Fitur-Fitur dalam iPhone X yang Ternyata Tidak Baru

iPhone X conk fitur Android?
(Foto: businessinsider.sg)

iPhone X, ketika dirilis secara resmi, disebut-sebut sebagai lompatan terbesar Apple dalam industri ponsel pintar. Produk yang menandai satu dasawarsa kehadiran perusahaan multinasional yang didirikan oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne ini diklaim sangat canggih. Tidak ada produk yang menyamai atau bahkan menyainginya.

Fitur-fitur seperti Face ID, Wireless Charging, Fast Charging, bazel-less, layar AMOLED, kamera ganda, dan tanpa tombol Home dianggap merupakan bukti inovasi terbesar yang pernah dilakukan perusahaan yang didirikan pada tahun 1976 silam ini. Fitur-fitur itu diyakini dapat memberikan pengalaman yang berbeda kepada para pengguna ketika menggunakan iPhone X. Belum lagi desainnya yang futuristik.

Yang kemudian menjadi masalah adalah bahwa ternyata fitur-fitur yang diklaim merupakan yang tercanggih itu sudah digunakan atau ditanam di dalam ponsel pintar Android. Samsung Galaxy, Lenovo, Asus, dan Xiomi sudah menggunakannya. Beberapa pengamat bahkan menduga bahwa Apple mencontek beberapa fitur dari ponsel Android. Berikut beberapa fitur dari iPhone X yang sudah ditanam di dalam ponsel Android:

Face ID

iPhone X conk fitur Android?
(Foto: macrumors.com)

Fitur ini disebut sebagai salah satu keunggulan iPhone X. Menurut Phill Schiller, Senior VP Marketing Apple, teknologi Face ID yang ditemukan Apple ini akan menjadi game-changing dalam industri telepon pintar. Dengan teknologi ini, pengguna tidak perlu menekan apa pun untuk membuka ponsel. Cukup dengan menatap layarnya, iPhone X sudah terbuka. Apa yang diklaim Apple sebagai inovasi ini justru sudah digunakan Samsung dalam Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus. Kedua produk ini sudah dilempar ke pasar pada Maret lalu.

Bezel-less

iPhone X conk fitur Android?
Sharp Aquos (Foto: YouTube)

Salah satu yang paling mencolok dari iPhone X adalah desain berbingkai tipis (bezel-less) berukuran 5,8 inci. Rupanya konsep layar bezel-less itu sudah digunakan sejak tahun 2014 oleh Sharp dengan seri Aquos-nya. Saat ini, banyak ponsel flagship Android pun menggunakan konsep itu. Tampilan iPhone X, seperti dilansir techradar.com, mirip dengan Essential Phone, ponsel pintar Android rancangan Google, karena memiliki panel atas yang menjorok ke dalam layar untuk menampung modul kamera depan.

Wireless Charging dan Fast Charging

iPhone X contek fitur Android?
(Foto: businessinsider.com)

Ini adalah keunggulan ponsel-ponsel masa kini. Dengan fitur Wireless Charging, pengguna bisa mengisi daya tanpa menggunakan kabel. Dan dengan fitur Fast Charging, pengguna bisa mempersingkat waktu untuk mengisi baterai. Sebelum ditanam di dalam iPhone X, kedua fitur ini sudah ada dalam banyak ponsel pintar Android.

Punggung Berlapis Kaca

iPhone X contek fitur Android?
LG G6 (Foto: gsmarena.com)

Dengan konsep punggung berlapis kaca, Apple membuat iPhone X terlihat lebih stylish dan futuristik. Namun, konsep seperti ini bukanlah baru dalam industri smartphone. Ponsel Android seperti LG G6 dan beberapa seri Samsung Galaxy sudah menggunakan konsep itu.

Layar AMOLED

iPhone X contek fitur Android?
Samsung Galaxy s6 (Foto: bursahpsamsung.com)

Layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) diproduksi oleh LG dan Samsung. Kedua pabrikan Korea ini sudah lama menggunakannya dalam sejumlah produk mereka. Baru beberapa waktu belakangan ini pabrikan Android kelas menengah seperti Asus menggunakannya. Dan sekarang Apple, setelah bertahun-tahun betah dengan layar berjenis LCD, mulai menggunakannya. Dengan demikian, layar AMOLED pada iPhone X tidaklah benar-benar baru.

Kamera Ganda

iPhone X contek fitur Android?
HTC One M8 (Foto: google)

iPhone X hadir dengan fitur Kamera Ganda. Dengan sensor sebesar 12 megapiksel, kamera ini diklaim akan menghasilkan kualitas foto yang lebih tinggi. Ternyata fitur ini sudah ada sejak 2014 lalu. Adalah HTC One M8 yang memperkenalkan konsep dua kamera yang bisa menyimulasikan efek depth-of-field (latar yang buram) layaknya kamera DSLR (Digital Single-Lens Reflex). Apple sudah menggunakan fitur ini dalam iPhone 7 Plus. Kamera pertama berlensa wide angle. Sementara kamera kedua berlensa short telephoto.

Augmented Reality (AR)

iPhone X contek fitur Android?
Lenovo PHAB 2 Pro (Foto: www3.lenovo.com)

Apple sempat menunjukkan teknologi AR dalam konferensi WWDC 2017 beberapa bulan lalu. Apple rupanya tertarik untuk menggunakan AR yang dapat menggabungkan aneka grafis dan informasi komputer dengan dunia nyata ketimbang virtual reality (VR). Namun, sebelum Apple, dua pabrikan Android sudah menggunakannya, yaitu Lenovo dengan Phab 2 Pro pada tahun 2016 dan Asus dengan ZenFone AR pada awal 2017 lalu.

Tanpa Tombol Home

iPhone X contek fitur Android?
Xiaomi Mi Mix 2 (Foto: Android Central)

Tidak ada tombol fisik Home pada layar iPhone X.  Pengguna memulai navigasi hanya dengan menyapu layar ke atas. Namun, Apple bukanlah yang pertama yang menanamkan teknologi ini dalam produknya. Teknologi seperti ini sudah digunakan oleh ponsel Android seperti Samsung Galaxy Note 8 dan Xiaomi Mi Mix 2.

 

#YUKKpakeYUKK

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry