Begini Memilih Menu Sahur yang Sehat

Begini Memilih Menu Sahur yang Sehat
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Apa yang kamu makan dan minum saat sahur akan mempengaruhi jalannya puasamu sepanjang hari. Jika yang kamu makan dan minum memenuhi kebutuhan tubuhmu akan gizi, maka kamu pasti bisa berpuasa hingga saatnya berbuka nanti. Jika tidak, maka kamu bisa berhenti di tengah jalan.

Menu seperti apa yang harus kamu konsumsi agar puasamu lancar? Menu seperti apa yang harus kamu hindari supaya tidak mengganggu jalannya puasamu? Berikut ini ada beberapa menu yang harus ada saat sahur dan yang harus kamu hindari seperti yang dikutip YUKK dari beberapa sumber:

Harus ada karbohidrat

Begini Memilih Menu Sahur yang Sehat
Nasi merah (Foto: klikdokter.com)

Menu sahurmu harus mengandung karbohidrat. Mengapa? Karena tubuh membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi. Salah satu contohnya adalah nasi putih.  Jika kamu ingin merasa kenyang lebih lama, pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Misalnya, nasi merah, roti gandum, oatmeal, dan sereal.

Harus ada protein

Begini Memilih Menu Sahur yang Sehat
Telur (Foto: Freepik)

Mengapa harus ada protein? Karena protein akan menjadi cadangan energi selama berpuasa. Ikan adalah salah satu sumber protein tinggi. Selain ikan, kamu bisa memilih daging ayam, daging sapi, telur, dan kacang-kacangan.

Harus ada buah dan sayur

Begini Memilih Menu Sahur yang Sehat
Sayur dan buah (Foto: Freepik)

Yang juga harus ada di dalam menu sahurmu adalah buah-buahan dan sayur. Keduanya mengandung banyak serat dan bisa menjadi cadangan energi. Salah satu jenis sayuran yang bisa kamu pilih karena lebih mudah diolah adalah bayam. Sayur ini mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Hindari yang pedas dan bersantan

Begini Memilih Menu Sahur yang Sehat
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Sangat disarankan untuk menghindarimakanan yang bersantan. Mengapa? Karena santan sulit dicerna dengan sempurna. Efeknya adalah bisa membuat asam lambung naik.

Hindari gorengan

Begini Memilih Menu Sahur yang Sehat
Ilustrasi (Foto: klikdokter.com)

Jangan makan gorengan. Kamu harus tahu bahwa selama berpuasa, cairan dalam tubuh akan berkurang. Efeknya adalah tenggorokan akan kering. Jika kamu makan gorengan, lapisan mukosa tenggorokanmu akan teriritasi. Selain itu, minyak goreng mengandung lemak trans yang bisa memicu kanker.

Hindari yang berpengawet

Begini Memilih Menu Sahur yang Sehat
Ilustrasi (Foto: klikdokter.com)

Sangat disarankan untuk mengindari makanan instan.
Ada banyak makanan instan yang mengandung pengawet. Bahan pengawet sangat berbahaya terhadap tubuh. Selain itu, makanan instan juga tidak bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry