Heboh! Pemuda Indonesia Ini Raup Miliaran Rupiah dari NFT Swafoto

News | 13 January 2022
Heboh! Pemuda Indonesia Ini Raup Miliaran Rupiah dari NFT Swafoto
Ghozali (Foto: Twitter)

Nama Ghozali menjadi perbincangan dalam jagat maya. Khususnya jagat Twitter. Pemuda asal Solo, Jawa Tengah, itu meraup lebih dari Rp10 miliar hanya dalam waktu beberapa hari. Dan itu berkat swafoto yang kemudian dijadikannya NFT (Non-Fungible Token).

Sebanyak 933 buah swafoto itu dijualnya melalui OpenSea, situs penjualan NFT di duniaSwafoto itu dia lakukan setiap hari sejak dia berusia 18 tahun hingga 22 tahun. Tepatnya sejak 2017—2021.

“Itu benar-benar foto saya berdiri di depan komputer hari demi hari,” tulisnya dalam kolom profil di OpenSea.

Heboh! Pemuda Indonesia Ini Raup Miliaran Rupiah dari NFT Swafoto
Ghozali Everyday (Foto: Twitter)

Yang unik dari setiap foto itu adalah background dan gaya rambut Ghozali yang berbeda-beda. Ada foto yang berlatar belakang lemari. Ada juga yang berlatar belakang berwarna merah. Walaupun berbeda latar belakang dan gaya rambut, raut muka Ghozali tetap sama.

Foto-foto itu dikumpulkannya dan dijualnya melalui OpenSea dengan judul Gozhali Everyday. Tampaknya dia terinspirasi dari NFT termahal dunia berjudul Everydays: The First 5000 Days. Itu adalah sebuah karya seni digital yang dibuat olehMike Winkelmann yang dikenal dengan nama Beeple.

Ghozali menjual setiap keping swafotonya itu dengan harga 0,001 ETH atau setara dengan Rp48 ribu. Tidak dia duga banyak orang meminati foto-foto selfie-nya itu.

Heboh! Pemuda Indonesia Ini Raup Miliaran Rupiah dari NFT Swafoto
(Foto: Twitter)

“Hari ini terjual lebih dari 230 NFT dan sampai sekarang saya tidak mengerti mengapa Anda ingin membeli NFT foto saya. Saya berterima kasih kepada kalian selama lima tahun usaha saya terbayar,” tulisnya dalam akun Twitter-nya, @Ghozali_Ghozalu, Selasa (11/1).

Dalam 3 hari, swafotonya itu tersisa hanya 331 NFT. Itulah mengapa Ghozali Everyday berhasil menembus 30 besar peringkat volume perdagangan 24 jam OpenSea dengan peningkatan 54764,77%. Harganya pun terus meningkat. Hingga Kamis (13/1), koleksi NFT Ghozali Everyday termurah adalah 0,28 ETH atau setara dengan Rp13,5 juta. Dengan total 933 koleksi, bisnis NFT Ghozali bernilai hampir Rp12,6 miliar.

Heboh! Pemuda Indonesia Ini Raup Miliaran Rupiah dari NFT Swafoto
(Foto: Instagram)

Banyak orang tertarik membeli NFT Ghozali ini. Salah satunya adalah Chef Arnold Poernomo. Dia membeli 20 koleksi NFT Ghozali dan menggunakan salah satu koleksinya untuk menjadi foto profil akun media sosialnya.

“Gozali membuat proyeknya selama 3 tahun terakhir. Kerja keras dan dedikasi satu orang. Ruang (NFT) ini telah mengubah banyak kehidupan orang. Jika itu dapat mengubah Anda…kita dapat mengubah hidupnya juga. GG Gozali Tuhan Memberkati,” tulisnya.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry