Ini 4 Kebiasaan yang Bisa Merusak Gigimu

Ini 4 Kebiasaan yang Bisa Merusak Gigimu
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Sikat gigi sudah lebih dari cukup? Tidak! Kesehatan gigi tidak hanya soal rajin sikat gigi. Masih ada banyak hal yang harus dilakukan dan masih ada banyak hal yang harus dihindari.

Masalahnya adalah masih ada banyak orang yang berpikir bahwa jika mereka tidak rajin menggosok gigi, maka “hanya” gigi mereka yang sakit. Hanya gigi dan bukan organ lain. Kenyataannya tidak demikian. Fakta menunjukkan bahwa penyakit periodontal (penyakit gigi dan gusi) berkaitan dengan penyakit jantung. Penelitian juga menunjukkan bahwa stroke juga dipicu oleh masalah sakit gigi dan gusi.

Dari berbagai penelitian diketahui bahwa masih ada begitu banyak orang yang tidak sadar bahwa apa yang mereka lakukan adalah salah dan bisa memperburuk kesehatan gigi dan gusi. Apa saja kebiasaan yang salah itu?

Tidak harus ketemu dokter gigi

Ini 4 Kebiasaan yang Bisa Merusak Gigimu
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Tidak sedikit orang yang berpikir seperti ini: tidak perlu periksa gigi jika kamu rutin menggosok gigi. Mereka berpikir bahwa kesehatan gigi itu hanya tentang gosok gigi. Padahal tidak.

Perlu diketahui bahwa ada banyak masalah kesehatan mulut yang serius. Beberapa masalah yang bisa disebut, antara lain, adalah kerusakan gigi, gusi, dan kanker mulut. Masalah ini tidak kamu ketahui jika kamu tidak memeriksakan gigimu secara rutin. Pasalnya, ada masalah yang tidak menimbulkan rasa sakit sebagai gejala awalnya. Oleh karena itu, rutinlah memeriksakan kesehatan gigi setiap 6 bulan sekali.

Bernapas lewat mulut

Ini 4 Kebiasaan yang Bisa Merusak Gigimu
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Ini mungkin sangat sepele. Ada banyak orang melakukannya, khususnya ketika mereka sedang mengalami flu. Padahal efeknya sangat besar: mulut menjadi kering dan mengurangi aliran air liur.

Apa pentingnya air liur? Air liur berperan dalam menetralkan asam dan menjaga gusi tetap terlumasi. Jika mulut kering dan aliran air liur terhambat, sangat besar kemungkinan terjadinya kerusakan gigi.

Tidak sikat gigi

Ini 4 Kebiasaan yang Bisa Merusak Gigimu
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Mungkin karena sudah terlalu lelah, orang sering lupa sikat gigi. Mereka langsung tidur segera setelah tiba di rumah. Dan mereka menganggap bukanlah masalah besar jika tidak menyikat gigi pada malam hari.

Fakta menunjukkan bahwa tidak sikat gigi adalah pemicu paling besar dari penyakit gigi dan gusi. Sisa-sisa makanan, bakteri, dan plak yang menumpuk dapat menyebabkan rusaknya struktur dan lapisan gigi. Pada kasus yang parah, bia terjadi infeksi yang serius. Salah satu penyakit yang timbul adalah gingivitis. Pada gilirannya, gingivitis ini bisa memicu periodontitis. Dan periodontitis ini bisa menyebabkan penyakit jantung.

Salah pilih makanan

Ini 4 Kebiasaan yang Bisa Merusak Gigimu
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Gigi dan gusi yang sehat dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya adalah makanan. Mengonsumsi makanan yang tepat akan membuat gigi dan gusi terhindar dari masalah yang serius.

Makanan seperti apa yang bisa merusakkan gigi dan gusi? Makanan olahan dan yang tinggi kadar gulanya. Sebalinya yang disarankan untuk dikonsumsi adalah makanan alami yang mengandung vitamin A, D, E dan K. Kandungan ini memungkinkan penyerapan kalsium dan fosfor lebih cepat dan baik. Kalsium dan fosfor adalah mineral penting untuk kesehatan gigi dan rahang.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry