Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Menurunkan Kekebalan Tubuh

5 Kebiasaan yang menurunkan kekebalan tubuh
Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Sejak virus Corona mulai mewabah di Wuhan, China, pada akhir tahun lalu, para ahli kesehatan mendorong masyarakat untuk rajin mencuci tangan. Mengapa? Karena virus akan mati ketika terkena deterjen.

Para ahli kesehatan pun menyarankan setiap orang untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang tinggi akan dapat menghadapi dan bahkan terhindar dari serangan virus Corona. Sementara yang punya sistem kekebalan tubuh rendah lebih rentan terserang virus ini.

Bagaimana menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh? Ada banyak cara. Bisa dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa meningkatkan sistem imunitas. Bisa juga dengan berolahraga dan menjaga pola hidup yang sehat.

Masalahnya adalah masih banyak orang yang tidak sadar bahwa ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Kebiasaan-kebiasaan itu adalah:

Kurang gerak

5 Kebiasaan yang menurunkan kekebalan tubuh
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Kamu pasti sering mendengar akronim ini: mager. Malas gerak. Tidak sedikit orang yang melakukan itu. Apalagi dalam situasi seperti ini. Kerja dari rumah cenderung membuat orang mager. Efeknya adalah kekebalan tubuh menurun.

“Kita kurang gerak malah menurunkan imun kita, sehingga meningkatkan risiko infeksi,” kata dr. Andi Kurniawan, spesialis kedokteran olahraga, dalam webinar bersama Kemenkes beberapa waktu lalu.

Setiap orang disarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas sedang. Dengan berolahraga, hormon stres akan terlepas, sehingga menurunkan inflamasi dan microbial killing. Pada saat yang sama, sitokin atau sel imunitas tubuh meningkat.

Konsumsi gula berlebihan

Ilustrasi (Foto: Freepik)

Mengapa konsumsi gula berlebihan bisa menurunkan daya tahan tubuh? Kamu harus tahu bahwa kekebalan tubuh berhubungan dengan mikroflora usus. Rita Ramayulis, ahli gizi, mengatakan bahwa keseimbangan bakteri baik dan bakteri jahat di dalam usus berperan penting dalam pertahanan tubuh terhadap serangan penyakit. Dan salah satu kebiasaan yang bisa menurunkan mikroflora usus adalah konsumsi gula yang berlebihan.

“Gula ini disukai bakteri jahat dan bisa menekan jumlah bakteri baik, sehingga kemampuan sel darah putih jadi lemah,” kata Rita.

Makanan yang digoreng

5 Kebiasaan yang menurunkan kekebalan tubuh
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Gorengan dan makanan yang digoreng memang menggiurkan. Namun, ada masalah serius di balik itu. Masalah itu adalah berkurangnya kadar nilai zat gizi. Oleh karena itu, lebih baik makanan direbus atau dipanggang. Namun, kamu harus memperhatikan suhunya: tidak boleh di atas 200 derajat Celcius.

Malas berjemur

5 Kebiasaan yang menurunkan kekebalan tubuh
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Selama pandemi ini berlangsung, para ahli kesehatan menyarankan semua orang untuk berjemur pada pagi hari. Mengapa? Karena sinar matahari pagi mendukung produksi vitamin D. Vitamin ini berguna untuk kekebalan tubuh. Namun, tidak sedikit orang yang malas berjemur. WFH (work from home) dimanfaatkan beberapa orang untuk tidur hingga siang hari.

Bergadang

5 Kebiasaan yang menurunkan kekebalan tubuh
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Lantaran dianjurkan untuk bekerja dari rumah, sebagian orang memilih bergadang hingga larut malam. Bahkan hingga dini hari. Hal ini ternyata berdampak pada sistem kekebalan tubuh. Mengapa? Harus diingat bahwa tubuh perlu regenerasi setelah beraktivitas seharian.Dan regenerasi itu berlangsung ketika kita sedang tidur.

“Hormon pertumbuhan mulai diproduksi saat malam. Produksi tertinggi di pukul 23.00-02.00 malam. Kalau terbangun pada jam-jam itu, bisa melumpuhkan imunitas,” jelas Rita.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry