Tips Manjur Cara Beli Emas yang Aman Biar Terima Banyak Cuan!

Penjelasan cara membeli emas yang tepat dan aman

Emas menjadi salah satu bentuk investasi konvensional yang banyak dipilih masyarakat awam. Apalagi, siapa saja bisa berinvestasi emas dengan mudah, baik membelinya dalam bentuk emas batangan ataupun perhiasan. Meski begitu, Anda tetap perlu tahu cara membeli emas yang tepat dan aman. 

Anda tentu paham kalau emas termasuk salah satu aset berharga. Selain harganya mahal, tingkat permintaannya di pasaran sangat tinggi. Pengetahuan minim tentang emas, bisa membuat Anda menjadi target empuk bagi orang-orang yang ingin mendapatkan untung besar dengan berbagai cara, termasuk melakukan penipuan. 

Oleh karena itu, untuk menghindarkan diri dari berbagai kerugian ketika membeli emas, Anda perlu membekali diri dengan pengetahuan yang mencukupi. Terkait hal ini, ada 8 tips penting yang harus Anda perhatikan biar bisa mendapatkan emas secara tepat, aman, dan untung besar: 

Cari Tahu Dulu Informasi Tentang Emas

Tahap pertama yang perlu Anda lakukan ketika ingin membeli emas secara tepat dan aman adalah dengan mengulik informasinya secara lengkap. Ada banyak informasi penting yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli emas, termasuk di antaranya adalah: 

  • Harga pasaran emas. Ingat, harga emas batangan beda lho dengan emas perhiasan. Selain itu, Anda juga perlu tahu kalau harga emas terus mengalami perubahan. Anda bisa meraih untung besar ketika harga pasaran tengah murah. 
  • Tingkat karat emas. Anda bisa memilih emas dengan berbagai pilihan karat. Untuk investasi, pertimbangkan untuk mengutamakan pilihan pada emas 24 karat. 
  • Pahami cara membedakan emas asli dengan palsu. Apalagi, saat ini banyak orang berpura-pura menjual emas palsu sebagai emas asli. 

Pilih Tempat Pembelian Emas yang Terpercaya dan Memiliki Reputasi Baik

Memilih tempat pembelian emas yang terpercaya merupakan contoh cara membeli emas yang tepat dan aman

Ada banyak tempat yang bisa Anda pilih ketika belanja emas untuk investasi. Namun, kalau ingin cara membeli emas yang tepat dan aman, Anda tak boleh memilihnya sembarangan. Pastikan untuk hanya mempertimbangkan belanja emas di lokasi yang terpercaya. 

Bagaimana cara menemukan tempat untuk membeli emas yang aman dan terpercaya? Anda bisa melakukan pembelian dari mana saja, baik offline maupun online. Namun, Anda perlu memastikan bahwa toko yang dipilih memiliki reputasi yang bagus di mata para pelanggannya. 

Periksa Kondisi Fisik Emas yang Akan Dibeli

Tahap selanjutnya yang perlu Anda cermati saat melakukan pembelian emas adalah dengan memeriksa kondisi fisiknya. Oleh karena itu, Anda perlu mengutamakan pilihan pada emas fisik dibandingkan dengan emas digital. Alasannya, karena Anda dapat melakukan pemeriksaan kondisi emas secara langsung. 

Hal penting yang perlu Anda ketahui, tingkat keaslian emas dapat Anda cek dengan memperhatikan kondisi serta ciri fisiknya, antara lain: 

  • Kilau emas. Emas asli mempunyai warna kuning yang terlihat berkilau terang dan cerah. 
  • Label pabrik. Anda dapat pula menjumpai adanya label pabrik pada emas batangan. Contohnya, emas Antam, UBS, HMT Gold, ataupun King Halim Gold. 
  • Tak mudah berubah warna. Anda perlu curiga kalau menjumpai adanya permukaan emas yang terlihat berubah warna. Emas merupakan jenis logam yang mempunyai tingkat ketahanan tinggi dan tak akan mengalami perubahan warna. 
  • Tak bersifat magnetik. Jadi, Anda bisa mengecek keasliannya dengan mendekatkan emas pada magnet. 

Periksa Kadar Karat

Tidak lupa untuk memeriksa kadar karat emas merupakan contoh cara membeli emas yang tepat dan aman

Karat merupakan indikator yang menjadi parameter dalam menilai kualitas emas. Semakin tinggi kadar karat, maka semakin mahal pula harganya. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan untuk membeli emas yang mempunyai informasi kadar karat secara jelas.

Anda dapat menjumpai emas di pasaran dijual dengan berbagai pilihan karat, mulai dari 8 karat sampai 24 karat. Jika Anda mencari emas batangan, maka pastikan bahwa emas tersebut mempunyai kandungan 99,99% emas atau 24 karat. 

Kalau ingin cara membeli emas yang tepat dan aman dalam bentuk batangan, cermati keberadaan sertifikatnya. Emas batangan 24 karat selalu dijual bersama dengan sertifikat pendukung. Di situ, Anda pun bisa melihat informasi kadar karatnya secara jelas. 

Perhatikan Keaslian Emas

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan ketika ingin mengecek keaslian emas. Selain dengan memperhatikan kondisi fisik, cermati pula keaslian sertifikat pendukungnya. Emas asli bakal mempunyai sertifikat yang bisa Anda cek keasliannya dengan mudah. 

Contohnya, Anda dapat bisa memeriksa tingkat keaslian sertifikat emas Antam menggunakan aplikasi CertiEye. Sementara itu, pemilik emas UBS dapat menggunakan aplikasi UBS Gold yang terdapat fitur UBS Scan & Sure untuk mengecek keaslian sertifikat emas.

Jangan Tergiur dengan Harga yang Terlalu Murah ataupun Mahal

Harga emas yang murah memang dapat membuat Anda tergoda untuk membeli. Namun, jangan terburu-buru untuk membelinya. Bisa saja itu adalah emas palsu atau malah emas hasil curian. Bisa bahaya, kan? Oleh karena itu, pastikan kalau Anda membelinya dari penjual dengan identitas jelas dan bisa dipercaya. 

Gunakan Metode Pembayaran yang Sudah Terpercaya dan Aman

Selanjutnya, Anda perlu memperhatikan pembayaran cara membeli emas yang tepat dan aman. Tujuannya, biar uang hasil pembayaran dapat terkirim ke penjual. 

Simpan Emas dengan Aman

Hal yang tak kalah penting, pastikan Anda menyimpan emas batangan dengan cermat. Kalau jumlahnya masih sedikit, Anda bisa menempatkannya sendiri di rumah. Namun, kalau Anda punya emas dalam jumlah banyak, pertimbangkan untuk memakai fasilitas penyimpanan emas. 

Sekarang, Anda jadi tahu kalau cara membeli emas dengan tepat dan aman tidak sulit, kan? Anda bisa pula melakukannya dengan mudah dan berkesempatan memperoleh banyak cuan dari investasi emas. 

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan cuan hasil untung emas untuk mengembangkan usaha. Salah satunya, bisa Anda manfaatkan untuk menggunakan tool pendukung untuk kenyamanan pelanggan seperti YUKK Payment Gateway

YUKK membantu Anda dalam menyediakan berbagai sarana pembayaran modern cukup dengan satu layanan. Praktis dan membuat pelanggan nyaman, sehingga mereka semakin betah berbelanja. 

Yuk, mulai gunakan YUKK Payment Gateway untuk kenyamanan pembayaran para pelanggan Anda.

Baca juga: Daftar Aplikasi Yukk, Bikin Belanja dan Transfer Nggak Ribet Lagi

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry