Bahaya Ice Smoke, Es Ciki Kebul yang Bikin Bocah Ponorogo Terbakar

Bahaya Ice Smoke, Es Ciki Kebul yang Bikin Bocah Ponorogo Terbakar
Jajanan Ice Smoke (Foto: detikcom)

Anakmu minta dibelikan ice smoke? Jangan mudah mengabulkannya. Jajanan itu sudah makan korban.  Seorang bocah di Ponorogo, Jawa Timur, terbakar setelah membeli jajanan ice smoke.

Peristiwa itu terjadi pada Selasa (12/7) sore di Desa Ngasinan. Ketika itu, Sutrisno dan anaknya hendak menonton pertunjukan reog. Di situ, ada seorang pedagang menjual jajanan Es Smok. Lantaran penasaran, sang anak minta dibelikan seporsi Es Semok.

Pedagang itu mengambil jajanan dan mencampurkannya dengan nitrogen cair.

“Baru lepas dari tangan penjualnya, dibawa anak saya, tiba-tiba keluar api. Langsung membakar anak saya. Jajanannya semacam jajanan yang diberi nitrogen cair. Baru dipegang anak saya, satu menit, langsung terbakar. Tidak tahu sumber api dari mana,” ceritanya seperti dikutip dari detikcom.

Peristiwa yang menimpa bocah berusia 5 tahun ini harus menjadi perhatian orang tua. Jajanan seperti ice smoke atau es ciki kebul itu memang sangat menarik perhatian anak-anak lantaran mengeluarkan asap saat dimakan. Namun, bahayanya sangat besar.

Bahaya Ice Smoke, Es Ciki Kebul yang Bikin Bocah Ponorogo Terbakar
Ilustrasi nitrogen cair (Foto: Istimewa)

Perlu diketahui bahwa asap yang keluar dari jajanan itu sebenarnya berasal dari nitrogen cair (liquid nitrogen); nitrogen yang berada dalam keadaan cair pada suhu yang sangat rendah. Nitrogen cair ini bersifat nontoksik, tidak berbau, dan tidak berwarna. Biasanya digunakan untuk membekukan makanan, mendinginkan mesin, dan lain sebagainya.

Apakah mengonsumsi makanan yang mengandung nitrogen cair ini berbahaya? Tentu saja berbahaya. Meskipun tidak mengeluarkan api, zat yang sangat dikin itu bisa menyebabkan cold burn (terbakar karena suhu yang sangat dingin).

Jajanan yang dicampur dengan nitrogen cair ini, yang sebelumnya disebut dengan nama “napas naga”, sangat berbahaya jika tidak diolah dengan benar. Makanan ini bisa menyebabkan luka bakar serius.

Bahaya Ice Smoke, Es Ciki Kebul yang Bikin Bocah Ponorogo Terbakar
Ilustrasi (Foto: Crello)

“Luka bakar serius. Ini benar-benar tidak boleh sampai tersentuh. Efek lain ketika nitrogen menguap adalah mengusir oksigen,” kata Prof. Fredy Kurniawan, Kepala Departemen Kimia Institut Teknologi Sepuluh November, seperti dilansir detikcom.

Zat kimia ini memang tidak beracun. Namun, zat ini dapat menyebabkan kerusakan kulit dan organ dalam yang parah. DilansirMashed, menghirup uapnya saja bisa menyebabkan kesulitan bernapas bagi penderita asma.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry