Curahan Hati Gadis dengan Dua Rahim dan Dua Vagina

News | 12 October 2021
Curahan Hati Gadis dengan Dua Rahim dan Dua Vagina
Paige DeAngelo (Foto: SWNS via Metro)

Pada umumnya, masing-masing perempuan punya satu rahim dan satu alat kelamin. Namun, dalam kasus-kasus tertentu, ada perempuan yang lahir dengan dua alat kelamin dan dua rahim sekaligus. Bahkan ada perempuan yang lahir tanpa rahim sama sekali.

Kasus langka ini dialami seorang gadis berusia 20 tahun asal Philadelphia, Amerika Serikat. Gadis bernama Paige DeAngelo itu, seperti dikutip YUKK dari metro.co.uk, lahir dengan kondisi uterus didelphys. Ini adalah sebuah kondisi ketika seorang perempuan mempunyai dua rahim, dua serviks, dan dua vagina.

Curahan Hati Gadis dengan Dua Rahim dan Dua Vagina
(Foto: SWNS via Metro)

Dua sistem reproduksi yang aktif itu membuat dia sangat bingung. Dalam sebulan, dia bisa menstruasi dua kali.

“Saya selalu punya siklus mentruasi yang tidak teratur. Namun, pada umumnya, dua siklus yang datang silih berganti. Kadang-kadang sekali dalam sebulan, kadang juga dua kali dalam sebulan. Bahkan hanya berselang beberapa minggu,” ungkapnya.

Mahasiswi Drexel University itu baru mengetahui kondisinya ketika dia berusia 18 tahun. Ketika itu, dia memeriksakan dirinya kepada ginekolog lantaran siklus haidnya tidak teratur.

Curahan Hati Gadis dengan Dua Rahim dan Dua Vagina
(Foto: everytruenews24.com)

“Dia memang tidak langsung mengatakannya kepada saya. Namun, dari matanya, saya tahu bahwa ada sesuatu yang tidak beres,” kenangnya.

Seminggu kemudian, dia menjalani pemeriksaan MRI (magnetic resonance imaging). Hasil pemeriksaan itu menunjukkan bahwa dia memang mempunyai dua sistem reproduksi.

“Orang yang memeriksa saya tertawa keras ketika melihat itu. Saya sampai bertanya, ‘Ada apa? Itu apa?’ dan mereka bilang ‘Kaupunya dua sistem reproduksi!’. Saya benar-benar tidak tahu. Saya bahkan tidak paham sama sekali saat itu,” ceritanya.

Curahan Hati Gadis dengan Dua Rahim dan Dua Vagina
Uterus Didelphys (Foto: Instagram/@infertility_uterusdidelphys)

Dia sama sekali tidak tahu karena selama itu dia merasa bahwa alat kelaminnya normal seperti perempuan lain. Bukan dua vagina yang muncul pada dua tempat yang berbeda.

“Orang-orang berpikir (saya memiliki) dua vagina terpisah di bagian luar (tubuh saya). Bukan begitu. Itulah sebabnya saya tidak mengetahuinya selama 18 tahun,” bebernya.

Curahan Hati Gadis dengan Dua Rahim dan Dua Vagina
(Foto: SWNS via Metro)

Kondisi uterus didelphys itu membuatnya sangat mungkin mengalami hal ini: hamil dan tetap menstruasi pada saat yang sama. Dan tentu ini sangat membingungkannya.

“Saya tidak akan pernah tahu apakah saya hamil atau tidak karena saya masih tetap mens pada saat yang sama,” keluhnya.

Kemungkinan lainnya adalah dia bisa mengalami kehamilan ganda. Artinya masing-masing rongga rahimnya mengandung janin yang berbeda. Dan kehamilan seperti ini berisiko tinggi. Bisa jadi dia melahirkan bayinya secara prematur. Bisa juga dia mengalami keguguran karena ukuran masing-masing rahimnya lebih kecil daripada ukuran rahim yang normal.

Curahan Hati Gadis dengan Dua Rahim dan Dua Vagina
(Foto: Twitter)

Risiko-risiko itulah yang membuat dokter mengatakan hal yang membuatnya terguncang: dia mungkin harus memiliki ibu pengganti jika ingin punya anak.

“Itu sangat memilukan untuk didengar. Saya ingin memiliki masa depan dimana saya tumbuh dan memiliki keluarga besar,” katanya.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry