Indonesia, Sambutlah Putra Bob Marley

Indonesia, sambutlah putra Bob Marley
(Foto: kompas.com)

Bob Marley adalah musisi kelas dunia. Menjadi ikon internasional dengan musik reggae, ska, dan rocksteady. Lagu-lagu seperti One Love, Is This Love, I Shot the Sherif, Buffalo Soldier, Exodus, Waiting in Vain, Jamming, Wake Up and Live, dan Survival adalah beberapa lagunya yang sudah menjadi semacam “lagu nasional” para pencinta musik reggae. Dinyanyikan di mana-mana, kapan saja, dan oleh siapa saja. Bahkan termasuk pencinta genre lain.

Indonesia, sambutlah putra Bob Marley
Bob Marley tampil di Auditorium Theater di Chicago, 27 Mei 1978 (Foto: billboard.com)

Lagu-lagu itu sudah menjadi “lagu wajib” band-band yang mengusung genre reggae atau ska. Semacam ada aturan tidak tertulis yang dipegang para pencinta musik reggae: jangan mengaku anak band reggae jika tidak bisa membawakan One Love, Buffalo Soldier, atau No Woman No Cry; jangan juga mengaku anak reggae jika tidak tahu lagu-lagu seperti I Shot the Sherif, Is This Love, dan Jamming.

Hingga hari ini, setelah lebih dari 36 tahun putra terbaik Jamaika itu meninggal dunia, lagu-lagu itu masih digaungkan. Dinyanyikan dan diperdengarkan orang di berbagai belahan dunia. Dinyanyikan sambil berharap akan muncul lagi musisi sekelas Robert Nesta “Bob” Marley itu.

Indonesia, sambutlah putra Bob Marley
Julian Marley mengikuti jejak ayahnya (Foto: wikimedia.org)

Apakah Julian Ricardo Marley bisa menjadi Bob Marley baru? Bisa menjadi ikon internasional seperti Bob Marley? Bisa menjadi ikon baru dari reggae? Hanya waktu yang bisa menjawabnya. Yang jelas, putra Bob Marley dan Lucy Pounder itu sedang menikmati perjalanannya dalam dunia reggae.

Hingga saat ini, Julian sudah merilis lebih dari 5 album studio. Album debutnya adalah Lion in the Morning. Album itu dirilis pada tahun 1996 atau 15 tahun setelah ayahnya meninggal dunia. Lagu-lagu seperti Lion in the Morning, Loving Clear, Now You Know, dan Got to Be tidak asing di telinga para pencinta musik reggae dan pengagum Bob Marley di Indonesia.

Indonesia, sambutlah putra Bob Marley
Julian Marley (Foto: liputan6.com)

Dalam Jakarta Peace Concert 2017 yang digelar di Ecopark Ancol, Jakarta Utara, pada 18 November, Indonesia akan menyaksikan penampilan putra Bob Marley itu untuk pertama kalinya. Ia akan tampil dalam waktu 90 menit. Kabarnya ada 18 lagu yang ia bawakan. Beberapa di antaranya adalah lagu-lagu milik ayahnya.

Selain Julian Marley, para musisi reggae Indonesia juga akan tampil dalam konser yang digelar Varion enterprises dan De’jons Production  dalam kerja sama mereka dengan Bahaya Records dan Benjamin Live. Ada Tony Q Rastafara, Ras Muhammad, Nd White, Aray Daulay, Bastian, dan lainnya. Konser ini digelar untuk menyebarkan virus perdamaian.

“Kemarin di Jakarta cukup panas juga, kan, tensinya untuk politik? Jadi, peace concert ini untuk meredakanlah,” kata Syarif Hidayatolah, Project Manager Jakarta Peace Concert 2017, di Beer Garden, Jakarta Pusat, Rabu (15/11) lalu seperti dilansir kompas.com. 

#YUKKpakeYUKK

Baca juga : Ternyata Anak Bob Marley Suka Nasi Kuning

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry