Begini Cara Memilih Jilbab Sesuai dengan Bentuk Wajah

Tips memilih jilbab sesuai dengan bentuk wajah
Ilustrasi (Foto: fustany.com)

Siapa bilang kamu tidak bisa tampil modis? Siapa bilang kamu tidak bisa menjadi pusat perhatian orang hanya karena kamu memakai jilbab? Kamu harus tahu bahwa jilbab bukanlah halangan.

Sudah banyak muslimah berhijab yang menjadi trendsetter. Mereka menjadi referensi banyak orang. Apa yang mereka kenakan dan bagaimana mereka mendandani diri mereka diikuti dan ditiru oleh orang lain.

Jika kamu ingin bergaya dengan jilbab atau hijabmu, yang harus kamu perhatikan adalah apakah jilbab atau hijab itu sudah sesuai dengan bentuk wajahmu atau tidak. Jika kamu salah memilih hijab, penampilanmu tidak akan menarik. Bahkan mungkin akan terlihat aneh.

Berikut ini beberapa panduan untuk memilih hijab sesuai dengan bentuk wajah:

Wajah Bulat

Tips memilih jilbab sesuai dengan bentuk wajah
Ilustrasi (Foto: VK)

Jika wajahmu bulat dan pipimu tembam, jilbab yang tepat untukmu adalah jilbab yang bisa menutupi sebagian luar pipimu. Tambahan inner yang menutupi kepalamu hingga bawah telinga akan membuat kamu terlihat semakin cantik.

Untuk membuat kesan wajahmu terlihat lebih ramping, pilihlah jilbab dengan bahan loose. Bahan jilbab seperti rajut ringan, chiffon, dan crepe akan memberi dimensi antara wajah dan kerudung, sehingga menyamarkan pipi yang tembam.

Kamu juga bisa memilih hijab dengan potongan asimetris yang salah satu sisi kerudung menutupi sebagian pipi. Jilbab seperti ini akan memberi jarak antara wajah dan kerudung. Namun, hindari jilbab berbahan chiffon sutra karena akan mempertegas tekstur wajahmu yang bulat.

Wajah Oval

Tips memilih jilbab sesuai dengan bentuk wajah
Ilustrasi (Foto: Castrocorp)

Wajahmu oval? Beruntunglah kamu! Semua model hijab akan tampak serasi di wajahmu. Kamu bisa mencoba beragam style hijab yang ada. Misalnya, jilbab yang terbuka pada area tulang pipi di sekitar telinga hingga dagu. Jenis jilbab seperti itu akan membuat wajahmu terlihat semakin manis dan menonjol.

Wajah Lonjong

Tips memilih jilbab sesuai dengan bentuk wajah
Ilustrasi (Foto: Indulgy)

Kalau kamu punya bentuk wajahmu lonjong, jilbab yang tepat untukmu adalah jilbab Turki atau Arab. Potongan hijab seperti itu menggunakan dalaman hingga dahi, sehingga mengurangi efek wajah yang panjang dan memberian kesan wajah penuh dan padat.

Kamu juga bisa menata rambut dengan model cepol belakang untuk membuat bentuk kepala lebih bagus dan seimbang dengan wajahmu. Untuk memberi kesan lebih bervolume pada bagian kepala, kamu bisa mencoba gaya turban atau inner bandana dengan aksen bertumpuk.

Wajah Persegi

Tips memilih jilbab sesuai dengan bentuk wajah
Ilustrasi (Foto: Pexels)

Jenis jilbab yang cocok untuk pemilik wajah persegi adalah jilbab yang dapat menutupi bagian dahi, dagu, dan kedua sisi rahang. Dengan demikian, wajahmu akan terlihat lebih oval atau bulat.

Salah satu cici dari bentuk wajah seperti ini adalah jarak lebar antara pelipis dan pangkal rahang sama. Untuk menyamarkan garis wajah yang tajam, pakailah ciput ninja dan jilbab rounded shape. Pilih jilbab berwarna lembut, pastel atau gradasi lembut, sehingga wajahmu terlihat lebih penuh.

Wajah Bentuk Hati

Tips memilih jilbab sesuai dengan bentuk wajah
Ilustrasi (Foto: Saqina)

Wajah berbentuk hati umumnya kecil. Jarak antara mata dan dahi cukup dekat. Bentuk wajah seperti ini sangat cocok dengan jilbab praktis jenis bergo atau gipsi. Jangan pilih jilbab model layering karena akan membuat wajahmu terlihat semakin kecil dan tenggelam.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry