Ilmuwan Temukan Antibodi Virus Corona pada Mantan Pasien SARS

Ilustrasi (Foto: Freepik)

Para ilmuwan di seluruh dunia terus berjibaku untuk menemukan antivirus. Sebuah usaha yang diyakini bakal bisa menghentikan pandemi jika benar-benar berhasil. Hanya dengan antivirus Covid-19, kehidupan normal yang “baru” bisa segera dijalani.

Belum lama ini, para ilmuwan dari University of Washington, Amerika Serikat, mengklaim sedang mengembangkan antibodi Covid-19 yang diambil dari sampel darah penyintas SARS (severe acute respiratory syndrome). Berdasarkan rilis yang dipublikasikan, para ilmuwan menjelaskan bahwa pasien ini berhasil sembuh dari SARS 17 tahun lalu. Di dalam tubuhnya terdapat antibodi bernama S309. Dalam uji laboratorium, antibodi ini diklaim dapat melumpuhkan reseptor Covid-19, sehingga virus tidak bisa masuk ke dalam sel.

Ilustrasi (Foto: Freepik)

Perlu diketahui bahwa virus Corona SARS yang sempat mewabah pada tahun 2003 lalu termasuk kerabat dekat dari virus Corona Covid-19. Oleh karena itu, beberapa ahli berpikir bahwa mungkin ada antibodi pada pasien yang dulu sembuh.Namun, masih diperlukan uji klinis sebelum S309 bisa tersedia sebagai terapi standar untuk Covid-19.

“Kami masih perlu membuktikan bahwa antibodi ini bisa tetap melindungi sistem mahluk hidup. Sampai sekarang ini belum dilakukan,” kata Profesor David Veesler, seorang ahli biokimia, seperti dikutip dari laman resmi University of Washington School of Medicine, Selasa (19/5).

Ilustrasi (Foto: iStock)

Saat ini, beberapa lembaga dilaporkan sedang mencoba mengembangkan S309. Antibodi ini lalu dicampur dengan antibodi lainnya. Tujuannya adalah demi mendapat efek yang lebih kuat.

 

#YUKKpakeYUKK

#BelanjaOnlinePakeYUKKSaja

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry