Begini Cara Memilih Payment Gateway yang Tepat

Begini Cara Memilih Payment Gateway yang Tepat
Ilustrasi (Foto: Crello)

Transaksi dalam jaringan (online) meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. Hasil survei menunjukkan bahwa konsumen lebih memilih transaksi dalam jaringan daripada transaksi konvensional. Selain karena lebih cepat, tetapi juga karena transaksi dalam jaringan lebih aman dan lebih mudah.

Perubahan pola berbelanja atau transaksi ini menuntut para pelaku bisnis untuk memilih sistem pembayaran (payment gateway) yang tepat. Sistem pembayaran yang bisa mengakomodir berbagai metode pembayaran. Sistem pembayaran yang tidak hanya menguntungkan pelaku bisnis, tetapi juga konsumen.

Bagaimana memilih payment gateway yang tepat? Berikut ini ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan:

Apakah mudah dipakai untuk bertransaksi?

Begini Cara Memilih Payment Gateway yang Tepat
Ilustrasi (Foto: Crello)

Kamu ingin bisnismu lebih berkembang, bukan? Oleh karena itu, payment gateway yang kamu pilih itu harus bisa mendukung bisnismu. Mendukung dalam arti apa? Dalam arti membuat proses transaksi menjadi lebih lancar, cepat, dan mudah. Jika proses transaksi lancar, mudah, dan cepat, penjualan kamu pasti akan meningkat. Ingat, dari transaksi yang cepat dan aman akan muncul pelanggan yang loyal.

Apakah transaksimu aman?

Begini Cara Memilih Payment Gateway yang Tepat
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Apakah sistem pembayaran yang kamu pilih itu mendukung transaksi yang aman? Apakah sistem pembayaran itu mengharuskan konsumen memasukkan nomor rekening secara manual (yang bisa memicu terjadinya kesalahan seperti kelebihan atau kekurangan bayar dan salah transfer)? Apakah sistem itu tidak membuka kemungkinan terjadinya penipuan seperti konsumen belum membayar, tapi mengaku sudah membayar dengan cara mengirimkan bukti transaksi palsu?

Pastikan sistem payment gateway yang kamu pilih itu sudah dilengkapi dengan fraud detection system. Sistem ini akan mencegah terjadinya kecurangan dalam proses transaksi. Sistem ini mampu mendeteksi apakah transaksi tersebut mengarah kepada penipuan ataupun pencurian. Jika terjadi transaksi yang mencurigakan, kamu akan diberikan notifikasi.

Berapa channel pembayaran?

Begini Cara Memilih Payment Gateway yang Tepat
Ilustrasi (Foto: YUKK)

Jika kamu ingin bisnismu lebih berkembang, kamu harus menerima banyak metode pembayaran. Mengapa? Karena pelangganmu pasti lebih memilih metode pembayaran yang mereka sukai. Ada yang memilih akun virtual, ada yang memilih kartu kredit, dan yang lain memilih dompet digital. Oleh karena itu, jika kamu memilih payment gateway, pastikan payment gateway itu menyediakan banyak metode pembayaran. Mulai dari pembayaran melalui gerai ritel seperti Indomaret dan Alfamart hingga e-wallet.

Salah satu payment gateway yangmemenuhi ketiga syarat itu adalah YUKK.Transaksimu melalui YUKK dijamin aman karena YUKK sudah mengantongi izin dari Bank Indonesia untuk menjadi penerbit uang elektronik, penyelenggara transfer dana, dan penyelenggara QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Selain itu, YUKK juga sudah terdaftar sebagai anggota ASPI (Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia).

Begini Cara Memilih Payment Gateway yang Tepat
(Foto: Dok. YUKK)

Ada beragam metode pembayaran yang dihadirkan YUKK. Konsumen bisa memilih QRIS, baik QRIS statis maupun QRIS dinamis. Bisa juga dengan virtual account, kartu kredit, convenience store (Indomaret dan Alfamart), dan e-wallet (Shopee Pay, Link Aja, Dana, dan Ovo).

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry