Demi Jantungmu, Jangan Lewatkan Sarapan!

Demi jantungmu, jangan lewatkan sarapan
Ilustrasi (Foto: hellosehat.com)

Banyak orang melewatkan sarapan dengan berbagai alasan: tidak sempat karena terburu-buru, mudah mengantuk setelah makan, dan tidak punya sesuatu yang bisa dimakan setelah bangun tidur. Biasanya mereka baru makan pada siang hari dengan porsi yang “tidak biasa”. Seolah-olah “balas dendam” karena tidak sempat makan setelah bangun tidur.

Hal semacam ini berlangsung terus-menerus. Sampai akhirnya melewatkan sarapan menjadi kebiasaan. Lalu mereka menganggap bahwa tidak makan pada pagi hari adalah hal yang wajar; bahwa tidak apa-apa jika tidak makan pada pagi hari; bahwa makan pada siang dan malam hari jauh lebih penting daripada makan pada pagi hari.

Benarkah tidak apa-apa jika melewatkan sarapan? Para ahli kesehatan mengatakan sebaliknya. Tidak baik melewatkan sarapan. Mengapa? Karena hal itu berhubungan dengan kesehatan jantung. Melewatkan sarapan bisa memicu munculnya aterosklerosis, yaitu kondisi dimana pembuluh darah mengeras dan menyempit karena penumpukan plak. Dan aterosklerosis ini dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, dan komplikasi penyakit jantung lainnya.

Demi jantungmu, jangan lewatkan sarapan
Proses terjadinya aterosklerosis (Foto: necturajuice.com)

Kesimpulan itu diambil setelah para peneliti melakukan sebuah penelitian di Spanyol beberapa waktu lalu. Dalam penelitian itu, seperti dilansir kompas.com, mereka mengamati kebiasaan, pola makan, dan asupan kalori harian dari lebih dari 4.00 orang dewasa berusaha 40—55 tahun yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung sebelumnya. Para peserta ini lalu dibagi ke dalam 3 kelompok.

Kelompok pertama berisi peserta yang benar-benar melewatkan sarapan atau hanya sedikit seperti hanya minum kopi atau jus jeruk. Kelompok kedua adalah peserta yang hanya memenuhi sekitar 5—20% dari kebutuhan kalori harian. Biasanya mereka makan roti atau kue dan minum kopi atau jus. Sementara kelompok ketiga menikmati sarapan dengan menu yang lengkap seperti roti, buah-buahan, daging, sereal, kopi, dan jus.

Demi jantungmu, jangan lewatkan sarapan
Menu sarapan sehat (Foto: Thinkstock)

Dari penelitian itu, para peneliti menemukan fakta yang mengejutkan. Kelompok pertama memiliki peningkatan risiko perkembangan plak di pembuluh darah 1,5 kali lebih tinggi daripada kelompok ketiga. Risiko aterosklerosisnya juga paling tinggi.

Hasil penelitian itu secara tidak langsung mengungkapkan kebiasaan buruk sekian banyak orang, yaitu menjalani gaya hidup yang tidak sehat: merokok, minum alkohol berlebihan, mengonsumsi banyak kalori, dan tidak memperhatikan keseimbangan zat gizi. Orang-orang seperti ini biasanya punya tekanan darah, kadar lemak darah, dan gula darah tinggi. Jangan heran bahwa orang-orang seperti ini sangat rentan terhadap berbagai gangguan jantung. Aterosklerosis adalah salah satunya.

Demi jantungmu, jangan lewatkan sarapan
Ilustrasi (Foto: parenting.co.id)

Dari penelitian itu juga para peneliti mengetahui alasan lain mengapa risiko aterosklerosis meningkat pada orang yang punya gaya hidup tidak sehat. Melewatkan sarapan berpengaruh buruk terhadap hormon pengatur nafsu makan, gula darah, dan insulin. Hal ini berbeda dengan orang yang selalu menyempatkan diri untuk makan pagi. Mereka bisa mengatur asupan kalori dan keseimbangan nutrisi harian mereka. Dengan demikian, hormon pengatur nafsu makan, gula darah, dan insulin tetap bekerja dengan baik.

Jangan lewatkan sarapan
Sereal (Foto: iran-daily.com)

Para peneliti menyarankan semua orang untuk tidak boleh melewatkan sarapan. Sarapan adalah wajib. Dan menunya haruslah bisa menjadi sumber energi untuk seluruh aktivitas selama seharian dan mencegah lonjakan kadar gula darah. Yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi adalah makanan yang mengandung protein dan serat yang tinggi karena protein dan serat adalah sumber energi. Jadi, alangkah baiknya kamu menyiapkan oatmeal, buah-buahan, telur rebus, nasi merah, dan yogur sebagai menu sarapanmu. Jangan makan makanan yang digoreng karena bisa menambah jumlah kalori yang tidak sehat.

#YUKKpakeYUKK

Baca juga :

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry