Begini Cara Cerdas Menghemat Listrik

Ilustrasi (Foto: Freepik)

Tagihan bulananmu terus membengkak dari bulan ke bulan? Atau bujet untuk pulsa listrik prabayarmu terus bertambah? Jika ya, berarti ada yang “salah” dalam pemakaian listrikmu.

Dalam situasi yang sulit seperti saat ini, hemat listrik adalah salah satu cara jitu untuk bertahan hidup. Jika pos pengeluaran untuk listrik berkurang atau bisa diminimalisir, kamu akan punya tabungan untuk keperluan lainnya. Misalnya, untuk membeli makanan, membiayai pengobatan, dan lain-lain.

Itu satu hal. Hal lainnya adalah hemat listrik berpengaruh sangat besar terhadap kesediaan sumber energi listrik. Perlu diketahui bahwa pembangkit listrik adalah bahan bakar fosil. Jika digunakan terus-menerus, maka sumber bahan bakar fosil ini bisa habis. Jika habis, maka pasokan listrik akan berkurang karena bahan bakar fosil ini tidak bisa diperbarui dalam waktu yang singkat.

Lalu bagaimana caranya menghemat listrik? Ada beberapa cara cerdas menghemat listrik yang bisa mulai kamu terapkan di rumahmu. Cara-cara ini dihimpun YUKK dari berbagai sumber.

Matikan jika tidak diperlukan

Begini Cara Cerdas Menghemat Listrik
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Banyak orang sering membiarkan lampu kamar mandi atau toilet menyala sepanjang hari. Ada juga yang membiarkan lampu kamar tidur menyala sepanjang hari bahkan ketika kamar tidak sedang digunakan. Dan ada orang yang karena tidak bisa tidur dalam gelap, membiarkan lampu kamar menyala sepanjang malam.

Itu adalah cara yang salah. Jika tidak lagi diperlukan, matikan saja lampumu. Jika kamu tidak bisa tidur dalam kamar yang gelap, sebaiknya gunakan lampu dengan watt yang lebih kecil.

Atur pemakaian alat elektronik berdaya besar

Begini Cara Cerdas Menghemat Listrik
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Apa saja alat elektronik dengan daya besar yang ada di rumahmu? Ada air conditioning (AC)? Ada water heater? Ada rice cooker? Ada mesin cuci? Ada kulkas?

Jika kamu memiliki satu dari beberapa alat elektronik itu, berarti kamu sudah seharusnya tahu bahwa tagihan listrikmu tidak sedikit. Apalagi jika semua alat elektronik itu digunakan secara bersamaan. Misalnya, kamu menyalakan AC ketika mesin cuci sedang digunakan pembantumu, dan suami atau istrimu menghidupkan water heater.

Supaya tagihan bulananmu tidak terus-menerus membengkak, atur pemakaian alat-alat elektronik berdaya besar itu. Misalnya, matikan AC dan water heaterketika kamu sedang menggunakan mesin cuci. Atau gunakan mesin cuci hanya 2 kali seminggu.

Cabut steker jika tidak digunakan

Begini Cara Cerdas Menghemat Listrik
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Jangan berpikir bahwa menekan tombol “off” pada steker sudah cukup untuk memutus listrik. Jangan berpikir bahwa mencabut kabel USB dari telepon genggammu ketika baterai sudah terisi penuh sudah cukup tanpa harus mencabut charger dari steker. Jangan berpikir seperti itu!

Steker yang terpasang tetap menyedot listrik sekalipun tidak di-on-kan. Demikian juga chargertelepon genggam, kipas angin, dispenser, dan lainnya.

Ganti lampu

Begini Cara Cerdas Menghemat Listrik
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Mau hemat listrik? Pakai cara ini: ganti lampu biasa dengan lampu LED. Memang harga lampu LED ini sedikit lebih mahal. Namun, lampu ini tidak mengonsumsi daya listrik listrik sebanyak yang dikonsumsi lampu biasa. Bahkan lampu LED 7 watt dari merek tertentu setara dengan bohlam 60 watt.

Gunakan air panas untuk memasak nasi

Begini Cara Cerdas Menghemat Listrik
Ilustrasi (Foto: YouTube)

Cara ini memang sangat sederhana. Namun, cara ini bisa menghemat listrik. Pasalnya proses memasak nasi menjadi lebih cepat. Dengan demikian, penggunaan listrik menjadi lebih singkat.

Jangan buka-tutup kulkas terlalu sering

Begini Cara Cerdas Menghemat Listrik
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Membuka dan menutup pintu kulkas terlalu sering bisa membuat konsumsi daya listrik melonjak. Mengapa? Karena setelah dibuka dan ditutup, kulkas membutuhkan waktu untuk menyesuaikan kembali suhunya. Dan ini menyedot daya listrik yang besar.

Selain itu, perhatikan isi kulkas. Jangan terlalu penuh. Juga jangan kosong. Kulkas yang terlalu penuh isinya atau kosong membuat mesin bekerja lebih keras untuk menyesuaikan suhu. Oleh karena itu, isilah kulkasmu secukupnya: tidak terlalu penuh.

Mengingat pandemi memicu resesi yang besar, maka menghemat listrik adalah langkah yang sangat bijaksana. Termasuk di dalamnya memanfaatkan promosi dan berbagai kemudahan yang diberikan penyedia layanan pembayaran tagihan listrik dan lainnya. Pada umumnya, penyedia layanan itu memberikan cashback dengan nilai yang cukup besar.

Begini Cara Cerdas Menghemat Listrik
Promo YUKK (Grafis: YUKK)

Salah satunya adalah YUKK. Pengguna listrik, baik prabayar maupun pascabayar, bisa melakukan pembayaran iuran bulanan atau pembelian token melalui YUKK. Selain lebih cepat, juga lebih hemat.

Saat ini, YUKK memberikan cashbackdalam bentuk YUKK Point dengan jumlah maksimal mencapai 50.000 poin. Poin-poin itu bisa digunakan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain melalui aplikasi YUKK. Misalnya, membayar iuran BPJS Kesehatan, angsuran, dan lainnya.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry