Begini Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Begini Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Berat badan naik setelah Lebaran? Itu bukan hal yang baru. Dari dulu orang mengeluhkan hal itu. Mengapa setiap kali Lebaran berat badan selalu naik?

Selama Ramadan, banyak orang mengalami penurunan berat badan. Pada orang tertentu, penurunan berat badan itu ternyata cukup signifikan. Namun, setelah Lebaran, berat badan justru naik.

Begini Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Mengapa demikian? Karena pada hari Lebaran, orang mengonsumsi apa saja yang dihidangkan. Ketupat, opor ayam, sambal ati, rendang, kue kering, sirup, dan minuman manis lainnya. Makanan-makanan ini mengandung kalori yang tinggi. Bahkan, Ika Setyani, seorang ahli gizi, menyebut bahwa konsumsi 3—4 potong nastar sama dengan makan nasi berukuran 100 g (8—10 sendok nasi).

Lalu bagaimana caranya menurunkan berat badan yang naik tiba-tiba itu? Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

Tetapkan target

Begini Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengukur berat badanmu. Berapa berat badanmu? Setelah itu, cari tahu berat badan ideal. Kamu harus tahu bahwa berat badan ideal tergantung pada tinggi badan dan jenis kelamin. Selanjutnya adalah tetapkan target berapa banyak yang akan kamu kurangi atau turunkan. Target ini membantumu untuk tetap termotivasi menjalani diet.

Nutrisi seimbang

Begini Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Langkah kedua yang harus kamu lakukan adalah mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang, yakni yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Jangan mengonsumsi makanan tinggi kalori seperti makanan cepat saji, makanan manis, dan gorengan. Makanan-makanan ini membuat lemak terus menumpuk.

Atur porsi makanan

Begini Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, jangan mengonsumsi makanan secara berlebihan. Ikuti rekomendasi dari Kementerian Kesehatan: dalam satu piring, 1/3 bagian adalah makanan pokok (setara 150 g nasi), 1/3 bagian lainnya adalah sayuran (150 g sayur), dan 1/3 lainnya adalah gabungan protein dan buah.

Olahraga secara teratur

Begini Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Lakukan olahraga secara teratur. Olahraga dapat membantu membakar kalori lebih cepat. Pilihlah olahraga yang kamu sukai. Orang dewasa direkomendasikan untuk berolahraga 150 menit setiap minggu atau 5 kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit

Minum yang cukup

Begini Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Dalam proses penurunan berat badan, asupan cairan sangat penting. Cairan akan membantu proses metabolisme tubuh. Oleh karena itu, minumlah air putih 8 gelas per hari atau sebanyak 2 liter.

Istirahat yang cukup

Begini Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Beristirahatlah yang cukup. Istirahat yang cukup akan membantu proses penurunan berat badan. Saat tidur, tubuh memperbaiki sel-sel yang sudah rusak. Setiap orang dewasa direkomendasikan tidur 7—9 jam per hari.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry