Gara-Gara BTS Meal, Sejumlah Gerai McD Ditutup

News | 10 June 2021
BTS (Foto: McD/Site News)

Rabu (9/6) lalu, pada pukul 11.00 WIB, BTS Meal dirilis secara resmi di Indonesia. Itu adalah menu hasil kolaborasi antara BTS, boyband dari Korea Selatan dengan 7 personel, dan McDonald’s. Selain di Indonesia, BTS Meal juga dirilis di 50 negara lainnya.

Menu kolaborasi ini disambut dengan sangat antusias oleh para “Army”, sebutan untuk penggemar BTS. Kerumunan terjadi di berbagai gerai restoran siap saji itu. Baik di Jakarta, maupun di berbagai kota lain di Indonesia. Pemerintah daerah sampai turun tangan untuk mengatasi kerumunan itu mengingat kasus Covid-19 masih terus bertambah.

BTS Meal (Foto: detikcom)

Di Jakarta, misalnya. Para pengemudi ojek daring berkerumun di depan McD Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, untuk membeli paket makanan yang dipesan para Army. Lantaran terjadi kerumunan, gerai itu ditutup.

Selain di Gambir, ada pula gerai McDonald’s di tempat lain yang ditutup sementara gara-gara kerumunan karena BTS Meal itu. Terhitung ada 5 gerai McD di Jakarta Barat yang ditutup, yakni 2 gerai di Kembangan, 2 gerai di Kebon Jeruk, dan 1 gerai di Palmerah. Sementara itu, ada 4 gerai di Jakarta Selatan yang diberi sanksi berupa teguran tertulis dari Satpol PP DKI. Keempat gerai itu adalah McD Plaza Kalibata, Pasar Minggu, Cilandak, dan Cipete Selatan.

Gerai McD Gambir ditutup (Foto: detikcom)

Berdasarkan data dari Pemprov DKI Jakarta, per 9 Juni lalu, ada 32 gerai McDonald’s diberi sanksi. Perinciannya adalah 12 gerai diberi sanksi teguran tertulis, 19 gerai ditutup 1×24 jam, dan 1 gerai ditutup 3×24 jam.

Antrean ojek online (ojol) di McDonald’s (McD) Kota Serang, Banten, untuk mengambil pesanan promo BTS Meal. (Dok. Polres Serang Kota)

Penutupan sementara beberapa gerai McDonald’s juga terjadi di beberapa daerah lain seperti di Ciputat, Tangerang Selatan, dan Depok, Jawa Barat. Demikian juga di luar kawasan Jabodetabek. Di Bandung, misalnya. Ada 3 gerai yang disegel dan ditutup oleh petugas Satpol PP. Di Kediri, Jawa Timur, gerai yang terletak di Kediri Mall pun ditutup lantaran terjadi kerumunan.

Petugas menutup gerai di Bandung (Foto; Istimewa)

Tidak hanya di Indonesia, ternyata kerumunan karena BTS Meal ini pun terjadi di luar negeri. Di Malaysia, para penggemar BTS mengantre di depan gerai McDonald’s. Hal ini membuat pemerintah Malaysia kecewa karena kasus Covid-19 terus meningkat.

Antrean ojek online yang menerima pesanan menu BTS Meal di gerai McDonald’s (McD) City Plaza (Ciplaz) Depok, Jawa Barat (Foto; KOMPAS.com/VITORIO MANTALEAN)

Sementara itu, pihak McDonald’s di Singapura mengambil kebijakan lain. Mereka memutuskan untuk memundurkan jadwal peluncuran menu kolaborasi ini. Sedianya menu ini diluncurkan pada 27 Mei. Namun, jadwalnya diubah menjadi 21 Juni.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry