Bikin Terenyuh! Gadis Berusia 10 Tahun Ini Hidup untuk Merawat Kedua Adiknya

Gadis 10 tahun hidup untuk merawat kedua adiknya
Xiao dan kedua adiknya (Foto: viral4real.com)

Usianya baru 10 tahun. Seharusnya, pada usia seperti itu, dunianya penuh dengan warna-warni; penuh dengan keceriaan; penuh dengan keriangan. Seharusnya dia bermain bersama teman-temannya: berlarian, melompat, berjinjit, dan lain-lain.  Seharusnya dia menari, bernyanyi, berteriak, dan lain sebagainya. Seharusnya seperti itu.

Usianya baru 10 tahun. Pada usia itu, seharusnya dia belum mengenal apa artinya “memikul tanggung jawab”. Mencari nafkah dan mengurus rumah tangga seharusnya bukanlah tanggung jawabnya. Itu tanggung jawab kedua orang tuanya.

Gadis 10 tahun hidup untuk merawat kedua adiknya
Pulang sekolah, Xiao memasak untuk kedua adiknya (Foto: en.goodtimes.my)

Seharusnya memang seperti itu. Namun, kenyataan berjalan lain. Bahkan sangat lain. Pada usia yang masih sangat kecil itu, dia memikul tanggung jawab yang sangat besar: menjadi ibu sekaligus ayah untuk kedua adiknya. Gadis kecil berusia 10 tahun dengan tanggung jawab yang melebihi kemampuan dan dunianya itu adalah Xiao Ying dari China.

Dilansir laman viral4real.com dan goodtimes.my, Xiao tidak bisa menikmati masa kecilnya seperti anak-anak lainnya karena “dihadang” tanggung jawab yang besar. Setelah ayahnya meninggal beberapa tahun lalu karena kanker dan ibunya pergi meninggalkan mereka sambil membawa semua tabungan, ia harus berdiri sebagai ayah sekaligus ibu untuk kedua adiknya. Ia harus menjaga, merawat, dan menghidupi kedua adiknya.

Gadis 10 tahun hidup untuk merawat kedua adiknya
Xiao berangkat ke sekolah bersama kedua adiknya (Foto: en.goodtimes.my)

Saat ini, Xiao dan kedua adiknya tinggal bersama paman mereka. Namun, mereka tidak menyusahkan sang paman. Pada suatu kesempatan, sang paman meminta izinnya untuk mengadopsi kedua adiknya. Namun, ia menolak. Ia berjanji bahwa ia akan bisa menjadi ayah sekaligus ibu untuk kedua adiknya. Dan ia memastikan kepada pamannya bahwa mereka akan baik-baik saja.

Ia memang memenuhi janjinya untuk menjadi ayah sekaligus ibu untuk kedua adiknya. Setiap hari, ia mengerjakan semua pekerjaan rumah: memasak, membersihkan rumah, dan menyiapkan makanan untuk adik-adiknya.

Gadis 10 tahun hidup untuk merawat kedua adiknya
Xiao tetap setia menjaga kedua adiknya sekalipun sering dibuat kesal (Foto: viral4real.com)

Setiap pagi, ia menyiapkan semua perlengkapan adik-adiknya. Lalu bertiga mereka berangkat ke sekolah. Pada siang hari, setelah jam pelajaran berakhir, ia bergegas pulang untuk menyiapkan makanan.

Ia selalu menyisihkan sebagian roti yang dibagikan di sekolah untuk kedua adiknya. Jika kedua adiknya belum pulang karena keasyikan bermain, ia pasti bergegas mencari. Kadang-kadang ia marah ketika adik-adiknya keras kepala. Namun, biasanya ia kembali tertawa ketika adik-adiknya berbuat usil.

Gadis 10 tahun hidup untuk merawat kedua adiknya
Xiao menjadi guru untuk adik-adik kelasnya (Foto: en.goodtimes.my)

Lalu bagaimana dengan sekolahnya? Inilah istimewanya Xiao. Sekalipun sibuk mengurus kedua adiknya, ia tidak melupakan pendidikannya. Ia justru tercatat sebagai salah satu murid berprestasi di sekolahnya. Itulah mengapa ia diberikan beasiswa penuh oleh pihak sekolahnya. Dipilih sebagai ketua kelas dan bahkan menjadi guru untuk adik-adik kelasnya.

#YUKKpakeYUKK

 

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry