Cara Ambil Uang di ATM, Bisa Pakai dan Tanpa Kartu, Praktis Lho!

Cara ambil uang di atm dengan atau tanpa kartu

Anjungan Tunai Mandiri (ATM) masih menjadi sarana praktis untuk melakukan penarikan uang tunai dari rekening. Tanpa perlu pergi ke bank dan bisa ditemukan di berbagai tempat umum. Selain itu, cara ambil uang di ATM saat ini juga kian praktis. Anda bisa melakukannya dengan ataupun tanpa menggunakan kartu debit.

Dengan adanya fasilitas tersebut, metode penarikan uang di ATM kian praktis. Apalagi, ketika Anda berada dalam situasi darurat dan kartu debit tengah tertinggal atau hilang. Anda pun bisa memanfaatkan opsi cara ambil uang di ATM tanpa menggunakan kartu debit. 

Baca juga: 11 Alasan Kenapa Kartu Debit Decline dan Cara Cepat Mengatasinya

Ingin tahu lebih lengkap dan detail cara melakukan penarikan uang di ATM dengan maupun tanpa kartu debit? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya. 

Cara Ambil Uang di ATM dengan Kartu Debit

Cara ambil uang di atm dengan kartu debit

Metode konvensional dalam melakukan pengambilan uang di ATM adalah dengan cara menggunakan kartu debit. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 

  • Masukkan kartu debit ke mesin ATM. Pastikan bahwa Anda memasukkannya dengan posisi yang benar sesuai dengan petunjuk pada mesin
  • Layar akan memberikan opsi jenis bahasa pengantar yang ingin digunakan, apakah ‘Bahasa Indonesia’ atau ‘Bahasa Inggris’. Pilih salah satu
  • Tuliskan PIN dengan benar. PIN ATM terdiri dari kombinasi 6 digit angka dan tekan ‘Enter’
  • Pilih menu ‘Tarik Tunai’ yang muncul di layar
  • Layar akan menampilkan pilihan nominal uang yang bisa Anda tarik. Opsi yang muncul di layar biasanya adalah kelipatan Rp100.000 sampai Rp2.500.000
  • Kalau nominal uang yang Anda tarik tidak ada di layar, bisa memilih opsi ‘Nominal Lainnya’
  • Setelah itu, layar akan meminta Anda untuk memilih nominal uang yang ingin ditarik. Anda bisa memilih uang pecahan Rp50.000 atau Rp100.000. Lalu tuliskan nominal uang di ATM yang ingin Anda ambil
  • Layar akan meminta Anda untuk melakukan konfirmasi pengambilan uang
  • ATM akan memproses penarikan uang yang Anda minta dan tak berapa lama, uang akan muncul dan bisa diambil

Baca juga: Gampang Banget! Ini 7 Cara Mengatasi Uang Hilang di ATM!

Cara Ambil Uang di ATM Tanpa Kartu Debit

Cara ambil uang di atm tanpa kartu debit

Selain menggunakan kartu debit, ada pula opsi cara ambil uang di ATM tanpa menggunakan kartu. Sebagai gantinya, Anda perlu melakukan instalasi aplikasi mobile banking dari bank yang digunakan. 

Baca juga: M Banking Terblokir? Jangan Panik, Cek Solusinya Disini!

Selain itu, Anda perlu tahu kalau tidak semua bank menyediakan fasilitas pengambilan uang di ATM tanpa kartu. Beberapa layanan perbankan di Indonesia yang sudah menghadirkan fasilitas ini di antaranya adalah BCA, BNI, Bank Mandiri, BRI, BSI, dan lain sebagainya.

Baca juga: Biar Nggak Salah Kirim, Ini Daftar Kode Transfer Bank Indonesia

Lalu, bagaimana cara pengambilan uang di ATM tanpa menggunakan kartu debit? Berikut ini adalah langkah-langkahnya: 

  • Datangi mesin ATM di lokasi terdekat
  • Pastikan Anda menggunakan ATM yang dilengkapi dengan fitur penarikan uang tanpa kartu. Indikasinya adalah terdapat opsi ‘Transaksi Tanpa Kartu’ atau yang sejenisnya di layar dan pilih opsi tersebut
  • Layar akan meminta Anda untuk menuliskan nomor telepon yang dihubungkan dengan aplikasi mobile banking
  • Berikutnya, sistem akan mengirimkan kode unik ke nomor telepon. Tuliskan kode unik tersebut pada layar ATM
  • Selanjutnya, Anda perlu mengikuti setiap petunjuk yang muncul sebagai langkah konfirmasi transaksi
  • Jumlah uang yang ingin Anda tarik selanjutnya akan diproses dan dikeluarkan oleh mesin ATM

Dibandingkan dengan penarikan uang menggunakan kartu, mengambil uang di ATM tanpa kartu relatif lebih aman. Apalagi, metode ini bisa menghindarkan Anda dari praktik kejahatan menggunakan alat skimming yang kerap dilakukan oleh para hacker. 

Hanya saja, saat menarik uang di ATM tanpa kartu, pastikan Anda mempunyai paket data internet. Tanpa adanya akses internet, Anda tidak bisa menggunakan aplikasi mobile banking untuk melakukan transaksi via ATM.

Baca juga: Boros Kuota? Ini 7 Tips Menghemat Paket Internet yang Mudah

Tips Aman Cara Ambil Uang di ATM

Tips aman cara ambil uang di atm

Saat melakukan pengambilan uang di ATM, Anda perlu hati-hati karena ancaman kejahatan bisa saja terjadi. Mulai dari perampokan, pembobolan rekening (skimming), hingga hipnotis. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga keamanan saat mengambil uang di ATM. 

Baca juga: Nasabah Kartu Kredit Harus Tahu, Ini 7 Modus Kejahatan Kartu Kredit

Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan berkaitan dengan keamanan saat penarikan uang di ATM, yakni: 

1. Pilih Mesin ATM yang Berlokasi di Pusat Keramaian

Tips pertama yang perlu Anda perhatikan dalam cara ambil uang di ATM dengan aman adalah dengan memperhatikan lokasi. Usahakan untuk memilih lokasi ATM yang berada di pusat keramaian, seperti di minimarket, pasar swalayan, dan lain sebagainya. 

2. Periksa Mesin untuk Mengetahui Ada Tidaknya Alat Skimming

Sebelum memasukkan PIN, ada baiknya Anda memeriksa bagian langit-langit tempat tombol pada mesin ATM. Raba bagian tersebut dan pastikan tidak ada alat mencurigakan yang menempel di sana. 

Pelaku skimming bisa saja melakukan pemasangan alat khusus yang gunanya adalah meng-capture atau merekam data. Berkat alat tersebut, hacker bisa mengetahui PIN Anda dan kemudian memakai kartu khusus untuk membobol rekening. 

3. Jaga Keamanan saat Memasukkan PIN

Cara ambil uang di ATM dengan aman yang selanjutnya adalah memastikan tidak ada orang lain tahu nomor PIN Anda. Apalagi kalau orang tersebut adalah orang asing yang sama sekali tidak Anda kenal. 

Oleh karena itu, saat menuliskan PIN, pastikan untuk menutupi agar orang di belakang Anda tidak mengetahui. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan tangan atau sengaja mendekatkan diri ke mesin. 

4. Periksa Uang yang Diambil dari ATM

Setelah berhasil mengambil uang dari ATM, jangan lupa untuk memeriksanya. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa nominalnya sudah benar. Selain itu, pastikan kalau tidak ada uang yang mengalami kerusakan. 

5. Jangan Tergesa-gesa Meninggalkan Mesin ATM

Tips terakhir biar aman saat mengambil uang di ATM adalah dengan tidak terburu-buru meninggalkan mesin ATM. Pastikan tidak ada barang yang ketinggalan di mesin ATM. Oleh karena itu, periksa setiap barang sebelum meninggalkan ATM. 

Dalam berbagai kasus, banyak orang terburu-buru meninggalkan ATM padahal kartunya masih belum keluar dari mesin. Anda perlu tahu kalau kartu terlalu lama berada di mesin ATM dan belum Anda ambil, maka mesin akan secara otomatis menariknya. 

Baca juga: Ini Cara Mengatasi Kartu ATM Tertelan di Mesin, Tak Perlu Panik!

Itulah tips lengkap cara mengambil uang di ATM. Dari sini, Anda bisa memilih metode yang paling nyaman, baik menggunakan kartu maupun tidak. Selain itu, pastikan Anda untuk selalu berhati-hati dan waspada saat melakukan pengambilan uang. Apalagi, kalau menarik uang dalam jumlah cukup banyak.

Sebagai info tambahan, bagi Anda yang saat ini mempunyai usaha sendiri, pastikan untuk menggunakan layanan pembayaran yang modern dan praktis. Dengan begitu, pelanggan bisa merasa nyaman dalam melakukan pembayaran. 

Anda pun bisa menggunakan layanan dari YUKK Payment Gateway sebagai solusinya. YUKK Payment Gateway memberikan solusi berbagai metode pembayaran digital sekaligus dalam satu layanan. Dengan YUKK Payment Gateway, pelanggan pun bisa menentukan metode pembayaran yang sesuai dan paling nyaman untuk mereka.

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry