Apakah Kartu BPJS Kesehatan Bisa Digunakan untuk Berobat Saat Berada di Luar Kota?

Apakah Kartu BPJS Kesehatan Bisa Digunakan untuk Berobat Saat Berada di Luar Kota?
Ilustrasi (Foto: banksinarmas.com)

Biasanya kartu BPJS Kesehatan digunakan di fasilitas kesehatan (faskes) yang dekat dengan tempat tinggal. Pada kartu itu memang sudah tertera faskes tingkat I yang sesuai dengan alamat tempat tinggal peserta. Namun, bagaimana jika kamu sedang berada di luar kota dan sakit? Apakah kamu bisa menggunakan BPJS Kesehatan?

Menurut Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan, Lily Kresnowati, masyarakat yang berada di luar kota dan jauh dari faskes yang terdaftar tetap bisa berobat menggunakan kartu BPJS Kesehatan. Bahkan, dalam kondisi darurat, masyarakat bisa langsung mendatangi unit gawat darurat (UGD) di rumah sakit terdekat. Untuk mengetahui lokasi faskes terdekat, peserta bisa mengecek aplikasi JKN pada menu lokasi faskes.

“Salah satu prinsip JKN KIS adalah portabilitas. Artinya, saat kita berada di luar kota tempat FKTP kita terdaftar, maka pelayanan kesehatan di puskesmas, klinik, atau dokter keluarga masih bisa kita dapatkan di faskes terdekat dengan lokasi kita,” katanya melalui saluran YouTube BPJS Kesehatan.

Apakah Kartu BPJS Kesehatan Bisa Digunakan untuk Berobat Saat Berada di Luar Kota?
Petugas BPJS Kesehatan (Foto: Bisnis)

Yang perlu diperhatikan adalah jalur atau prosedur. Ketika berada di luar kota dan menggunakan kartu BPJS Kesehatan untuk berobat, peserta harus datang ke faskes tingkat pertama terlebih dahulu. Tidak bisa langsung kef askes tingkat kedua atau selanjutnya kecuali jika terjadi keadaan darurat.

“Kalau di luar domisili, bisa maksimal 3 kali (menggunakan kartu BPJS Kesehatan) dalam sebulan. Kan, kalau parah, bisa dirujuk ke rumah sakit,” kata Kepala Humas BPJS Kesehatan, M. Iqbal Anas Ma’ruf Iqbal, seperti dikutip YUKK dari kompas.com.

(Foto: YUKK)

Supaya tetap bisa berobat menggunakan kartu BPJS Kesehatan ketika berada di luar kota, kamu harus membayar tagihan bulanan secara teratur. Jangan menundanya! Selain lebih murah iurannya, juga lebih mudah proses pembayarannya.

Kamu bisa membayar tagihan BPJS Kesehatanmu melalui aplikasi YUKK. Lebih cepat dan lebih mudah. Selain itu, selama Januari ini, ada cashback besar untukmu.

Apakah Kartu BPJS Kesehatan Bisa Digunakan untuk Berobat Saat Berada di Luar Kota?
Bayar iuran BPJS Kesehatan lewat YUKK lebih cepat dan cuan (Grafis: YUKK)

Cashback diberikan dalam bentuk YUKK Point. Poin-poin ini bisa kamu gunakan untuk melakukan banyak transaksi lainnya melalui aplikasi YUKK. Mulai dari membayar tagihan bulanan hingga berbelanja, baik secara online maupun offline di berbagai merchant yang sudah bekerja sama dengan YUKK.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry