Cara Mudah untuk Hidup Hemat

cara mudah untuk hidup hemat
Ilustrasi (Foto: google)

Banyak orang mengatakan bahwa tidak mudah untuk hidup hemat. Tidak mudah karena dari hari ke hari kebutuhan hidup terus bertambah. Namun, itu tidak lantas berarti bahwa hidup hemat itu tidak mungkin. Jika kamu punya prinsip dan komitmen yang kuat, kamu bisa hidup hemat. Berikut ini cara mudah untuk hidup hemat:

Berpikirlah Baik-Baik untuk….
Jika kamu ingin mengubah hidup, yang harus kamu lakukan adalah mengubahnya dari dalam. Dan itu dimulai dari hati dan kepalamu.  Apa yang harus kamu lakukan?

  • Ubah Cara Pandang

    cara mudah untuk hidup hemat
    Ilustrasi (Foto: google)

    Masih banyak orang terjebak dalam anggapan ini: saya belanja, maka saya ada (I shop therefore I exist). Anggapan ini menjadi sukma pola hidup konsumtif. Orang lalu diakui, dihargai, dihormati dan dinilai karena sering keluar-masuk toko, butik, mall dan berbagai pusat perbelanjaan lain dengan memikul berbagai bentuk, jenis dan kategori barang. Ini jelas anggapan yang salah. Kamu dihargai bukan karena kamu punya segudang barang mewah, rumah megah, atau berbagai atribut aksidental lain. Kamu dihargai karena kamu punya harkat dan martabat sebagai manusia. Itu saja. Dan itulah ukurannya. Dengan demikian, kamu tetap punya harkat dan martabat sebagai manusia sekalipun kamu tidak naik mobil, tidak punya berlian, dan tinggal di rumah yang sederhana.

  • Kebutuhan atau Keinginan?

    cara mudah untuk hidup hemat
    Ilustrasi (Foto: google)

    Begitu mudah orang terjebak. Tidak bisa membedakan mana yang menjadi “kebutuhan” dan mana yang hanya merupakan “keinginan.” I absolutely need berbeda telak dengan I really want. Kebutuhan adalah apa yang tanpanya kamu tak bisa berbuat apa-apa, bahkan tak bisa hidup. Sementara keinginan adalah segala hal yang tanpanya pun kamu masih hidup, bergerak dan ada. Kamu butuh nasi, tapi apakah kamu “butuh” es krim? Oleh karena itu, ketahui benar-benar apa yang memang kamu butuhkan dan apa yang sekadar kamu inginkan. Penuhi pos-pos kebutuhan kamu dan jangan hamburkan uang untuk membeli berbagai barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

  • Kebahagiaan atau Kesenangan?

    Cara mudah untuk hidup hemat
    Ilustrasi (Foto: articles.bplans.com)

    Untuk kategori ini pun orang masih sering salah. “Saya senang bisa membeli barang itu” berbeda jelas dengan “Saya bahagia bisa mendapatkan barang itu.” Ukuran paling sederhananya adalah yang pertama bertahan sesaat dan barang yang dibeli tak pasti (berganti atau berubah sesuai dengan selera, mood dan kondisi). Sementara yang kedua bertahan lama, bahkan sejak dulu, tak bisa digantikan dengan hal lain, dan punya nilai dan makna yang lebih tinggi.

  • Sadar Diri dan Belajar dari Pengalaman

    cara mudah untuk hidup hemat
    Ilustrasi (Foto: google)

    Kalau dari dulu kamu selalu “takut” menjelang akhir bulan, bahkan mungkin sudah mulai cemas sejak pertengahan bulan, berarti ada yang salah. Dan yang salah itu pasti bukan jumlah penghasilan, melainkan ketidakmampuan kamu untuk sadar diri dan belajar dari pengalaman. Jika bulan sebelumnya kamu sudah “ketakutan,” mestinya bulan ini kamu tak perlu takut lagi karena kamu sudah bisa memperkirakan atau memperhitungkan pengeluaranmu. Jika bulan lalu kamu sudah tahu bahwa karena sebuah keinginan (dan bukan kebutuhan) sehingga dompetmu begitu cepat menipis, mestinya bulan ini kamu tidak mengulangi kesalahan yang sama.

 “Paksakan” Diri untuk….
Tidak ada cara lain untuk bisa hidup hemat selain kemauan kuat untuk menahan diri. Kamu harus bisa memaksakan diri untuk hidup hemat. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  • Susun Anggaran Belanja

    cara mudah untuk hidup hemat
    Ilustrasi (Foto: google)

    Untuk menekan pengeluaran setiap bulan, susunlah daftar anggaran belanja dan daftar kebutuhanmu. Apa yang kamu butuhkan? Berapa harga masing-masing kebutuhan itu? Daftar anggaran dan jenis kebutuhan itu membantu kamu untuk memperkirakan pengeluaran sekaligus sisa uang yang masih bisa kamu pegang. Berusahalah konsisten pada daftar yang sudah kamu susun. Jika tidak, pengeluaran kamu tetap saja membengkak ketika kamu sudah mulai “lapar mata” di pusat perbelanjaan atau di toko.

  • Potong Pengeluaran

    cara mudah untuk hidup hemat
    Ilustrasi (Foto: www.marketingdonut.co.uk)

    Belajarlah mencukupkan diri dengan kebutuhan yang ada jika ternyata jumlah pemasukan kamu lebih kecil daripada pengeluaran. Salah satu caranya adalah dengan menekan pengeluaran dari pos-pos yang tidak terlalu penting. Kamu suka sekali berjajan? Kurangi jumlah dan waktu jajan. Kamu sering minum minuman beralkohol? Jangan memaksakan diri untuk selalu minum. Selain menjaga kesehatan, pengeluaran pada pos itu pun bisa ditekan. Setiap hari kamu selalu pergi ke pusat-pusat keramaian? Tahanlah diri untuk beberapa waktu atau sekurang-kurangnya membuat jarak selama beberapa hari.

  • Menabung

    cara mudah untuk hidup hemat
    Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

    Setelah menerima gaji, jangan langsung berbelanja. Simpan atau tabung dulu sebagian. Lalu cukupkan diri dengan sisa gaji. Di sini, kamu mesti punya komitmen dan kehendak yang kuat untuk tidak menghabiskan sisa gaji itu. Jika perlu, sisa gaji itu masih ada—berapa pun itu—pada akhir bulan. Jika kamu bisa melakukannya bulan ini, lanjutkan itu pada bulan berikutnya. Jika setiap bulan kamu menabung, sekurang-kurangnya Rp200 ribu, kamu akan punya tabungan yang besar selama setahun nanti.

  • Tekan Pengeluaran Pos Penting

    cara mudah untuk hidup hemat
    Ilustrasi (Foto: google)

    Pengeluaran besar itu bukan hanya persoalan pengeluaran untuk hal-hal yang tak terduga. Pengeluaran besar pun bisa terjadi pada pos-pos yang penting seperti biaya rekening listrik, air, telepon, dan biaya transportasi (termasuk bahan bakan kendaraan). Apa yang mesti kamu lakukan? Jika ternyata tagihan rekening listrik membengkak dari bulan ke bulan, kamu mesti tahu cara menekannya. Kamu, misalnya, bisa mengurangi waktu menonton TV, mendengar musik atau bermain Atau jika biaya transportasi atau bensin membesar, kamu bisa memangkasnya dengan cara, antara lain, mengurangi waktu jalan-jalan atau keluyuran tak karuan.

  • Apa Tujuan Kamu?

    cara mudah untuk hidup hemat
    Ilustrasi (Foto: google)

    Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah menentukan tujuan hidup. Apa tujuan hidupmu? Atau mau jadi apa kamu nanti? Jika kamu ingin menjadi orang kaya, maka kamu harus bisa menabung. Jika tidak, kamu tidak akan pernah bisa menjadi orang kaya. Jika kamu ingin menjadi orang yang sukses, investasikan uangmu. Ada banyak jenis pilihan investasi. Pilihlah jenis investasi yang sesuai dengan rencana dan dana yang kamu miliki.

 #YUKKpakeYUKK

 

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry