Berat Badanmu Tidak Turun? Bisa Jadi karena 4 Kesalahan Saat Memasak Ini

Kesalahan dalam memasak yang menyebabkan berat badan tidak turun
Ilustrasi (Foto: reudoc.com)

Ada banyak hal yang menyebabkan berat badanmu bisa naik atau turun. Salah satunya adalah makanan yang kamu konsumsi. Jika yang kamu konsumsi adalah makanan yang mengandung banyak lemak, karbohidrat, dan gula, jangan mengeluh ketika berat badanmu tidak kunjung turun.

Lalu bagaimana mengontrol kadar berbagai kandungan itu agar tidak berlebihan? Cara paling mudah adalah memasak sendiri apa yang akan kamu konsumsi. Itulah mengapa orang yang ingin menurunkan berat badan tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan cepat saji.

Yang kemudian menjadi persoalan adalah badan tetap saja tidak turun sekalipun makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang dimasak sendiri di rumah. Kalau begitu, apa yang salah? Apa yang membuat makanan yang kamu masak tidak bisa membuat kamu langsing seperti yang kamu harapkan?

Dari hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Public Health Nutrition diketahui bahwa memasak makanan sendiri di rumah dapat membantu orang untuk menentukan kadar kandungan yang dibutuhkan: lebih sedikit lemak, karbohidrat, dan gula. Namun, itu tidak berarti bahwa kamu boleh makan apa saja dan memasak dengan cara apa saja.

“Makanan yang dimasak di rumah akan sama tidak sehatnya dengan di restoran bila kamu menggunakan bahan-bahan yang tidak sehat. Metode memasak yang salah dan tidak memperhatikan porsi juga amat berpengaruh,” kata Jackie Topol, MS, RD, ahli gizi di New York, Amerika Serikat, seperti dilansir kompas.com.

Berikut ini adalah 4 kesalahan dalam memasak yang sering tidak kamu sadari, tetapi bisa membuat berat badan kamu tidak turun:

Minyak yang banyak

Kesalahan dalam memasak yang menyebabkan berat badan tidak turun
Ilustrasi (Foto: Brilio)

Banyak orang menambahkan banyak minyak dalam masakan, tapi tidak tahu berapa banyak kalori yang mereka konsumsi. Mereka tidak sadar bahwa makanan dapat menyerap minyak. Dengan demikian, jumlah kalori bertambah. Oleh karena itu, selalu gunakan minyak yang mengandung lemak sehat seperti minyak zaitun saat memasak. Takarannya tidak boleh terlalu banyak. Cukup dua sendok teh yang mengandung sekitar 80 kalori.

Patuh pada resep

Kesalahan dalam memasak yang menyebabkan berat badan tidak turun
Ilustrasi (Foto: Hipwee)

Resep yang kamu dapatkan dari televisi dan buku resep mungkin menarik. Namun, bisa jadi itu tidak begitu bagus untuk ukuran pinggang Kamu. Jadi, jangan ragu untuk beradaptasi. Sederhananya begini: jika dalam resep itu kamu diharuskan menggunakan pasta biasa, kamu bisa menukarnya dengan gandum utuh.

Hindari rempah-rempah

Kesalahan dalam memasak yang menyebabkan berat badan tidak turun
Ilustrasi (Foto: google)

Banyak orang tidak terlalu suka menggunakan banyak rempah dalam masakan. Mereka tidak tahu bahwa rempah-rempah seperti kunyit, jahe, lengkuas, dan sebagainya bisa mengurangi jumlah kalori. Selain itu, rempah-rempah juga mengandung antioksidan yang bisa membantu mencegah dan mengatasi penyakit tertentu.

Mencicipi masakan berulang-ulang

Kesalahan dalam memasak yang menyebabkan berat badan tidak turun
Ilustrasi (Foto: google)

Ini yang sering dilakukan orang. Mereka berulang-ulang kali mencicipi masakan yang sudah matang. Mereka tidak sadar bahwa dengan mencicipi makanan itu, mereka memasukkan beberapa kilo kalori ke dalam tubuh mereka. Jadi, jangan terlalu rajin untuk mencicipi makanan yang sudah matang.

 

#YUKKpakeYUKK

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry