Cara Registrasi Kartu Prabayar Telkomsel, Tri, Indosat, XL, dan Smartfren

cara registrasi kartu prabayar
Ilustrasi (Foto: google)

Mulai 31 Oktober ini, pengguna kartu SIM prabayar perdana diwajibkan untuk melakukan registrasi dengan mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK). Sementara pengguna kartu SIM prabayar lama harus melakukan registrasi ulang dengan mencantumkan NIK dan nomor KK. Proses registrasi ulang ini berlangsung hingga 28 Februari 2018.

Dilansir dari kompas.com, pemerintah mewajibkan masing-masing pengguna kartu SIM prabayar untuk melakukan registrasi secara mandiri agar data penting berupa nomor NIK dan KK tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.  Jika proses registrasi ini tidak diindahkan, nomor telepon pengguna kartu SIM baru tidak bisa diaktifkan dan nomor telepon pelanggan lama akan diblokir.

cara registrasi ulang kartu prabayar
Ilustrasi (Foto: google)

Cara melakukan registrasi tidak sulit. Kamu hanya perlu menyiapkan NIK dan nomor KK. Jika KTP atau e-KTP-mu belum dicetak atau hilang, kamu bisa menggunakan KK karena NIK-mu tertera juga di KK. Kamu tidak perlu memberitahukan atau menulis nama ibu kandungmu saat melakukan registrasi. Informasi itu tidak boleh diberikan. Sudah terjadi banyak kasus kejahatan karena penyalahgunaan informasi penting itu. Informasi itu biasanya digunakan dalam verifikasi proses transaksi, misalnya, perbankan.

Berikut ini cara-cara melakukan registrasi melalui SMS, baik untuk pengguna kartu SIM perdana maupun pelanggan lama:

Pelanggan baru (pembeli kartu SIM perdana)

Registrasi dengan nomor NIK dan KK dilakukan setelah aktivasi awal (operator seluler akan meminta data primer seperti nama, alamat, dan lain-lain untuk mengaktifkan kartu). Setelah kartu aktif, buka aplikasi SMS, tulis pesan, dan kirim ke nomor 4444. Berikut format pesan:

  1. Kartu SIM prabayar perdana Telkomsel (Simpati, Kartu AS):
    REG<spasi>16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  2. Kartu SIM prabayar perdana XL Axiata (XL, Axis):
    DAFTAR#16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  3. Kartu SIM prabayar perdana Indosat (IM3, Mentari), Tri, dan Smartfren:
    DAFTAR#16 digit NIK#16 digit nomor KK#
cara registrasi kartu prabayar
(Foto: detik.com)

Pelanggan lama (kartu SIM aktif)
Berlaku untuk pelanggan lama yang sudah memiliki kartu SIM aktif sebelum tanggal 31 Oktober 2017. SMS registrasi ulang dikirimkan ke nomor 4444 dengan format sebagai berikut:

  1. Registrasi ulang kartu SIM prabayar aktif Telkomsel (Simpati dan Kartu AS): ULANG<spasi>16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  2. Registrasi ulang kartu SIM prabayar aktif XL Axiata (XL, Axis):ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  3. Registrasi ulang kartu SIM prabayar aktif Indosat (IM3, Mentari), Tri, dan Smartfren: ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK#

Setelah SMS registrasi terkirim, kamu akan mendapatkan balasan dari nomor 4444 yang isinya adalah pemberitahuan apakah registrasi sukses atau tidak. Supaya registrasi sukses, kamu harus menulis NIK dan nomor KK-mu dengan benar. Data itu akan dicocokkan dengan data yang tercatat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).  Jika ternyata data yang kamu kirimkan sudah benar, tapi tidak kunjung tervalidasi oleh sistem operator, kamu tetap bisa melakukan aktivasi kartu SIM prabayar dengan mengisi surat pernyataan. Contoh surat pernyataan ada di dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 14 Tahun 2017.

#YUKKpakeYUKK

2
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry