Catat Baik-Baik: 6 Bulan Sebelum Serangan jantung, Tubuh Sudah Memberikan Tanda

Tanda-tanda serangan jantung
Ilustrasi (Foto: thanhnien.vn)

Kapan saja bisa terjadi serangan jantung. Serangan jantung terjadi ketika peredaran darah dan oksigen menuju jantung terhambat. Saat itu, otot-otot jantung akan mulai melemah dan berhenti bekerja. Jika darah tidak segera mengalir menuju jantung, akibatnya bisa sangat fatal. Bisa terjadi kematian.

Menariknya adalah 6 bulan sebelum terjadi serangan jantung yang mendadak itu, tubuh sebenarnya sudah memberikan tanda. Semacam ada peringatan dini bahwa sedang terjadi masalah serius pada jantung. Apa saja tanda-tanda itu?

Sakit kepala ekstrem

Tanda-tanda serangan jantung
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Jika kamu mengalami sakit kepala ekstrem padahal waktu tidur malammu cukup, pola makanmu teratur, dan kamu tidak mudah lelah ketika melakukan aktivitas, kamu harus waspada. Kamu harus segera memeriksakan diri pada dokter. Apalagi jika sakit kepala itu terjadi terus-menerus. Mengapa? Karena bisa jadi itu merupakan tanda bahwa jantungmu sedang bermasalah.

Gangguan pola tidur

Tanda-tanda serangan jantung
Ilustrasi (Foto: photographee.eu/Depositphotos)

Tanda kedua adalah pola tidur yang tidak menentu. Gangguan pola tidur itu merupakan cara alam bawah sadar memberi tahu bahwa ada masalah pada tubuh. Sering terbangun pada malam hari, sering buang air atau merasa sangat haus sepanjang malam merupakan tanda penyakit jantung.

Gangguan pernapasan

Tanda-tanda serangan jantung
Ilustrasi (Foto: medicalnewstoday.com)

Tanda lain dari penyakit jantung adalah gangguan pernapasan. Gangguan ini terjadi ketika aliran oksigen menuju jantung tidak lancar. Kurangnya oksigen ke jantung menyebabkan ritme bernapas menjadi lebih pendek.

Gangguan pencernaan

Tanda-tanda serangan jantung
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Perutmu bergejolak? Padahal kamu tidak mengonsumsi makanan pedas atau asam? Kamu harus segera memeriksakan diri. Pasalnya, salah satu tanda dari penyakit jantung adalah perut terasa bergejolak sekalipun kamu tidak makan makanan yang pedas atau asam.

Mudah cemas

Tanda-tanda serangan jantung
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Jangan anggap remeh kecemasan. Segera periksakan diri jika kamu merasa mudah cemas, bahkan pada hal-hal yang kecil. Mudah cemas bisa jadi merupakan tanda bahwa kamu mengidap penyakit jantung.

Kesemutan

Tanda-tanda serangan jantung
Kesemutan (Foto: Istimewa)

Tanda keenam dari penyakit jantung adalah tangan sering kesemutan. Mengapa bisa terjadi kesemutan? Kamu harus tahu bahwa ketika jantung jantung tidak mendapat cukup oksigen, akan terjadi masalah pada tulang belakang. Ketika tulang belakang mengalami masalah, saraf yang menghubungkan jantung, tulang belakang, dan tangan pun terganggu. Akibatnya adalah tangan mudah lemas atau sering kesemutan.

Untuk mengatasi masalah penyakit jantung ini, kamu bisa melakukan berbagai cara. Mulai dengan membangun pola hidup yang sehat: mengonsumsi makanan kaya lemak omega-3, cukup beristirahat, dan berolahraga secara teratur. Selain itu, kamu bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung zat besi.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry