Biar Ga Tekor, Pahami Faktor yang Mempengaruhi Harga Crypto!

Penjelasan berbagai faktor yang mempengaruhi naik turunnya harga crypto

Crypto adalah salah satu aset investasi yang banyak digandrungi investor muda. Alasannya, karena instrumen investasi ini menawarkan peluang imbal hasil sangat menjanjikan. Hanya saja, kamu perlu tahu kalau crypto sifatnya sangat fluktuatif. Oleh karenanya, ketika terjun ke dalamnya, kamu perlu tahu faktor-faktor apa yang mempengaruhi harga crypto

Aset crypto mempunyai karakteristik unik yang beda kalau kamu membandingkannya dengan instrumen investasi lain seperti emas dan saham. Oleh karena itu, banyak orang mengalami kesulitan dalam memprediksi fluktuasi yang terjadi. Namun, ada 5 parameter penting yang memiliki pengaruh terhadap harga crypto dan perlu kamu perhatikan dengan cermat, yakni: 

1. Demand dan Supply

Seperti halnya aset investasi lain, kamu akan menjumpai adanya pengaruh supply dan demand terhadap harga crypto. Tingkat harganya bisa mengalami kenaikan seiring dengan bertambahnya permintaan dan keterbatasan suplai aset crypto. Salah satu contohnya adalah fenomena yang terjadi pada Bitcoin. 

Bitcoin sengaja dirancang tersedia dalam jumlah yang terbatas. Kamu hanya akan menjumpai ada sebanyak 21 juta koin Bitcoin yang bisa diperoleh. Sementara itu, Bitcoin yang telah ditambang mencapai angka hampir 19 juta. Jadi, tersisa sekitar 2 juta koin Bitcoin yang bisa di-mining

Keterbatasan suplai Bitcoin mendorong kenaikan aset crypto ini secara tajam. Tingkat kenaikannya akan terus bertambah seiring dengan kelangkaannya. Oleh karena itu, sampai saat ini Bitcoin masih menjadi aset crypto yang bernilai tinggi dan banyak diburu investor.

2. Regulasi Pemerintah

Regulasi dan kebijakan pemerintah di suatu negara merupakan salah satu contoh faktor yang mempengaruhi naik dan turunnya harga aset crypto

Selanjutnya, kamu dapat pula menjumpai jawaban mengenai apa yang mempengaruhi harga crypto berupa kebijakan pemerintah. Penerbitan kebijakan pemerintah kerap bertujuan untuk melindungi warga negaranya dari fluktuasi tinggi pada aset crypto. Alih-alih memberikan kestabilan, kebijakan tersebut malah memunculkan fluktuasi. 

Contoh nyata dari dampak regulasi pemerintah terhadap harga aset crypto bisa kamu temukan pada fenomena di China. Bank sentral dan Pemerintah China memberlakukan pelarangan aktivitas transaksi segala jenis mata uang crypto pada 2021. Padahal, saat itu China merupakan salah satu negara dengan mining farm terbesar dunia.

Pelarangan tersebut memberikan dampak besar pada aktivitas mining. Para miner crypto mengalihkan aktivitasnya ke negara lain. Terdapat penurunan harga crypto selama beberapa waktu. 

3. Berita dan Peristiwa Terkait Crypto

Ketika berinvestasi crypto, kamu perlu membekali diri dengan pengetahuan terkait berita ataupun peristiwa terkini. Khususnya adalah berita serta peristiwa yang memiliki kaitan erat dengan dunia crypto. Keduanya memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap harga aset crypto

Kamu bisa mendapatkan kabar berita maupun peristiwa terkait crypto dari berbagai sumber. Sebagai contoh, kamu dapat mempertimbangkan untuk mencari kabar tersebut dari sumber berita yang kredibel, baik online ataupun offline

Selain itu, pertimbangkan untuk memperluas relasi ataupun gabung dengan komunitas sesama investor crypto. Hal tersebut dapat membantu kamu untuk mendapatkan informasi terbaru tentang berbagai hal yang punya kaitan erat dengan aset crypto

Salah satu contoh berita atau peristiwa tersebut adalah adanya malware yang secara khusus menyerang para investor crypto. Malwarebytes menyebutkan dua program berbahaya tersebut adalah ransomware MortalKombat dan Laplas Clipper.

4. Perkembangan Teknologi dan Inovasi dalam Dunia Crypto

Berita mengenai berkembangnya teknologi aset crypto merupakan salah satu contoh faktor yang mempengaruhi naik dan turunnya harga aset crypto

Jawaban terkait apa yang mempengaruhi harga crypto berikutnya adalah perkembangan teknologi. Apalagi, kamu tentu sudah paham kalau investasi crypto sendiri tercipta dan populer berkat kecanggihan teknologi. Bahkan, crypto termasuk salah satu inovasi canggih yang memberikan banyak manfaat. 

Sebagai bagian dari perkembangan teknologi, dunia crypto akan terus berkembang. Kamu perlu terus-menerus mengikuti kemajuan teknologi dunia crypto. Salah satu contohnya adalah perkembangan yang berkaitan dengan pembaruan teknologi blockchain. Setiap pembaruan kerap menawarkan berbagai fitur serta manfaat baru. 

Contohnya adalah upgrade Ethereum Dencun yang kabarnya akan berlangsung. Rumornya, pembaruan ini memiliki pengaruh besar terhadap ekosistem Ethereum. Investor Ethereum bisa mendapatkan berbagai kemudahan, termasuk di antaranya adalah biaya transaksi yang terjangkau serta pemanfaatan kasus baru. 

5. Sentimen Pasar

Jawaban atas apa yang mempengaruhi harga crypto yang terakhir adalah sentimen pasar. Seperti halnya instrumen investasi lain, sentimen pasar mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap fluktuasi harga crypto. Alasannya, karena sentimen pasar dapat mendorong ataupun menurunkan tingkat permintaan. 

Contohnya adalah ketika sentimen pasar memperlihatkan sikap yang optimis terhadap prospek crypto. Pada situasi tersebut, tingkat permintaan crypto akan meningkat yang kemudian mendorong terjadinya kenaikan harga crypto

Situasinya akan berbeda ketika sentimen pasar mengindikasikan sikap yang pesimis. Kondisi ini akan mendorong investor crypto untuk menahan diri untuk tidak melakukan pembelian yang kemudian berdampak pada penurunan harga crypto akibat minimnya permintaan. 

Itulah pengetahuan tentang apa yang mempengaruhi harga crypto yang menarik untuk kamu pahami. Informasi ini memiliki manfaat yang sangat besar ketika kamu terjun dan aktif dalam melakukan investasi maupun trading crypto. Kamu dapat melakukan pengambilan keputusan secara objektif. 

Kamu tidak mudah terpengaruh oleh fluktuasi harga crypto dan bahkan dapat percaya diri dalam memprediksi harga crypto di masa mendatang. Risiko kerugian pun bisa kamu minimalkan. 

Selanjutnya, kamu bisa memperoleh imbal hasil investasi crypto yang menguntungkan dan dapat memanfaatkannya untuk berbagai keperluan. Salah satunya, kamu dapat menggunakan keuntungan tersebut sebagai dana pengembangan usaha. Apalagi, kalau saat ini kamu tengah mempunyai usaha kecil yang tengah berkembang. 

Untuk semakin mendorong perkembangan usaha tersebut, kamu perlu menyediakan dukungan tool canggih. Salah satu tool canggih itu bisa kamu dapatkan dengan menggunakan YUKK Payment Gateway

YUKK Payment Gateway merupakan platform pembayaran digital yang praktis. Penggunaannya memungkinkan kamu untuk memproses berbagai jenis transaksi cukup dalam satu platform. Praktis dan hemat. Yuk, mulai gunakan YUKK Payment Gateway!

Baca juga: Bukan Payment Gateway Biasa, Intip 9 Fitur Aplikasi YUKK Ini

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry