mengandung karbohidrat. Selain nasi putih, ada beberapa jenis makanan yang kaya akan karbohidrat seperti beras merah dan roti gandum. Keduanya mengandung karbohidrat kompleks dan banyak serat, sehingga lebih lambat untuk dicerna. Dengan demikian, energi bisa bertahan lebih lama.

Protein wajib ada

Ini Daftar Makanan yang Harus Kamu Konsumsi Saat sahur
Ilustrasi (Foto: Crello)

Protein tidak boleh dilupakan. Protein ini bisa didapatkan dari daging ayam tanpa kulit, ikan, dan produk susu rendah lemak. Kandungan dalam makanan ini dapat membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

 

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry