Ini 6 Cara Mudah Membangun Pola Makan Sehat

Ini 6 Cara Mudah Membangun Pola Makan Sehat
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Apa saja yang kamu konsumsi akan mempengaruhi kesehatanmu. Semua yang masuk ke dalam tubuhmu akan mempengaruhi bagaimana tubuhmu bekerja. Jika yang kamu makan adalah makanan yang mengandung gizi seimbang, maka semua organ tubuhmu bekerja dengan baik dan maksimal. Jika tidak, maka fungsi tubuhmu tidak akan berjalan normal.

Sudah banyak kasus yang menunjukkan bahwa pola makan yang buruk berdampak pada menurunnya berbagai fungsi organ tubuh. Obesitas adalah salah satu efek negatif dari pola makan yang buruk. Efek negatif lainnya adalah munculnya banyak penyakit kronis seperti penyakit jantung, hipertensi, diabetes, osteoporosis, dan kanker.

Lalu bagaimana membangun pola makan yang sehat? Enam cara berikut ini bisa menjadi pegangan. Lakukan secara teratur dan rasakan perubahan dalam tubuhmu.

Nutrisi seimbang

Ini 6 Cara Mudah Membangun Pola Makan Sehat
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Poin penting pertama adalah makan makanan yang mengandung gizi seimbang. Para ahli gizi menyarankan kamu untuk makan makanan yang mengandung 45 persen karbohidrat, 30 persen protein, dan 35 persen lemak baik. Lemak tidak boleh dihindari karena lemak adalah cadangan energi.

Hindari makanan olahan

Ini 6 Cara Mudah Membangun Pola Makan Sehat
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Kamu harus tahu bahwa makanan olahan mengandung banyak unsur yang tidak dibutuhkan tubuh. Bahkan merupakan racun untuk tubuh. Yang disarankan adalah makanan utuh yang kaya antioksidan dan serat. Makanan utuh yang dimaksud adalah sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, susu rendah lemak, pasta gandum, nasi, dan roti.

Makan banyak sayuran hijau

Ini 6 Cara Mudah Membangun Pola Makan Sehat
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Jangan hindari sayur! Justru kamu disarankan untuk makan banyak sayuran hijau. Sayuran hijau kaya akan serat dan air, sehingga membuat perut cepat kenyang. Mulai dari sekarang, makanlah bayam, tomat, dan sayuran hijau lainnya.

Catat apa yang dimakan

Ini 6 Cara Mudah Membangun Pola Makan Sehat
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Ini adalah cara yang paling mudah untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan pola makan yang teratur. Catatlah apa saja yang sudah kamu makan hari ini dan hari-hari berikutnya. Hasil sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Obesity menunjukkan bahwa menyisihkan sedikit waktu setiap hari untuk menuliskan apa yang kita makan dan minum dapat meningkatkan peluang menurunkan berat badan.

Tetapkan batas sehat

Ini 6 Cara Mudah Membangun Pola Makan Sehat
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Berapa banyak kalori yang seharusnya kamu konsumsi setiap hari? Ada batas sehat yang harus kamu patuhi jika kamu ingin sehat. Para ahli merekomendasikan agar wanita mengonsumsi 1.200—1.500 kalori sehari dan pria 1.600—2.400. Jika lebih dari itu, kalori akan disimpan menjadi lemak. Dan lemak ini menimbulkan banyak masalah, terutama penyakit jantung dan pembuluh darah.

Tidak boleh terlalu lapar atau terlalu kenyang

Ini 6 Cara Mudah Membangun Pola Makan Sehat
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Makanlah secukupnya. Tidak boleh terlalu kenyang. Juga tidak boleh terlalu lapar. Mengapa? Karena ketika kamu terlalu lapar, kamu akan cenderung makan banyak dan makan apa saja. Hal inilah yang justru merusak pola makan sehatmu.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry