Ini 5 Makanan Penghilang Bau Mulut

Ini 5 Makanan Penghilang Bau Mulut
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Bau mulut adalah “musuh” bersama. Tidak ada orang yang tahan mencium bau mulut orang lain. Dan tidak ada orang yang mau dihindari karena bau napasnya tidak segar.

Rutin memeriksakan kesehatan gigi dan rajin menggosok gigi adalah cara yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Selain itu, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau mulut. Salah satunya adalah mencari sumber bau mulut. Jika sudah rutin memeriksakan kesehatan gigi dan sudah rajin menggosok gigi, tapi bau napas tetap tidak segar, berarti ada masalah kesehatan serius yang sedang dialami.

Cara lainnya adalah mengonsumsi makanan yang bisa menghilangkan bau mulut. Lima makanan berikut ini, menurut penjelasan dokter gigi David Mitola seperti dikutip dari LiveStrong, bisa membantu menghilangkan bau mulut:

Apel

Ini 5 Makanan Penghilang Bau Mulut
(Foto: Freepik)

Menurut drg. Mitola, kerenyahan buah apel membantu mengeluarkan bakteri dan makanan lain yang tersangkut di sela-sela gigi atau permukaan. Tambahan lagi, buah apel juga mengandung antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri tertentu dan mengurangi produksi senyawa penyebab bau mulut.

Sayuran hijau

Ini 5 Makanan Penghilang Bau Mulut
Bayam (Foto: Freepik)

Sayuran hijau bisa membantu menghilangkan bau mulut.

“Sayuran hijau seperti selada, bayam dan kangkung mengandung klorofil, pewangi alami yang menetralkan bau tak sedap. Sayuran hijau juga membantu menyeimbangkan tingkat pH Anda, menjaga agar mulut Anda tidak terlalu asam,” kata Mitola.

Peterseli, Basil dan Mint

Ini 5 Makanan Penghilang Bau Mulut
Basil (Foto: Freepik)

Peterseli, kemangi, dan mint disarankan untuk dikonsumsi karena dapat membuat napas segar. Tambahan lagi, tumbuhan ini mengandung polifenol yang bermanfaat menghambat pertumbuhan bakteri jahat.

“Mereka mengandung enzim yang mengikat senyawa yang mengandung sulfur dan membantu menetralkan bau,” kata Mitola.

Jahe

Ini 5 Makanan Penghilang Bau Mulut
(Foto: Freepik)

Rempah yang satu ini mengandung senyawa gingerol-6 yang bisa menjadi “senjata” untuk menghilangkan bau mulut.

“Senyawa gingerol-6 menstimulasi enzim dalam air liur kita yang memecah senyawa berbau busuk yang mengandung sulfur,” jelas Mitola.

Yogurt Probiotik

Ini 5 Makanan Penghilang Bau Mulut
(Foto: Freepik)

Makanan yang juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah bau mulut adalah yogurt probiotik.

“Selain menjadi sumber terbaik untuk meningkatkan kalsium enamel, yogurt probiotik mengandung bakteri yang membantu memerangi bakteri lain di mulut yang menyebabkan bau mulut,” kata Mitola.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry