Panduan Memilih Crypto yang Bagus & Cuan untuk Pemula

Penjelasan cara memilih aset crypto yang bagus dan menguntungkan untuk investor pemula

Ketika berinvestasi crypto, Anda perlu memiliki pengetahuan tentang cara memilih crypto yang bagus. Dengan begitu, Anda mempunyai peluang lebih besar untuk meraih untung dan sekaligus meminimalkan kerugian. Apalagi, Anda tentu sudah tahu kalau crypto merupakan instrumen investasi yang mempunyai tingkat risiko sangat tinggi. 

Pemilihan aset crypto yang bagus sangat penting. Apalagi, Anda bisa menjumpai berbagai jenis crypto yang ada di pasaran. Tidak hanya Bitcoin, Ethereum, Binance, Solana, ataupun Tether. Anda masih bisa pula menemukan banyak pertimbangan aset crypto lain yang tak kalah menguntungkannya. 

Untuk membantu Anda dalam menentukan aset yang tepat, berikut ini adalah 7 panduan cara memilih crypto yang bagus: 

1. Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan riset secara mendalam terkait target crypto. Pelajari seluk-beluk aset crypto tersebut secara mendalam dan rinci. Anda dapat mengumpulkan informasi dalam berbagai bentuk. 

Contohnya, Anda dapat melakukan riset secara mendalam terkait proyek di balik proyek crypto. Di situ, Anda dapat mencari tahu banyak informasi penting, termasuk di antaranya adalah bagaimana visi ke depan crypto ataupun roadmap yang mereka miliki jelas atau tidak. 

Ada pula pertimbangan untuk melakukan riset dengan memperhatikan tren harga crypto dalam jangka waktu tertentu. Anda bisa melakukan pengamatan fluktuasi harga aset crypto tersebut dalam durasi mingguan dan bahkan bulanan. 

2. Cari Tau Tentang Founder serta Tim Pengembangnya

Mencari tahu informasi founder serta tim pengembang aset crypto

Langkah selanjutnya yang tak boleh Anda lewatkan dalam menentukan pilihan crypto bagus adalah dengan memperhatikan tim pengembang aset crypto tersebut. Cari tahu siapa saja yang terlibat dalam proses pengembangan crypto itu, termasuk founder beserta para stafnya. 

Informasi ini sangat penting, biar dapat Anda manfaatkan sebagai penilaian terkait keterbukaan serta transparansi. Selanjutnya, Anda dapat menggunakan data tersebut untuk mengetahui sejauh mana pengalaman mereka terjun dalam bidang bisnis dan teknologi. 

Hal yang tak kalah penting, Anda dapat pula memperoleh gambaran mengenai visi serta misi founder terhadap crypto yang tengah dikembangkan. Anda bisa tahu apakah mereka mempunyai keinginan untuk mengembangkan dan sekaligus mempertahankan proyek crypto yang tengah berlangsung atau tidak. 

3. Tinjau Kapitalisasi Pasarnya

Cara memilih crypto yang bagus selanjutnya adalah dengan memperhatikan market capitalization (market cap) atau kapitalisasi pasarnya. Kapitalisasi pasar merupakan indikator yang bisa Anda gunakan untuk menilai popularitas serta dominasi dari sebuah aset crypto. 

Anda pun dapat menggunakannya untuk mengetahui tingkat permintaan dan penawaran aset crypto dalam jangka panjang. Anda dapat menghitung market cap sebuah aset crypto dengan menggunakan rumus: jumlah crypto yang beredar x harga satuan aset crypto. 

Anda dapat dengan mudah melakukan pemeriksaan terhadap market cap dari berbagai aset crypto dengan berbagai bantuan tool di internet. Salah satunya adalah Coinmarketcap. Di sini, Anda dapat mengamati market cap dari setiap aset crypto dengan praktis dalam dan mudah.

Dari situ, Anda bisa memilih crypto dengan kapitalisasi pasar yang besar. Hal tersebut mengindikasikan kalau aset crypto itu punya potensi tumbuh lebih stabil dan menguntungkan di masa depan.

4. Perhatikan Likuiditas Aset Crypto

Memperhatikan likuiditas aset crypto

Faktor penting selanjutnya dalam cara memilih crypto yang bagus adalah dengan memperhatikan aspek likuiditasnya. Anda tentu ingin mencari aset investasi crypto yang bisa Anda cairkan dengan mudah, kan? Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan dana investasi crypto untuk berbagai keperluan. 

Oleh karenanya, Anda harus mempertimbangkan pilihan aset crypto yang bisa dijual dengan mudah. Beberapa referensi aset crypto yang mempunyai likuiditas tinggi di antaranya adalah: 

  • Bitcoin
  • Ethereum (ETH)
  • Cardano
  • Solana
  • Binance Coin

5. Pertimbangkan Teknologi

Faktor selanjutnya yang harus Anda cermati dalam pemilihan aset crypto adalah aspek teknologi. Anda perlu mempertimbangkan opsi pada crypto yang memiliki dukungan teknologi solid dan andal. Dengan begitu, crypto tersebut memiliki tingkat keamanan, efisiensi jaringan, serta skalabilitas yang bagus. 

Ingat, crypto adalah aset investasi dibangun dengan pondasi teknologi. Oleh karenanya, Anda harus mengutamakan penggunaan teknologi dalam pengembangan aset crypto tersebut. Contoh kasus terburuk, Anda tidak ingin tiba-tiba kehilangan aset crypto hanya karena buruknya sistem keamanan ekosistem crypto yang Anda miliki, kan? 

6. Tinjau Media Sosial serta Komunitasnya

Meninjau media sosial serta komunitas aset crypto

Komunitas memiliki faktor penting dalam mendorong popularitas sebuah aset crypto. Oleh karenanya, Anda perlu memperhatikan komunitas crypto yang dipilih. Pertimbangkan untuk memilih aset crypto dengan komunitas pengguna yang sangat luas dan banyak diperbincangkan di media sosial. 

7. Membaca Perkembangan Berita Terbaru tentang Crypto yang Ingin Diinvestasikan

Terakhir, seorang investor crypto harus aware terhadap perkembangan terkini dari dunia crypto. Oleh karena itu, Anda perlu membaca berita serta kabar apapun yang berkaitan dengan aset crypto. 

Anda bisa memperoleh berita serta kabar terbaru tentang crypto itu dari mana saja. Tidak hanya dari media sosial ataupun website. Namun, pertimbangkan pula untuk mencarinya dari komunitas para  investor crypto. 

Itulah tips penting tentang cara memilih aset crypto yang bagus, penting bagi para investor crypto pemula. Dengan menerapkan panduan ini, Anda dapat terhindar dari risiko kerugian besar. Selanjutnya, Anda dapat memanfaatkan imbal hasil investasi crypto untuk pengembangan usaha. 

Ada tips tambahan yang bisa Anda perhatikan terkait dengan pengelolaan usaha, khususnya UMKM. Anda dapat memanfaatkan tool YUKK Payment Gateway untuk mengelola dan memproses setiap pembayaran dari para pelanggan.

YUKK Payment Gateway dapat membantu Anda dalam menyediakan sarana pembayaran secara praktis dan modern. Anda bisa melayani berbagai metode pembayaran online cukup dalam satu platform. Pembayaran lancar, bisnis Anda pun bisa berkembang makin besar.  

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry