Atlet Olimpiade Ini Lelang Medali Demi Seorang Bayi

News | 24 August 2021
Atlet Olimpiade Ini Lelang Medali Demi Seorang Bayi
Maria dan medalinya (Foto: USA Today)

Tidak mudah untuk mendapatkan medali dalam ajang sebesar olimpiade. Semua atlet berjuang untuk mendapatkannya. Namun, hanya 3 terbaiklah yang berhak membawa pulang medali itu. Medali menjadi seperti bukti pengakuan tentang apa artinya menjadi yang terbaik.

Maria Andrejczyk adalah salah satunya. Atlet lempar lembing dari Polandia itu berjuang untuk meraih medali dalam ajang Olimpiade Rio 2016. Namun, dia tidak berhasil. Dia finis 2 cm dari podium ketiga.

Atlet berusia 25 tahun itu hampir saja mengubur mimpinya untuk mengikuti Olimpiade Tokyo 2020 ketika pada 2018 lalu, hasil pemeriksaan sinar X menunjukkan bahwa dia menderita osteosarcoma. Itu adalah sejenis kanker tulang yang bermula di sel-sel pembentuk tulang. Kanker ini bisa membuat penderitanya tidak bebas bergerak, pincang, bahkan mengalami patah tulang tanpa sebab yang jelas.

Atlet Olimpiade Ini Lelang Medali Demi Seorang Bayi
(Foto: Reuters)

Untung baginya, kanker itu tidak harus membuatnya menjalani kemoterapi. Dia hanya membutuhkan operasi. Keadaannya segera membaik, sehingga dia kembali melanjutkan latihan untuk bisa terbang ke Tokyo. Di situ, pada 6 Agustus lalu, dia meraih medali perak setelah melakukan lemparan sejauh 64,61 m. Tepat di belakang Shiying Liu dari China dengan lemparan sejauh 66,34 m.

Medali perak itu adalah hasil dari perjuangannya selama bertahun-tahun. Sebuah pengakuan yang pantas akan kehebatannya. Namun, medali itu bukanlah harta yang harus dia peluk erat-erat. Dia justru melelangnya demi pengobatan seorang bayi.

Atlet Olimpiade Ini Lelang Medali Demi Seorang Bayi
(Foto: Twitter)

Pada 11 Agustus lalu, lima hari setelah meraih medali itu di Tokyo, dia melelangnya. Dia mengumumkan pelelangan itu melalui akun Facebook-nya. Uang hasil pelelangan itu akan dia berikan kepada Miloszek Malysa, seorang bayi berusia 8 bulan yang membutuhkan dana untuk berangkat ke Stanford University di California, Amerika Serikat, untuk menjalani operasi jantung.

“Medali hanyalah sebuah objek. Namun, dia bisa sangat bernilai bagi orang lain. Medali ini dapat menyelamatkan nyawa orang lain, lebih baik daripada tertimbun debu di lemari. Karena itulah, aku melelangnya untuk menolong anak yang sakit,” katanya seperti dikutip dari Times of London.

Atlet Olimpiade Ini Lelang Medali Demi Seorang Bayi
(Foto: Twitter)

Andrejzyck sebenarnya tidak kenal siapa Malysa. Namun, dia tergerak ketika membaca permohonan orang tua bayi itu secara online.

“Miloszek mengalami penyakit jantung serius dan ia butuh operasi. Ia juga mendapat dukungan dari Kubus, seorang anak yang tak selamat. Dan ini membuat aku ingin membantu. Baginyalah aku melelang medali perak olimpiade ini,” tulisnya.

Bayi itu membutuhkan dana sekitar US$385.000 atau setara dengan Rp5,57 miliar untuk membiayai perjalanan dan perawatannya di Amerika Serikat. Setengah dari biaya itu sudah digalang oleh keluarganya. Setelah lagi itulah yang akan dikumpulkan melalui pelelangan medali itu.

Atlet Olimpiade Ini Lelang Medali Demi Seorang Bayi
Miloszek Malysa (Foto: siepomag.pl)

“Saya tidak berpikir lama tentang hal ini. Itu adalah penggalangan dana pertama yang saya lakukan. Dan saya tahu bahwa itu adalah tindakan yang tepat,” tulisnya.

Pada 16 Agustus lalu, dia mengumumkan bahwa pelelangan sudah ditutup. Zabka, sebuah chain convenience store Polandia, memenangi lelang itu.

“Kami sudah memiliki pemenangnya! Pada hari Jumat, aku menerima informasi yang luar biasa ini. Dan dengan fakta bahwa dana telah terkumpul lebih dari setengah dana awal di akun Miloszek, aku memutuskan untuk mengakhiri lelang, sehingga Miloszek akan menerima uang itu sesegera mungkin dan dapat terbang ke Amerika Serikat,” tulisnya.

Atlet Olimpiade Ini Lelang Medali Demi Seorang Bayi
(Foto: PAP)

Zabka pun mengonfirmasi bahwa merekalah yang memenangi lelang itu lewat Facebook.

“Kami tergerak oleh sikap yang indah dan sangat mulia yang dibuat oleh Andrejczyk ini. Kami juga memutuskan bahwa medali perak dari Tokyo itu akan tetap ada di tangan Nona Maria,” tulis Zabka.

 

#YUKKpakeYUKK

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry