Ini Alasan Mengapa Laki-Laki Lebih Mudah Terinfeksi Virus Corona

Mengapa laki-laki lebih rentan terhadap virus corona?
Ilustrasi (Foto: healthhub.sg)

Jumlah orang yang terinfeksi virus corona dan yang meninggal dunia terus bertambah. Hingga hari ini, Selasa (11/2), seperti dilansir Reuters, jumlah orang yang terinfeksi virus ini mencapai 42.638 orang. Sementara itu, jumlah korban yang meninggal dunia mencapai 1.016 orang.

Dari sekian banyak orang yang menjadi korban itu, baik yang terinfeksi maupun yang meninggal dunia, yang paling banyak jumlahnya adalah laki-laki. Berdasarkan data dari Komisi Kesehatan China, 2/3 kasus virus corona terjadi pada laki-laki.Laki-laki rupanya lebih rentan terinfeksi virus ini ketimbang perempuan.

Menurut dr. Erlina Burhan, spesialis paru, ada beberapa alasan yang membuat laki-laki lebih mudah terserang virus corona.

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

“Dari jurnal yang ada, memang lebih banyak laki-laki dibandingkan perempuan. Ada beberapa kemungkinan,” katanya dalam diskusi Mundhipharma Indonesia di Jakarta, Kamis (6/2), seperti dilansir CNN Indonesia.

Pertama, penelitian menunjukkan bahwa laki-laki memiliki lebih banyak reseptor virus dibandingkan perempuan. Reseptor merupakan tempat virus berkembang biak, lalu menyerang tubuh. Pada manusia, reseptor virus terdapat di saluran pernapasan dan saluran cerna.

Mengapa laki-laki lebih rentan terhadap virus corona?
(Foto: AP Photo)

Kedua, menurut Erlina, laki-laki lebih banyak melakukan aktivitas dengan mobilitas tinggi, sehingga kemungkinan terpapar virus corona lebih besar dibandingkan perempuan.

Ketiga, virus corona mulai mewabah di Wuhan dan sejumlah kota di China yang merupakan negara dengan penduduk laki-laki lebih banyak dibandingkan perempuan. Data menunjukkan bahwa rasio laki-laki dibandingkan perempuan yang lahir di China pada 2015 mencapai 113,5 bayi laki per 100 bayi perempuan. Di beberapa provinsi bahkan tercatat mencapai 130 bayi laki-laki.

Mengapa laki-laki lebih rentan terhadap virus corona?
(Foto: Honest Docs)

Keempat, laki-laki lebih banyak merokok dibandingkan perempun. Merokok, katanya dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh. Tubuh dengan sistem imunitas yang menurun lebih rentan terkena virus corona.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry