7 Cara Mendapatkan Penghasilan Ketika Krisis, Pantang Menyerah!

Tips Mendapatkan Penghasilan Ketika Krisis

Bagaimana cara mendapatkan penghasilan ketika krisis? Masa pemulihan pasca pandemi COVID-19 rupanya lebih berat, bahkan termasuk kategori krisis dari segi finansial. Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) pada November 2023 melaporkan hasil survei bahwa sebanyak 62,5% dari 1000 responden membutuhkan penghasilan tambahan. Namun, bagaimana caranya?

Menjadi Content Creator di Berbagai Platform Online

Pertama, menjadi content creator sosial media untuk memperoleh penghasilan dari Ads, komisi afiliasi, dan endorsement produk. Profesi ini cocok bagi Anda yang memiliki kemampuan digital marketing yang baik. Berdasarkan data Snapchart pada 2023, dari TikTok saja sudah terjadi peningkatan jumlah konten kreator sebesar 20%. Jumlah tersebut diperkikaran akan terus bertambah.

Kunci dari menjadi kreator konten di berbagai platform adalah pandai membaca karakter target konsumen sehingga dapat menciptakan konten-konten menarik yang tepat sasaran. Selain itu, karena persaingan semakin sengit, content creator juga semestinya memiliki ciri khas unik agar mudah diingat oleh para peminat dan dilirik para pemilik merek untuk kerja sama. 

Mendaftar Sebagai Mitra Ojek Online

Mitra Ojek Online

Cara selanjutnya adalah dengan bergabung sebagai mitra ojek online. Bila memiliki usaha makanan dan minuman, buah dan sayuran, toko sembako, atau barang elektronik dan lain – lainnya, Anda dapat bergabung sebagai merchant. Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran, hanya perlu menambahkan komisi 20 – 25% per item di setiap produk yang terpampang di aplikasi ojek online seperti di grabfood, gofood dan shopee food tersebut sebagai bagian keuntungan perusahaan.  

Pilihan lainnya, Anda bisa bergabung sebagai pengemudi motor atau mobil (driver). Sama seperti merchant, perusahaan transportasi daring memperoleh komisi dari mitra pengemudi melalui setiap pesanan pengantaran penumpang, barang, pembelanjaan, atau makanan dari aplikasi. Namun, perusahaan biasanya juga menambahkan bonus untuk driver yang selalu berhasil melampaui target yang telah ditentukan perusahaan.

Memonetisasi Hobi

Memonetisasi hobi alias mengubah kegiatan yang disukai supaya dapat menjadi sumber penghasilan tambahan dengan memanfaatkan teknologi digital. Contohnya, Anda memiliki hobi memasak, maka bisa membagikan resep dan tutorialnya di sosial media, website pribadi, atau saluran berbagi video. Dari sana, Anda dapat memperoleh penghasilan dari tawaran iklan yang masuk dari advertiser.

Apa bedanya cara mendapatkan penghasilan ketika krisis melalui monetisasi hobi dengan menjadi konten kreator? Sebenarnya tidak berbeda, karena aktivitas monetisasi hobi termasuk dalam deskripsi content creator. Namun, untuk kreator konten dapat mengunggah apapun – tidak terbatas pada hal-hal yang disukai secara pribadi saja. Sedangkan monetisasi hobi terbatas pada aktivitas yang disenangi.

Menjadi Freelancer Digital Marketing

Freelancer Digital Marketing

Selain menjadi content creator, Anda juga dapat menjadi freelancer atau pekerja lepas lain dengan berbekal ilmu pemasaran digital yang bagus. Banyak profesi sebagai freelancer digital marketing yang dapat menjadi sumber penghasilan menjanjikan bagi Anda, seperti penulis konten, seo specialist, sem specialist, social media specialist, editor, dan sebagainya. Mayoritas deskripsinya merupakan pekerjaan di belakang layar.

Profesi sebagai freelancer pemasaran digital biasanya menempatkan diri sebagai otak dari suatu strategi digital marketing maupun pendukung pelaksanaan. Kebanyakan para pekerja lepas di bidang ini akan bekerja sama dengan para kreator konten atau pemilik merek di mana mereka membuat konsep hingga mewujudkan konten berpotensi viral sehingga menarik minat masyarakat ramai.

Membangun Usaha Kecil-Kecilan

Anda bisa membangun bisnis online atau bisnis rumahan yang sederhana dengan modal kecil namun menjanjikan keuntungan menggiurkan. Contohnya dengan membuka usaha es teh dalam cup. Modal bergabung franchise minuman teh tersebut hanya 2,5 – 10 juta rupiah tergantung paket kemitraan yang Anda pilih. Namun biaya bisa ditekan hingga di bawah 1 juta rupiah tanpa bergabung franchise.

Bisnis minuman, apalagi teh, sifatnya everlasting alias bisa digunakan untuk jangka panjang. Meskipun usaha mesti ada pasang surutnya, namun saat musim kemarau, permintaan konsumen akan es teh yang segar selalu meningkat drastis. Otomatis keuntungan yang dihasilkan juga sangat besar mengingat keuntungan transaksi per cup bisa mencapai 80 – 60%. Fantastis bukan?

Baca juga: Ingin Sukses Bisnis dengan Modal Kecil? Ini Tips Memulainya!

Ikut Program Affiliate di Marketplace

Affiliate di Marketplace

Cara mendapatkan penghasilan ketika krisis selanjutnya adalah dengan mengikuti affiliate marketer program di berbagai marketplace. Jadi, affiliasi adalah modal menawarkan produk melalui konten-konten khusus di sosial media. Setiap transaksi pembelian di toko marketplace tersebut terjadi berkat konten sosial media tersebut, affiliator akan mendapatkan komisi sebesar 8 – 10%. Menjanjikan sekali bukan?

Anda hanya perlu mendaftar ke berbagai marketplace yang tersedia di Indonesia. Kemudian, buat konten-konten mengena dengan produk milik toko atau marketplace yang bekerja sama. Jangan lupa sertakan link checkout supaya pemilik toko dan pihak marketplace mengetahui bahwa konsumen tersebut merupakan pembeli yang melakukan transaksi berkat memperoleh rekomendasi dari akun Anda.

Mencari dan Memilih Investasi yang Stabil dan Beresiko Rendah

Terakhir, Anda perlu lebih pandai dalam memilih instrument investasi, khususnya menggunakan uang pribadi. Hindari investasi dengan resiko yang besar, tidak dapat divalidasi kebenaran praktek usahanya, dan fluktuasinya di pasar saham terlalu cepat (naik dan turun secara drastis). Sebab, ciri-ciri tersebut merupakan milik perusahaan investasi bodong penipu dan instrumennya juga otomatis palsu.

Baca juga: Mau Belajar Cara Berinvestasi Saham untuk Pemula? Cek Disini!

Sejatinya, karakteristik instrumen yang stabil dan memiliki resiko ada pada investasi emas – khususnya batangan murni. Nilainya semakin naik dari waktu ke waktu, tidak termasuk instrumen yang memiliki kadaluwarsa, dan juga mudah diperoleh. Online maupun offline bisa. Sedangkan untuk emas perhiasaan lebih sulit akibat kadar penyusutan tinggi dan karat yang mudah dipalsukan. 

Untuk memudahkan aktivitas pembayaran maupun transaksi bisnis Anda dari rekomendasi cara mendapatkan penghasilan ketika krisis di atas, gunakan YUKK. Platfrom jembatan pembayaran atau payment gateway dengan fitur-fitur YUKK yang lengkap siap mengakomodasi semua kebutuhan dan aktivitas bisnis Anda.

Baca juga9 Alasan Pilih Yukk untuk Bisnis, Bayar Mudah Pelanggan Betah

 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry