Catat Ini: Puasa Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

 

 Catat Ini: Puasa Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Apakah puasa bisa meningkatkan daya tahan tubuh? Bisa! Sudah ada banyak penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa berpuasa bisa meningkatkan daya tahan tubuh melawan infeksi virus berbahaya.

Mekanismenya seperti ini: puasa membantu memperbaiki jaringan sel yang rusak dengan cara merangsang produksi sel darah putih. Dengan begitu, peremajaan seluruh sistem daya tahan tubuh bisa berjalan optimal. Efeknya adalah imunitas makin kuat.

 Catat Ini: Puasa Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Hasil sebuah penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Frontiers in Nutrition, seperti dilansir The National,menunjukkan bahwa puasa bisa membantu mengurangi efek berbahaya dari peradangan sitokin. Seperti diketahui peradangan sitokin bisa melumpuhkan daya tahan tubuh. Itulah mengapa orang bisa mengalami Covid-19 yang parah saat terinfeksi virus corona.

Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, puasa juga bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan efektivitas pengobatan kanker. Sudah ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang menjalani kemoterapi bisa merespons obat lebih baik saat berpuasa. Namun, hal ini baru bisa terjadi jika orang menjalankan gaya hidup sehat. Menurut R. Dwi Budiningsari, SP., M. Kes., Ph.D., ahli gizi dari UGM, manfaat puasa dapat optimal bagi tubuh jika kualitas dan kuantitas gizi terpenuhi.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry