22 Ide Bisnis Online yang Menguntungkan, Tak Perlu Banyak Modal!

Kemudahan dalam mengakses internet membuka peluang usaha secara luas. Anda bisa memanfaatkan berbagai peluang ide bisnis online yang mampu menjangkau konsumen dengan skala luas. Menariknya lagi, Anda dapat menjalankan berbagai pilihan bisnis online tersebut dengan modal yang sangat terbatas. 

Baca juga: Punya Modal Mepet untuk Usaha? Pilih 22 Ide Bisnis Rumahan Ini Saja!

Ide Bisnis Online yang Menjanjikan untuk Pemula

Bagi Anda yang mempunyai ketertarikan tinggi untuk menjalankan bisnis online, pilihan ide usahanya sangat beragam. Anda pun bisa menjumpai banyak pilihan ide usaha yang bisa dijalankan dengan mudah dan cocok bagi pemula, di antaranya adalah: 

Bisnis Jualan Barang Preloved di Marketplace

Opsi ide usaha online pertama yang bisa Anda jalankan adalah dengan menjual barang-barang preloved lewat internet. Biar praktis, Anda bisa memanfaatkan berbagai pilihan marketplace. Pilihan platform marketplace yang Anda manfaatkan sangat beragam, termasuk di antaranya adalah Shopee, Tokopedia, Carousell, maupun Lazada.

Baca juga: Bingung Pilih Platform e-Commerce untuk Jualan? Simak Tips Berikut, Yuk!

Saat menjalankan bisnis jualan barang preloved, ada 3 poin penting yang perlu menjadi perhatian, di antaranya adalah: 

  • Pastikan bahwa barang preloved yang Anda jual dalam kondisi bagus dan layak dipakai. Sertakan 
  • Tuliskan deskripsi barang dengan detail dan jujur. Kalaupun terdapat kerusakan, sebutkan pada bagian deskripsi
  • Tetapkan harga dengan memperhatikan tren di pasaran. Selain itu, perhatikan pula kualitas barang.

Menjadi Admin Akun Media Sosial/Toko Online

Menjadi admin akun media sosial dan toko online

Tips selanjutnya adalah dengan membuka jasa untuk mengelola akun media sosial atau toko online. Ide bisnis online ini dapat Anda jalankan dengan modal yang sangat terbatas. Bahkan, Anda bisa memulai usaha ini cukup dengan memanfaatkan smartphone serta dukungan akses internet yang memadai. 

Sebagai pelengkap, Anda juga perlu memahami teknik berkaitan dengan pemasaran digital di media sosial. Beberapa teknik tersebut antara lain adalah: 

  • Penggunaan hashtag dengan tepat
  • Pemakaian konten visual dengan resolusi tinggi
  • Melakukan interaksi secara aktif dengan para audiens
  • Strategi pemasangan iklan di media sosial
  • Terapkan content planning yang tepat dan sesuai dengan karakteristik audiens

Baca juga: Biar Ga Tekor, Ini 5 Tips Efektif Promosi Bisnis di Medsos

Bisnis Dropship

Pertimbangan bisnis online dengan modal terbatas dan cocok untuk pemula berikutnya adalah menjalankan bisnis dropship. Dropship termasuk bisnis online yang memiliki cara kerja sangat mudah. Apalagi, Anda tak perlu menyiapkan modal besar maupun menyiapkan stok barang dalam jumlah banyak.

Sistem dropship bekerja dengan cara melakukan pemesanan produk kepada supplier saat ada pelanggan. Selanjutnya, proses pengiriman barang akan menjadi tanggung jawab penyuplai dengan mengatasnamakan Anda sebagai pihak dropshiper. Barang pun secara langsung dikirimkan ke alamat pelanggan.

Bisnis Reseller Online Shop

Opsi selanjutnya adalah dengan menjadi reseller produk secara online. Reseller online tak ubahnya seperti pengecer yang menjual barang secara langsung kepada konsumen. Anda bisa mendapatkan suplai barang dari pemilik produk dan melakukan pembelian dalam jumlah partai. Selanjutnya, Anda menjual produk tersebut secara eceran.

Dengan menjadi reseller online, Anda bisa memperoleh keuntungan dari margin antara harga jual dengan harga beli. Dalam praktiknya, pemilik brand biasanya membuka pendaftaran reseller dan mewajibkan Anda melakukan belanja produk dengan nilai tertentu. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh harga khusus saat menjadi reseller. 

Bisnis Jasa Pembuatan Website

Jasa pembuatan website

Ide usaha online yang berikutnya adalah dengan membuka jasa pembuatan website. Modal yang perlu Anda siapkan untuk membuka jasa ini relatif minimal. Anda hanya perlu menyediakan anggaran untuk sewa hosting dan pembelian domain. Selain itu, pahami beberapa skill terkait, seperti pemrograman PHP, Javascript, HTML, dan lain-lain. 

Lalu, bagaimana kalau Anda tidak paham dengan bahasa pemrograman website? Peluang usaha ini tetap bisa Anda jalankan. Apalagi, saat ini ada pilihan penggunaan platform seperti WordPress yang memungkinkan Anda untuk bisa membangun website dengan berbagai desain dan fitur tanpa perlu memahami bahasa pemrograman. 

Bisnis Jasa Menulis Artikel

Jika Anda punya keahlian menulis, bisa pula memanfaatkannya sebagai ide bisnis online yang menguntungkan. Apalagi, kebutuhan terhadap jasa penulis di era digital seperti sekarang sangat banyak, mulai dari penulisan artikel untuk website, konten media sosial, maupun konten yang berkaitan dengan pemasaran bisnis perusahaan. 

Modal yang perlu Anda miliki untuk bisa memulai usaha jasa menulis artikel sangatlah minim. Anda perlu menyiapkan perangkat laptop atau komputer yang disertai dengan dukungan koneksi internet. Selanjutnya, pastikan untuk selalu meningkatkan pengetahuan dengan banyak membaca. 

Bisnis Jasa Desain Grafis

Opsi selanjutnya adalah dengan membuka layanan jasa desain grafis. Tingkat kebutuhan terhadap jasa desainer grafis sangat tinggi. Anda pun memiliki keleluasaan dalam menawarkan produk, termasuk di antaranya adalah desain logo, desain konten visual, desain kemasan, desain UI, ilustrasi, dan lain sebagainya.

Dalam melakukan pemasaran jasa desain grafis, Anda bisa memanfaatkan berbagai platform. Apalagi, saat ini ada berbagai marketplace yang secara khusus ditujukan untuk transaksi produk serta aset desain, seperti Envato Market, Creative Market, dan lain sebagainya.

Tak cuma itu, Anda dapat pula menjual jasa secara aktif lewat marketplace untuk para freelancer. Termasuk di antaranya adalah Fiverr, Upwork, dan semacamnya. Sebagai pertimbangan, jangan lupa pula untuk memanfaatkan media sosial seperti Instagram untuk sarana pemasaran dan portofolio. 

Baca juga: Tips Jualan Lebih Atraktif & Menarik Pakai Instagram Live!

Bisnis Jasa Penerjemah

Peluang bisnis selanjutnya adalah membuka jasa penerjemah. Kebutuhan terhadap jasa penerjemah sangat besar. Secara khusus, tingkat permintaan terhadap jasa terjemah bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jepang, Perancis, Mandarin, dan Arab sangatlah tinggi. 

Tingkat keuntungan yang bisa Anda peroleh dari jasa penerjemahan bisa sangat menjanjikan. Apalagi, kalau Anda memiliki kemampuan untuk menerjemahkan dokumen yang mempunyai tingkat kesulitan tinggi, seperti dokumen terkait dunia hukum, engineering, dan lain sebagainya. 

Bisnis Jasa Voice Over

Selanjutnya, terdapat ide bisnis online sebagai seorang voice over. Voice over memiliki tugas dalam melakukan aktivitas perekaman suara yang pemanfaatannya ditujukan untuk narasi video. Penggunaan jasa voice over sangat luas, bisa digunakan untuk pembuatan film dokumenter, audio book, iklan TV, maupun konten Youtube.

Untuk menjadi seorang voice over, ada beberapa keahlian penting yang perlu Anda miliki, yaitu:

  • Kemampuan dalam melakukan pelafalan kata secara jelas
  • Punya keahlian untuk bisa memahami tempo saat berbicara. Dengan begitu, Anda bisa tahu kapan harus berbicara cepat ataupun lambat
  • Mengetahui kemampuan penekanan kata atau intonasi secara tepat
  • Punya karakter suara yang unik

Bisnis Jasa Edit Foto & Video

Jasa edit foto dan video

Ide bisnis yang tidak kalah menguntungkannya di era serba digital seperti sekarang adalah jasa edit foto dan video. Apalagi, konten visual seperti foto maupun video merupakan jenis konten yang paling banyak disukai para pengguna internet. Oleh karena itu, konten foto dan video jadi modal penting dalam teknik pemasaran digital. 

Untuk bisa memulai usaha ini, Anda perlu memiliki kemampuan dalam mengoperasikan aplikasi edit foto dan video. Pilihan aplikasi yang bisa Anda manfaatkan sangat beragam. Beberapa di antaranya adalah Adobe Premiere Pro, Capcut, Filmora, InShot, iMovie, dan lain sebagainya.

Baca juga: Bikin Usaha Jasa Foto & Video, Dijamin Tak Pernah Sepi!

Bisnis Jasa Digital Marketing

Peluang selanjutnya adalah dengan membuka jasa digital marketing. Apalagi, teknik digital marketing saat ini menjadi kunci kesuksesan bisnis untuk bisa bersaing. Ditambah lagi, tak semua pelaku usaha memiliki pemahaman yang tepat tentang teknik serta strategi pemasaran digital. 

Berkaitan dengan jasa digital marketing, Anda perlu menawarkan layanan secara jelas. Apalagi, lingkup pemasaran digital sangatlah luas, mulai dari SEO, Google Ads, Meta Ads, TikTok Ads, hingga content marketing. Selanjutnya, Anda pun perlu memiliki keahlian serta tool pendukung yang tepat sesuai dengan layanan digital marketing yang ditawarkan. 

Baca juga: Dijamin Laris! Ini 7 Tips Pemasaran Produk di Facebook untuk UMKM!

Bisnis Affiliate Marketing

Peluang bisnis yang tidak kalah menguntungkannya adalah dengan menjadi seorang affiliate marketing. Affiliate marketing mempunyai tugas dalam melakukan pemasaran produk dan akan memperoleh komisi untuk setiap transaksi yang berhasil didapatkan. Dalam praktiknya, setiap affiliate akan memperoleh kode uniknya masing-masing. 

Untuk bisa mendapatkan uang dari affiliate marketing, Anda bisa memanfaatkan berbagai teknik. Anda bisa saja menggunakan website, media sosial, maupun iklan sebagai sarana promosi. Platform yang menyediakan layanan affiliate sangat beragam, baik dalam maupun luar negeri. 

Sebagai contoh, Anda bisa mendaftar affiliate di Lazada, Shopee, maupun Tokopedia. Kalau di luar negeri, kesempatan serupa bisa Anda peroleh dari Amazon, eBay, Hubspot, dan lain sebagainya. 

Bisnis Online Tutor

Bagi Anda yang punya keahlian dalam bidang tertentu, bisa mencoba peluang usaha berupa online tutor. Keahlian yang bisa Anda tawarkan sangat beragam. Tidak cuma keahlian terkait mata pelajaran sekolah. Namun, Anda bisa pula menawarkan kelas berkaitan dengan dunia kerja. 

Misalnya, Anda bisa membuka kelas terkait SEO, mahir menggunakan AutoCad, kelas menulis, UI/UX, trik lulus ujian bahasa Jepang, dan lain sebagainya. Anda pun bisa memanfaatkan berbagai platform untuk menawarkan layanan tutor online tersebut, seperti Mayar.id, Ruangguru, Kelas Pintar, Udemy, Coursera, Zenius, dan lain sebagainya.

Bisnis Jastip

Bagi Anda yang mempunyai hobi traveling, ada kesempatan ide bisnis online menarik yang tak boleh dilewatkan. Ide bisnis tersebut adalah membuka jasa titip atau jastip. Kalau dapat menjalankan bisnis ini dengan baik, peluang keuntungan yang bisa Anda peroleh sangat besar. 

Dalam praktiknya, Anda bisa menetapkan harga jastip yang nilainya lebih besar dibandingkan harga asli. Oleh karena itu, nilai keuntungan yang Anda peroleh pun bisa meningkat seiring dengan banyaknya orang yang menggunakan jasa tersebut. 

Lalu, bagaimana dengan modalnya? Anda bisa menjalankan usaha ini tanpa modal sepeserpun. Caranya, Anda dapat menerapkan sistem PO dan pembayaran di awal secara penuh. Dengan begitu, tingkat kerugiannya bisa sangat minimal. 

Menjadi Youtuber

Youtuber

Peluang bisnis online yang berikutnya adalah dengan menjadi seorang youtuber. Anda bisa memulai usaha ini secara langsung dengan memanfaatkan konten video yang direkam via handphone. Biar konten terlihat lebih menarik, bekali diri dengan kemampuan mengedit video. 

Hanya saja, seorang youtuber tak bisa serta merta menghasilkan uang. Anda perlu terlebih dahulu mengumpulkan banyak subscriber. Kalau channel sudah mempunyai jam tayang mencukupi, Anda dapat mendaftarkan channel tersebut ke Google Adsense. Anda pun bisa memperoleh penghasilan tinggi seiring dengan meningkatnya jumlah view. 

Menjadi Podcaster

Kalau youtuber menggunakan konten berupa video, maka podcaster adalah kesempatan bisnis online dengan memanfaatkan konten audio. Anda dapat menghadirkan konten audio yang kemudian bisa didengarkan secara langsung maupun tak langsung oleh para audiens. 

Konten audio seperti ini sangatlah populer. Apalagi, keberadaannya bisa menjadi teman ketika tengah dalam perjalanan. Jenis konten yang bisa Anda buat di podcast cukup beragam, misalnya adalah konten cerita horor, audiobook, tutorial, ulasan film, dan lain-lain. 

Selanjutnya, pilihan platform podcast yang bisa Anda manfaatkan sangat banyak. Beberapa aplikasi podcast yang cukup populer di kalangan para podcaster di antaranya adalah Anchor, Google Podcast, CastBox, Spotify, Soundcloud, dan Noice.

Menjadi Blogger

Ide bisnis online berikutnya adalah dengan menjadi seorang blogger. Anda bisa menjadi seorang blogger dengan membuat website terlebih dulu. Selanjutnya, Anda bisa mengunggah berbagai jenis konten di dalamnya. 

Jenis pemasukan yang bisa Anda peroleh sebagai seorang blogger cukup variatif. Apalagi, kalau website yang Anda buat mempunyai tingkat kunjungan sangat tinggi. Selain dari Google Adsense, ada pula peluang penghasilan lainnya dari review berbayar, pemasangan iklan, atau menjual produk. 

Bisnis Jualan Foto di Internet

Kalau Anda mempunyai keahlian dalam bidang fotografi, bisa pula memanfaatkannya sebagai sumber penghasilan. Caranya gampang. Anda bisa menjual foto hasil jepretan di internet. Ada berbagai platform yang bisa Anda manfaatkan, termasuk di antaranya adalah Freepik, Unsplash, Pexels, iStocks, dan lain sebagainya. 

Menariknya lagi, foto-foto yang Anda unggah di platform-platform tersebut bisa menjadi penghasilan pasif. Anda hanya perlu mengunggah foto yang bagus dan menarik. Selanjutnya, Anda bisa memperoleh penghasilan untuk setiap angka download

Baca juga: Bikin Usaha Jasa Foto & Video, Dijamin Tak Pernah Sepi!

Menjadi Asisten Virtual

Kesempatan bisnis online berikutnya adalah dengan menjadi seorang asisten virtual. Seorang asisten virtual memiliki tugas dan tanggung jawab dalam membantu menyelesaikan tugas-tugas terkait administrasi klien. Kunci utama dari peluang bisnis ini adalah keterampilan berkaitan dengan manajemen. 

Sebagai seorang asisten virtual, Anda perlu menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh klien. Tugas-tugas tersebut di antaranya adalah melakukan pengaturan jadwal dan agenda, panggilan telepon, entri data, manajemen media sosial, dan lain sebagainya.

Bisnis Jualan Kuliner Secara Online

Jualan kuliner secara online

Opsi berikutnya adalah dengan menawarkan makanan dan minuman secara online. Caranya sederhana, Anda bisa memanfaatkan berbagai platform seperti Shopee Food, GrabFood, maupun GoFood. Usaha ini pun bisa Anda jalankan meski tidak mempunyai warung makan secara fisik. 

Baca juga: Dapat Cuan Besar dari Usaha F&B, Ga Sekadar Ngandelin Viral!

Bisnis Jualan Produk Kecantikan Secara Online

Peluang bisnis yang tak kalah menjanjikannya adalah dengan berjualan produk kecantikan secara online. Pangsa pasar dari produk kecantikan sangatlah luas. Oleh karena itu, usaha ini begitu potensial. 

Berbagai teknik pemasaran bisa Anda manfaatkan untuk melakukan penjualan produk kecantikan online. Anda bisa melakukan pemasaran lewat marketplace, media sosial, atau bisa pula menggunakan website sendiri. 

Bisnis Jual Beli dan Sewa Properti Melalui Situs Online

Terakhir, Anda bisa mempertimbangkan ide bisnis online berupa jual beli dan sewa properti. Ada banyak platform yang memungkinkan Anda untuk bisa menjalankan usaha ini, termasuk di antaranya adalah Mamikos, Lamudi Indonesia, Pinhome, Airbnb, dan lain sebagainya.

Itulah berbagai pilihan jenis usaha menjanjikan yang bisa Anda jalankan secara online. Semua usaha tersebut dapat Anda lakukan dengan menggunakan modal yang relatif terbatas. 

Selanjutnya, jangan lupa untuk memanfaatkan tool pendukung demi kemudahan pengelolaan bisnis online Anda. Salah satunya adalah dengan menggunakan YUKK Payment Gateway

YUKK Payment Gateway merupakan solusi untuk membantu Anda dalam menyediakan kemudahan cara pembayaran kepada pelanggan. Dengan satu tool ini, Anda bisa menghadirkan beberapa metode cara pembayaran sekaligus. 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry