Kartu Kredit Tidak Bisa Digunakan? Pahami Penyebab & Solusinya!

Bagaimana jika kartu kredit tidak bisa digunakan

Memakai kartu kredit untuk belanja online maupun offline memang nyaman. Tak perlu bayar tunai, kamu tinggal menggesek kartu dan membawa pulang barang belanjaan. Namun, bagaimana jika kartu kredit tidak bisa digunakan atau ditolak? 

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya penolakan kartu kredit. Beberapa faktor yang kerap menyebabkan bank menolak kartu kredit di antaranya adalah: 

  • Kesalahan memasukkan PIN
  • Telat melakaukan pembayaran tagihan
  • Menyalahi kebijakan bank penerbit
  • Pemakaian yang melebihi limit kartu kredit
  • Kartu kredit yang kedaluarsa
  • Salah memasukkan kode CVV saat belanja online
  • Transaksi yang mencurigakan

Lalu, bagaimana upaya yang dapat kamu lakukan ketika menghadapi situasi tersebut? Biar lebih jelas, simak ulasan lengkap penyebab kartu kredit tak bisa digunakan dan cara mengatasinya sebagai berikut, yuk!

Segera Melunasi Tagihan

Ketentuan terkait pemblokiran kartu kredit karena telat bayar tagihan berbeda-beda untuk setiap bank. Biasanya, kebijakan tersebut berlaku ketika pengguna kartu kredit telat bayar tagihan lebih dari 3 bulan. 

Pada situasi seperti ini, kamu perlu menyelesaikan pembayaran tagihan kepada bank penerbit kartu kredit. Beban tagihan yang perlu kamu bayar bisa sangat tinggi, karena disertai dengan denda keterlambatan. 

Dengan membiasakan diri untuk bayar tagihan kredit tepat waktu, kamu terhindar dari denda. Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir dengan sanksi berupa pemblokiran kartu kredit oleh bank. 

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Saat Mau Bayar Tagihan Kartu Kredit!

Menghubungi Call Center Bank

Hubungi call center bank

Ada kalanya pihak bank melakukan pemblokiran yang sifatnya sementara dan permanen. Bagaimana jika kartu kredit tidak bisa digunakan karena diblokir secara sementara? Situasi seperti ini biasa terjadi ketika kamu salah memasukkan PIN. 

Lalu, bagaimana solusinya? Caranya gampang. Kamu dapat menghubungi pihak call center bank yang tersedia selama 24 jam. Selanjutnya, ajukan permintaan penggantian kartu kredit. Tak berapa lama, bank akan mengirimkan kartu kredit pengganti dan kamu perlu melakukan aktivasi untuk bisa menggunakannya. 

Untuk kasus pemblokiran secara permanen, solusinya tetap sama. Kamu dapat menghubungi pihak call center bank untuk mengetahui alasan pemblokiran. Dari situ, kamu akan memperoleh solusi tentang bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut dari petugas customer service.

Mengajukan Penambahan Limit Kartu Kredit

Ada pula penyebab kartu kredit yang terblokir karena pemakaian yang melebihi limit. Pihak bank memang tidak akan secara langsung melakukan pemblokiran ketika kamu menggunakan kartu kredit melebihi limit untuk pertama kali. Namun, bank dapat melakukan pemblokiran ketika kamu tak segera melunasi denda serta biaya over limit. 

Bagaimana jika kartu kredit tidak bisa digunakan karena over limit? Solusinya sederhana. Kamu hanya tinggal melunasi tagihan dan denda. Selanjutnya, biasakan untuk melakukan pencatatan setiap transaksi biar kejadian serupa tidak terulang. 

Baca juga: Gampang dan Efektif, Ini 7+ Tips Mengelola Keuangan Pribadi

Solusi dalam melakukan pengajuan peningkatan limit kartu kredit ini juga sangat bermanfaat ketika kamu ingin memperoleh manfaat lebih besar dalam jangka panjang. Dengan adanya limit yang lebih besar, kamu tidak akan khawatir ketika ingin memenuhi kebutuhan mendadak yang nilainya sangat tinggi. 

Mengajukan Penggantian Kartu Kredit Baru

Ajukan ganti kartu kredit baru

Ada pula kondisi ketika kartu kredit tak bisa digunakan karena masa berlakunya yang telah lewat. Setiap kartu kredit punya masa berlaku tersendiri. Pihak bank akan melakukan pengiriman kartu kredit pengganti saat mendekati batas waktu pemakaian kartu kredit. 

Solusi untuk mengatasi permasalahan ini dapat kamu lakukan dengan menghubungi pihak bank. Pada kesempatan tersebut, kamu dapat menyampaikan kalau kartu kredit telah lewat masa berlaku dan belum menerima kartu pengganti. 

Baca juga: Jangan Asal Gunting, Ini Cara Tutup Kartu Kredit yang Benar!

Masukkan Kode CVV dengan Benar

Ada pula kesalahan terkait penulisan kode CVV yang perlu kamu lakukan ketika melakukan transaksi online. Kode CVV terdiri dari 16 digit angka yang bisa kamu temukan pada bagian depan kartu kredit. Kalau salah dalam menuliskan kode tersebut, transaksi bakal mengalami penolakan.

Informasikan Pihak Bank Ketika akan Melakukan Perjalanan Jauh

Hubungi bank saat ingin melakukan perjalanan jauh

Kasus ini mirip dengan terjadinya transaksi yang mencurigakan. Pihak bank akan mencurigai penyalahgunaan kartu kredit kalau mereka mendeteksi pemakaiannya di kota lain atau bahkan negara lain. 

Solusi untuk mengatasi bagaimana jika kartu kredit tidak bisa digunakan ketika bepergian sangat mudah. Kamu hanya perlu menginformasikan kepada pihak bank saat akan melakukan perjalanan. 

Pembayaran Kartu Kredit Jauh Lebih Aman dengan YUKK Payment Gateway

Dengan perkembangan teknologi, semakin banyak juga berkembangnya penipuan menggunakan kartu kredit. Penipuan ini sering terjadi karena banyaknya data pengguna kartu kredit yang bocor. Untuk menghindari ini, payment gateway menggunakan proses yang berbeda untuk setiap transaksi yang digunakan. 

YUKK Payment Gateway berperan sebagai penghubung antara penjual dan pembeli yang memastikan semua transaksi berjalan dengan simpel, praktis dan aman. Berikut ini beberapa langkah cara kerja dari payment gateway

  1. Pembeli mengirimkan dana

Ketika pengguna sudah mantap dengan proses transaksi dan ingin melakukan transaksi yang diinginkan, penjual akan mengirimkan beberapa metode yang didukung oleh payment gateway. Setelah pembeli mengirimkan data atau melakukan transaksi, payment gateway akan menerima informasi tersebut dan melakukan enkripsi tentang informasi tersebut. 

  1. Permintaan autentikasi oleh payment gateway

Setelah menerima informasi yang terenkripsi tersebut, payment gateway akan mengirimkan permintaan autentikasi ke lembaga finansial untuk melanjutkan atau menolak transaksi. 

  1. Konfirmasi dan penyelesaian pembayaran

Setelah mendapatkan persetujuan dari lembaga finansial, payment gateway akan melakukan melakukan konfirmasi bahwa transaksi telah berhasil dilakukan. Setelah itu, dana akan diberikan kepada penjual.

Dengan menggunakan cara kerja tersebut, payment gateway memungkinkan proses transaksi yang praktis dan aman untuk pembeli maupun penjual. Pembeli dapat dengan mudah melakukan pembayaran secara online tanpa perlu khawatir tentang keamanan data pribadi atau informasi keuangan mereka. Di sisi lain, penjual merasakan kemudahan dalam menerima pembayaran secara elektronik, dan proses ini membantu mengurangi risiko penipuan. Selain itu, payment gateway juga memberikan pelacakan transaksi secara real-time, memastikan bahwa setiap pembayaran terverifikasi dengan cepat dan akurat.

Nah, itulah berbagai kondisi yang menjadi penyebab kenapa kamu tidak bisa menggunakan kartu kredit. Selanjutnya, kamu pun bisa melakukan upaya pencegahan biar tidak mengalami kejadian serupa. 

Sebagai tambahan, ada informasi menarik bagi kamu yang berstatus sebagai pelaku usaha online dan offline. Kamu berkesempatan meraih omzet lebih besar dengan memudahkan cara pembayaran para pelanggan. Kemudahan itu bisa kamu peroleh dengan memanfaatkan layanan YUKK Payment Gateway

YUKK Payment Gateway adalah perusahaan penyedian layanan pembayaran online terbaik yang cocok untuk pelaku UMKM. Dengan YUKK, kamu bisa menerima berbagai cara pembayaran online dengan mudah dan praktis. Yuk, mulai gunakan YUKK!

Baca juga: Lewat Satu Gateway, YUKK Merchant Bikin Bisnis Jadi Tak Rumit

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry