Berkat JKN-KIS, Perempuan Ini Bebas dari Biaya Persalinan Prematur

News | 29 November 2021
Berkat JKN-KIS, Perempuan Ini Bebas dari Biaya Persalinan Prematur
Kartu BPJS (Foto: Istimewa)

Makin banyak orang yang merasakan manfaat dari program BPJS Kesehatan. Salah satunya adalah Nurul Herawati. Perempuan berusia 20 tahun dari Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, ini tidak mengeluarkan uang sepeser pun ketika melahirkan anak pertamanya melalui operasi Caesar.

Pada awalnya, tidak ada masalah dengan kehamilannya. Semuanya berjalan normal. Selama itu, dia rutin memeriksakan kondisinya. Dia tidak mengeluarkan uang sepeser pun karena dia menggunakan kartu JKN-KIS. Dia memang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dari tanggungan sang suami yang bekerja pada salah satu perusahaan milik pemerintah daerah.

“Sejak awal kehamilan, saya telah memanfaatkan kartu JKN-KIS mulai dari pemeriksaan biasa hingga ultrasonografi (USG), tanpa membayar sepeser pun. Cukup membawa kartu JKN-KIS saja asalkan sesuai dengan prosedur pelayanan,” katanya seperti dikutip YUKK dari detikHealth.

Berkat JKN-KIS, Perempuan Ini Bebas dari Biaya Persalinan Prematur
Nurul Herawati (Foto: BPJS Kesehatan)

Masalah baru muncuk ketika usia kandungannya 7 bulan. Pada waktu itu, tiba-tiba terjadi kontraksi. Segera dia dilarikan ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter menunjukkan bahwa ketubannya pecah. Menurut dokter, dia harus segera dioperasi. Dan dia dirujuk ke sebuah rumah sakit di kota Kendari.

Dia benar-benar panik. Selain karena dia harus berjuang di antara hidup dan mati, juga karena dia tahu bahwa biaya operasi tidaklah sedikit. Dan dia tidak punya uang sebanyak itu.

“Saat itu, perasaan cemas mulai muncul. Terpikir dengan keselamatan anak dan biaya rumah sakit yang mungkin saja tidak ditanggung karena tindakan operasi yang mahal,” katanya.

Berkat JKN-KIS, Perempuan Ini Bebas dari Biaya Persalinan Prematur
Petugas BPJS Kesehatan (Foto: sidoarjonews.id)

Ternyata dia tidak harus mengeluarkan uang sepeser pun. Semua biaya persalinan prematur anaknya itu ditanggung oleh program BPJS Kesehatan.

“Alhamdulillah, anak saya lahir dengan selamat dan biaya operasi juga ditanggung oleh Program JKN-KIS,” katanya.

Berangkat dari pengalaman itu, dia berharap agar masyarakat terus mendukung program JKN-KIS ini karena memberikan manfaat yang besar.

“Pengalaman ini akan saya bagikan kepada seluruh orang terdekat agar mereka tidak ragu untuk menggunakan kartu JKN-KIS. Asalkan sesuai dengan prosedur dan kartunya aktif, pasti akan dilayani dan dijaminkan biayanya,” ungkapnya.

Berkat JKN-KIS, Perempuan Ini Bebas dari Biaya Persalinan Prematur
Bayar iuran BPJS Kesehatan lewat YUKK (Gratis: YUKK)

Membayar iuran secara rutin akan mempermudah BPJS Kesehatan memberikan pelayanan maksimal kepada setiap peserta. Iurannya lebih murah. Metode pembayarannya pun sudah makin mudah.

Saat ini, kamu bisa membayar iuran BPJS Kesehatan melalui aplikasi YUKK. Lebih cepat dan efektif. Selain itu, ada cashback. Cashback diberikan dalam bentuk YUKK Point yang bisa digunakan untuk berbelanja atau melakukan banyak transaksi lainnya.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry