“Disaster Girl” Raup Rp6,8 M dari Meme Kebakaran

News | 30 April 2021
“Disaster Girl” Raup Rp6,8 M dari Meme Kebakaran
Disaster Girl (Foto: Dave Roth via New York Times)

Dunia memang tidak tahu namanya. Bahkan terkesan seperti tidak penting siapa namanya. Namun, wajahnya sangat terkenal. Gambar wajahnya membanjiri internet sejak lebih dari 10 tahun lalu. Fotonya itu telah menjadi “legend meme”.

Tidak percaya? Coba ketik “disaster girl” dalam mesin pencarian Google. Akan segera muncul memedengan gambar wajah seorang gadis cilik yang sedang tersenyum “sinis”. Padahal di belakangnya sebuah rumah sedang dilalap api.

Tujuh belas tahun sejak foto ikonik itu dipublikasikan, gadis itu “memanen” popularitasnya. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung besarnya: mencapai lebih dari Rp6 miliar. Siapakah gadis kecil dalam foto itu? Dan bagaimana pula kisah di balik foto itu?

“Disaster Girl” Raup Rp6,8 M dari Meme Kebakaran
Hasil jepretan Dave yang lainnya (Foto: Dave via Know Your Meme)

Gadis yang dijuluki “disaster girl” itu, seperti dikutip YUKK dari The New York Times, adalah Zoe Roth. Ketika itu, dia berusia 4 tahun dan tinggal bersama keluarganya di Mebane, North Carolina, Amerika Serikat. Mereka tinggal tidak jauh dari markas pemadam kebakaran.

Pada suatu Sabtu pagi pada tahun 2005 itu, petugas pemadam kebakaran melakukan latihan. Sebuah rumah dengan sengaja dibakar dan kemudian apinya dipadamkan. Karena itu adalah latihan, para petugas pemadam kebakaran tidak berkeberatan ketika warga di sekitar rumah itu menonton proses pemadaman api. Termasuk anak-anak kecil.

“Disaster Girl” Raup Rp6,8 M dari Meme Kebakaran
Zoe dan meme-nya (Foto: Know Your Meme)

Zoe dan keluarganya pun ikut menonton latihan pemadaman kebakaran itu. Pada saat itulah, ketika api sedang berkobar, Zoe diminta ayahnya, Dave Roth, untuk tersenyum di depan kamernya. Ayahnya adalah seorang fotografer amatir.

Pada tahun 2007, dalam sebuah kontes foto, hasil jepretan Dave itu terpilih menjadi pemenang. Sejak hari itulah, foto itu membanjiri internet. Foto itu lalu dijadikan meme oleh siapa saja di dunia.

Tujuh belas tahun berlalu setelah latihan pemadaman kebakaran itu. Kini, Zoe sudah berusia 21 tahun. Dia adalah seorang mahasiswi yang juga bekerja sebagai pelayan restoran di Italia.

“Disaster Girl” Raup Rp6,8 M dari Meme Kebakaran
Zoe dan ayahnya pada tahun 2019 lalu (Foto: dok. pribadi via New York Times)

Pada Februari lalu, Zoe dihubungi seseorang lewat surel. Dia diminta untuk menjual foto itu sebagai NFT (nonfungible token). NFT merupakan duplikasi dari karya seni atau teknologi yang diedarkan atau dijual secara resmi dan menyerupai aset aslinya. Pada 17 April lalu, lelang foto itu dimenangi oleh seorang pengguna dengan nama akun @3FMusic. Foto itu dibeli dengan uang kripto senilai 180 Ether.

Nilai tukar Ether terhadap dolar memang fluktuatif. Namun, hingga Kamis (29/4) lalu, nilai tukarnya cukup tinggi. Jika dikonversi ke dolar, maka harga jual foto itu mencapai $495.000 atau setara dengan Rp6,8 miliar.

“Disaster Girl” Raup Rp6,8 M dari Meme Kebakaran
(Foto: The Daily Tar Heel)

Zoe tidak menyangka bahwa foto yang kemudian menjadi meme terkenal di dunia itu akan membawa keberuntungan untuknya. Pasalnya, dulu, dia sempat sangat tertekan. Mengapa tidak, fotonya digunakan begitu banyak orang untuk menggambarkan berbagai jenis peristiwa negatif atau bencana alam di seluruh dunia.

“Tidak ada orang, yang berakhir jadi meme, mencoba untuk melakukannya. Itu hanya berakhir seperti itu. Apakah itu keberuntungan? Apakah itu nasib? Aku tidak tahu tapi aku akan mengambilnya,” ungkap Zoe kepada Raleigh News & Observer.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry