Ingin Transaksi Online Lebih Aman? Gunakan Payment Gateway

Ingin Transaksi Online Lebih Aman? Gunakan Payment Gateway
Ilustrasi (Foto: Crello)

Pertumbuhan industri e-commerce di Asia Tenggara meningkat sangat pesat dalam beberapa tahun belakangan ini. Para pengguna internet di Filipina, Thailand, dan Malaysia, misalnya.  Hasil survei We Are Social pada April 2021 lalu menunjukkan bahwa 86,2% pengguna internet di Filipina dan 85% pengguna internet di Thailand dan Malaysia memanfaatkan e-commerce.

Lalu Indonesia? Indonesia justru berada pada urutan pertama. Menurut hasil survei itu, sebanyak 88,1% pengguna internet di Indonesia memanfaatkan layanan e-commerce.

Ingin Transaksi Online Lebih Aman? Gunakan Payment Gateway
Ilustrasi (Foto: Crello)

“Pada 2025, Indonesia berpotensi memiliki pasar e-commerce dengan pertumbuhan tertinggi di kawasan ASEAN, yaitu sebesar US$124 miliar,” kata Teguh Supangkat, Deputi Komisioner Pengawas Perbankan I Otoritas Jasa Keuangan (OJK), seperti dikutip YUKK dari Liputan6.com.

Yang kemudian menjadi masalah adalah penipuan online. Kejahatan ini meningkat seiring dengan meningkatnya tren belanja dalam jaringan. Di Indonesia, menurut situs cekrekening.id, kasus penipuan online dari e-commerce dan jual-beli online melalui media sosial tercatat sebanyak 115.756 kasus hingga September 2021 lalu.

Waspada! Ada Teknik Manipulasi di Balik Tren Media Sosial
Ilustrasi (Foto: Crello)

“Sepanjang tahun 2021, Kementerian Kominfo menerima laporan aduan penipuan transaksi online sebanyak 115.756 laporan. Jika dibandingkan dengan angka laporan penipuan online dari tahun 2020 yang berjumlah 167.675 laporan, maka terjadi penurunan jumlah laporan pada tahun 2021,” kata Juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi, seperti dikutip dari CNNindonesia.com.

Lalu bagaimana mengatasi masalah ini? Sebagai pemilik atau pelaku bisnis, apa yang harus kamu lakukan agar tidak terjadi kejahatan seperti itu?

Apa Itu Payment Gateway?
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah memanfaatkan payment gateway. Itu adalah sebuah sistem transaksi dalam jaringan yang mengotorisasi proses pembayaran, baik yang menggunakan kartu kredit dan transfer bank, maupun pembayaran langsung lainnya seperti direct debit dan e-wallet (dompet digital). Dengan sistem ini, kamu bisa menerima pembayaran dari berbagai penjuru dunia dengan lebih aman.

Sistem pembayaran ini bisa disediakan, baik oleh bank maupun oleh pihak non-bank yang memvalidasi dan mengotorisasi transaksi pembayaran antara penjual dan pembeli. Sistem ini memfasilitasi transaksi secara aman melalui transfer informasi antara portal pembayaran dengan prosesor bank.

Ingin Transaksi Online Lebih Aman? Gunakan Payment Gateway
Ilustrasi (Foto: Crello)

Mengapa transaksi online dengan payment gateway lebih aman? Karena payment gateway telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang memadai. Untuk konsumen yang menggunakan kartu kredit atau kartu debit dalam bertransaksi, ada 3 sistem keamanan dari payment gateway:

  • Address Verification System (AVS). Sistem ini melacak dan memeriksa rincian tagihan konsumen yang melakukan transaksi di merchant berdasarkan alamat yang tercantum pada data kartu yang sudah resmi terdaftar,
  • Card Security CodeTransaksi hanya akan diproses jika konsumen memasukkan tiga digit terakhir dari nomor kartu kredit atau debit,
  • 3D Secure Password. Konsumen harus menggunakan password untukmengotorisasi pembayaran atau transaksi online.
(Foto; dok. YUKK)

Sistem ini pun menjamin keamanan transaksi dengan kartu kredit karena sistem ini sudah mengantongi sertifikat standar keamanan data industri kartu pembayaran. Dengan demikian, konsumen akan merasa aman bertransaksi karena yakin bahwa data mereka tidak akan bocor. Selain itu, payment gateway pun sudah dilengkapi dengan fraud detection system. Teknologi fraud detection ini akan mencegah terjadinya kecurangan pembayaran di merchant.

Saat ini, sudah tersedia banyak payment gateway. Salah satunya adalah aplikasi YUKK. Melalui YUKK, para pengguna bisa melakukan banyak transaksi. Soal keamanan, kamu tidak perlu khawatir. Transaksimu melalui YUKK dijamin aman karena YUKK sudah mengantongi izin dari Bank Indonesia.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry