Fakta tentang Amonium Nitrat, Penyebab Ledakan Dashyat di Lebanon

Fakta tentang Amonium Nitrat, Penyebab Ledakan Dashyat di Lebanon
Ledakan dahsyat di Beirut (Foto: AFP/STR)

Lebanon sedang berkabung. Selasa (4/8) sore lalu, kota Beirut diguncang ledakan dahsyat bak bom atom. Sekitar 2.750 ton amunium nitrat diduga menjadi sumber ledakan dahsyat itu. Ribuan ton amunium nitrat itu tersimpan di dalam gudang pelabuhan.

“Tidak dapat diterima bahwa pengiriman 2.750 ton amonium nitrat selama 6 tahun di sebuah gudang tanpa mengambil tindakan pencegahan yang membahayakan keselamatan warga negara. Itu tidak bisa diterima dan kita tidak bisa diam tentang masalah ini,” kata Hassan Diab, Perdana Menteri Lebanon, seperti dilansir AFP.

Fakta tentang Amonium Nitrat, Penyebab Ledakan Dashyat di Lebanon
Banyak gedung yang rubuh (Foto: Getty Images)

Ledakan bahan kimia itu membuat gedung-gedung luluh lantak. Sebanyak 78 orang meninggal dunia. Sementara itu, yang menderita luka-luka berjumlah sekitar 4.000 orang. Apa itu amonium nitrat? Mengapa ledakannya bisa sedahsyat itu?

Dikutip dari Live Science, amonium nitrat adalah senyawa kimia berupa padatan kristal putih. Rumusan kimianya NH4-NO3. Kerap disederhanakan menjadi N2H4O3. Senyawa kimia yang larut di dalam air ini biasanya digunakan untuk meningkatkan kandungan nitrogen pada pupuk pertanian.

Fakta tentang Amonium Nitrat, Penyebab Ledakan Dashyat di Lebanon
Ilustrasi amonium nitrat (Foto: Freepik)

Lepas dari manfaat besarnya untuk menyuburkan tanaman, senyawa ini sebenarnya sangat mematikan. Bisa meledak dengan hebatnya jika disulut dengan api yang kecil saja.  Ledakan terjadi ketika amonium nitrat padat terurai dengan sangat cepat menjadi dua gas: nitrogen oksida dan uap air. Itulah mengapa senyawa ini kerap digunakan sebagai bahan campuran peledak.

Beirut bukan yang pertama
Ledakan dahysat di dekat pelabuhan di kota Beirut itu sebenarnya bukanlah yang pertama di dunia. Jauh sebelum itu, sudah terjadi sejumlah ledakan hebat yang dipicu oleh meledaknya senyawa N2H4O3 itu. Bahkan jumlah korban yang meninggal dunia pun jauh lebih banyak.

Fakta tentang Amonium Nitrat, Penyebab Ledakan Dashyat di Lebanon
Korban ledakan di Beirut (Foto: AFP STR)

Salah satunya adalah malapetaka yang terjadi pada 16 April 1947 di sebuah dermaga di Texas City, Texas, Amerika Serikat. Ketika itu, sebanyak 2.300 ton pupuk diangkut ke dalam kapal. Ledakan hebat terjadi ketika seorang buruh pelabuhan menyalakan rokok.

Ledakan itu begitu dahsyat. Terdengar hingga 241 km jauhnya. Jangkar kapal seberat 1,5 ton terlempar sejauh 2 km. Sebanyak 581 nyawa melayang dan 3.500 orang menderita luka-luka. Kerugian yang ditimbulkan mencapai US$ 100 juta.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry