Apakah Ibu Hamil Boleh dan Wajib Berpuasa?

Apakah Ibu Hamil Boleh dan Wajib Berpuasa?
Ibu hamil (Foto: Freepik)

Apakah seorang ibu hamil wajib berpuasa? Islam memberikan keringanan untuk seorang ibu hamil tidak berpuasa. Hal ini berhubungan dengan kondisi kesehatan ibu hamil sendiri dan janin yang sedang dikandungnya.

Dari sudut kesehatan, para ahli pun kesehatan tidak menganjurkan ibu hamil dengan usia kandungan menginjak trimester pertama untuk berpuasa. Alasannya adalah pada trimester pertama ini, organ tubuh janin masih mengalami pembentukan secara signifikan, sehingga janin membutuhkan asupan nutrisi yang banyak. Jika ibu hamil berpuasa pada trimester pertama ini, dikhawatirkan janin akan lahir dengan berat badan rendah.

Apakah Ibu Hamil Boleh dan Wajib Berpuasa?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Selain kehamilan pada trimester pertama, masih ada beberapa kondisi yang membuat seorang ibu hamil tidak dianjurkan untuk berpuasa. Menurut Prof. Dr. dr. Wiana Ocviyanti, SpOG(K), seperti dikutip YUKK dari liputan6.com, ada 4 kondisi yang membuat ibu hamil tidak diperbolehkan berpuasa, yaitu terjadi penurunan tekanan darah, muntah berkelanjutan, keguguran berulang dan riwayat kelahiran bayi prematur, dan gejala khusus seperti meningkatnya tekanan darah dan penambahan berat badan yang disertai dengan pembengkakan kaki.

Apakah Ibu Hamil Boleh dan Wajib Berpuasa?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Ibu hamil baru boleh berpuasa jika telah melewati trimester pertama kehamilan dan tidak mengalami empat kondisi di atas. Namun, tetap dengan pertimbangan yang matang. Ibu hamil yang ingin berpuasa harus sehat, baik fisik maupun psikis. Kecukupan gizi juga harus terpenuhi. Ibu hamil disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mulai berpuasa.

 

 

#YUKKpakeYUKK

 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry