Apa, Sih, Untungnya Menggunakan Payment Gateway?

Apa, Sih, Untungnya Menggunakan Payment Gateway?
Ilustrasi (Foto: Crello)

Saat ini, makin banyak pelaku bisnis yang memilih payment gateway. Ituadalah sebuah sistem transaksi dalam jaringan yang mengotorisasi proses pembayaran, baik yang menggunakan kartu kredit dan transfer bank, maupun pembayaran langsung lainnya seperti direct debit dan e-wallet (dompet digital). Dengan sistem ini, sebuah bisnis menerima pembayaran dari berbagai penjuru dunia dengan internet sebagai mediumnya.

Sistem pembayaran seperti ini bisa disediakan oleh bank. Namun, bisa juga oleh pihak non-bank yang memvalidasi dan mengotorisasi transaksi pembayaran antara penjual dan pembeli. Sistem ini memfasilitasi transaksi secara aman melalui transfer informasi antara portal pembayaran dengan prosesor bank.

Apa, Sih, Untungnya Menggunakan Payment Gateway?
Ilustrasi (Foto: Crello)

Payment gateway ini memberikan banyak manfaat, baik bagi merchant selaku penjual, maupun konsumen selaku pembeli. Berikut beberapa manfaat sistem payment gateway bagi merchant:

  • Merchant tidak perlu menyediakan banyak rekening untuk menerima pembayaran dari konsumen. Cukup satu rekening. Mengapa? Karena sistem baru ini memungkinkan merchant menerima pembayaran dari berbagai rekening bank,
  • Merchant lebih mudah mengecek dan memeriksa pembayaran yang masuk, baik dengan kartu kredit dan debit maupun dengan dompet digital,
  • Merchant lebih cepat dan aman dalam memproses transaksi. Sistem payment gateway mampu memproses transaksi secara massal, bahkan bisa mencapai ribuan transaksi dalam waktu singkat,
  • Merchant dapat melakukan proses rekonsiliasi penjualan dengan lebih mudah karena payment gateway dilengkapi dengan dashboard yang memudahkan merchant untuk mengecek detail laporan penjualan, data pelanggan, dan refund atau pengembalian dana transaksi.
Apa, Sih, Untungnya Menggunakan Payment Gateway?
Ilustrasi (Foto: Crello)

Tak hanya bermanfaat bagi merchant saja, payment gateway juga memberikan manfaat kepada konsumen. Berikut beberapa manfaatnya:

  • Konsumen yang menggunakan kartu kredit dijamin keamanannya karena payment gateway dilengkapi dengan teknologi fraud detection yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kecurangan pembayaran di merchant,
  • Sistem payment gateway melindungi konsumen pengguna kartu kredit dengan teknologi enkripsi data dan informasi saat melakukan transaksi,
  • Konsumen bisa langsung melakukan transaksi tanpa perlu membuka situs atau website merchant atau pihak ketiga untuk melakukan pembelian barang yang dibutuhkan atau diinginkan,
  • Sistem payment gateway memberikan kemudahan kepada konsumen dalam berbelanja secara online tanpa ribet dan antre karena bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja.
Apa, Sih, Untungnya Menggunakan Payment Gateway?
(Foto; dok. YUKK)

Di Indonesia, sudah tersedia banyak payment gateway. Salah satunya adalah aplikasi YUKK. Melalui YUKK, para pengguna bisa melakukan banyak transaksi. Mulai dari membayar tagihan bulanan seperti tagihan listrik, tagihan kartu kredit, tagihan air, tagihan gas, dan tagihan BPJS Kesehatan, hingga membeli pulsa (listrik dan telepon), paket data, vouchergim, dan voucher belanja. Termasuk di dalamnya membayar angsuran dan iuran TV kabel dan internet.

Selain itu, YUKK juga bisa digunakan untuk berbelanja, baik secara online, maupun secara offline.Termasuk untuk memesan makanan dan minuman melalui fitur “YUKK Makan”.  Proses transaksinya lebih cepat dan lebih mudah.

Apa, Sih, Untungnya Menggunakan Payment Gateway?
(Foto: dok. YUKK)

Saat ini, YUKK sudah bekerja sama dengan banyak merchant.  Baik online merchant, maupun offline merchant. Tidak hanya di kawasan Jabodetabek, tetapi juga di beberapa kota lain seperti di Denpasar dan Surabaya dan sekitarnya.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry