Dokter ‘Whistle Blower’ Virus Corona Itu Meninggal Dunia

News | 7 February 2020
Dokter 'Whistle Blower' Virus Corona Itu Meninggal Dunia
Dokter Li Wenliang (Foto: Istimewa)

Semuanya berawal pada akhir Desember 2019 lalu di Wuhan. Tepatnya pada tanggal 30 Desember. Pada hari itu, Li Wenliang mendiagnosis 7 orang yang mengidap penyakit yang disebutnya sangat mirip dengan SARS. Ketujuh pasien itu langsung dikarantina di rumah sakitnya.

Seperti dilansir CNN, Li mengatakan bahwa hasil tes yang dilakukannya pada para pasien menunjukkan positif virus corona. Itu adalah keluarga besar virus yang mencakup sebagian sindrom pernafasan akut yang parah atau disebut SARS. Li lalu menyebarkan pesan kepada orang lain untuk waspada atas penyebaran virus corona ini. Namun, polisi Wuhan sempat menyebut aksinya sebagai penyebaran rumor (whistlel blower).

Dokter 'Whistle Blower' Virus Corona Itu Meninggal Dunia
(Foto: Weibo)

Pada Sabtu (1/2) lalu, dokter Li akhirnya didiagnosis menderita infeksi karena virus 2019-nCoV. Ia mengalami gejala batuk-batuk tidak lama setelah merawat pasien dengan glaukoma pada awal Januari. Enam hari kemudian, tepatnya pada Jumat (7/2) dini hari, dokter Li meninggal dunia.

“Dokter spesialis mata rumah sakit kami, Li Wenliang, sayangnya, terinfeksi virus corona selama pekerjaannya dalam memerangi epidemi virus corona. Dia meninggal pada 2:58 (dini hari) pada 7 Februari setelah upaya untuk menyadarkan kembali tidak berhasil,” kata pihak Rumah Sakit Pusat Wuhan seperti dilansir CNN.

Dokter 'Whistle Blower' Virus Corona Itu Meninggal Dunia
(Foto: Weibo)

Komisi Kesehatan China melaporkan bahwa jumlah kasus penyebaran virus corona di seluruh dunia terus meningkat. Saat ini tercatat ada 28.018 kasus penyebaran virus corona di seluruh dunia. Di Wuhan, Kasus baru tercatat bertambah 4.110. Dilansir AFP, di Wuhan, sudah 562 orang yang meninggal dunia karena virus corona baru ini. Jika ditambah dengan korban lainnya di seluruh dunia, berarti sudah 564 orang yang meninggal dunia.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry