Benarkah Minum dan Mandi Air Panas Bisa Bunuh Virus Corona?

Benarkah minum air hangat bisa membunuh virus Corona?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Sejak Maret lalu, tepatnya sejak Indonesia dinyatakan positif Covid-19, banyak orang membuat kebiasaan baru: setiap hari minum air hangat. Mengapa air hangat? Karena air hangat dianggap bisa membunuh virus Corona.

Benarkah anggapan itu? Benarkah minum dan mandi air hangat bisa membunuh virus Corona?

Benarkah minum air hangat bisa membunuh virus Corona?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Menurut dr. Sumardi, Sp.PD., KP., FINASIM, Pakar Penyakit Dalam Spesialis Paru-Paru (Internis Pulmonologist) FKKMK Universitas Gadjah Mada (UGM), klaim itu tidaklah benar. Minum dan mandi air panas tidak lantas membunuh SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19. Virus baru mati dalam air bersuhu sangat tinggi.

“Klaim itu tidak benar. Minum maupun mandi air panas tidak bisa membunuh Covid-19,” katanya seperti dikutip YUKK dari situs resmi UGM.

Benarkah minum air hangat bisa membunuh virus Corona?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Dari hasil penelitian terhadap virus SARS yang dilakukan pada tahun 2003 lalu diketahui bahwa virus baru mati pada suhu lebih dari 58 derajat Celcius. Itu berarti bahwa dir dengan suhu yang tinggi seperti itu tidak bisa digunakan untuk minum atau mandi. Yang bisa diminum atau digunakan untuk mandi adalah air hangat yang suhunya kurang dari 58 derajat Celcius.

Tambahan lagi, virus Corona berada di dalam sel tubuh. Dan tubuh secara otomatis akan mengatur suhunya ketika mendapatkan serangan virus.

“Kalau ada virus yang masuk ke tubuh, maka suhu tubuh akan naik dengan sendirinya untuk menetralkan virus. Jadi, tidak perlu minum atau mandi air panas karena justru akan mengacaukan sistem tubuh,” katanya.

Benarkah minum air hangat bisa membunuh virus Corona?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Pada sisi lain, menurutnya, minum air panas terlalu sering bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya adalah melemahkan lambung. Dan terlalu sering mandi air panas merusakkan kulit dan membuat kulit kering.

Lalu apa cara terbaik untuk membunuh virus yang menempel pada tubuh? Cara terbaik adalah dengan mencucinya dengan sabun atau handsanitizer.Selain itu, dr. Sumardi mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan seperti melakukanphysical distancing, menjauhi kerumunan, memakai masker, dan menjalani pola hidup bersih dan sehat.

 

 

#YUKKpakeYUKK

#BelanjaOnlinePakaiYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry