Ingin Bebas dari Serangan Jantung? Makan Saja Kacang-kacangan!

Kacang-kacangan bisa menurunkan risiko serangan jantung
(Foto: Shutterstock via dailymail.co.uk)

Lagi dan lagi para ilmuwan menemukan berbagai manfaat yang terkandung di dalam kacang-kacangan. Dilansir dailymail.co.uk, sejumlah ilmuwan dari Harvard University menemukan bahwa kacang-kacangan mempunyai pengaruh yang signifikan dalam menekan risiko serangan jantung. Juga dapat menurunkan risiko terserang stroke.

Kacang-kacangan bisa menurunkan risiko serangan jantung
Kacang-kacangan (Foto: en.itimes.gr)

Hasil penelitian itu dirilis setelah mereka melakukan penelitian yang intensif dan menyeluruh. Tidak hanya satu atau dua orang yang mereka teliti, tetapi lebih dari 200 ribu orang. Sebagian besar dari orang-orang itu sudah mereka teliti sejak lebih dari dari 3 dekade lalu. Mereka adalah orang-orang yang setiap dua minggu sekali makan segenggam kacang-kacangan. Ada banyak jenis kacang-kacangan yang mereka makan, antara lain, kacang almond, kacang kenari, kacang mede, dan kacang tanah.

Kacang-kacangan bisa menurunkan risiko serangan jantung
Ilustrasi (Foto: google)

Dari penelitian itu, para ilmuwan menyimpulkan bahwa makan segenggam kacang-kacangan setiap dua minggu sekali atau lebih dapat menekan risiko serangan jantung. Kurang lebih 23%. Angka yang tentu saja sangat signifikan mengingat serangan jantung masih merupakan “the world biggest killer.”

Kacang-kacangan bisa menurunkan risiko serangan jantung
Kacang almond (Foto: google)

Mengapa kacang-kacangan dapat menekan dan bahkan mengurangi risiko serangan jantung? Karena kacang-kacangan mengandung banyak nutrisi penting. Sudah sejak dulu, kacang-kacangan dianggap sebagai “superfood” karena mengandung antioksidan, protein, mineral, serat, dan berbagai nutrisi lain dalam jumlah yang sangat banyak.

“Hasil penelitian kami mendukung imbauan untuk mengonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan sebagai bagian dari pola diet sehat untuk mengurangi risiko penyakit kronis,” kata Dr. Marta Guasch-Ferre, ahli nutrisi dari Harvard University di Boston, Amerika Serikat.

Kacang-kacangan bisa menurunkan risiko serangan jantung
Kacang tanah (Foto: google)

Dalam segenggam kacang tanah terkandung berbagai nutrisi penting yang dapat mengurangi risiko serangan jantung sebanyak 15%. Demikian juga segenggam kacang kenari. Jika dikonsumsi lebih dari sekali dalam seminggu, kacang kenari dapat mengurangi risiko serangan penyakit jantung koroner sebanyak 21% dan penyakit kardiovaskular sebanyak 19%.

Kacang-kacangan bisa menurunkan risiko serangan jantung
Kacang mede (Foto: kacangmete.com)

Tidak hanya serangan jantung dan penyakit kardiovaskular, makan segenggam kacang-kacangan pun dapat menekan dan mengurangi banyak risiko penyakit lainnya. Sebut saja kanker, diabetes, masalah pernapasan, dementia, dan stroke. Hasil penelitian ini kemudian dipublikasikan dalam Journal of the American College of Cardiology.

 

#YUKKpakeYUKK

 

2
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry