Kenali Apa itu Payment Link untuk Usaha agar Nambah Cuan

Layanan payment link

Sejak pandemi Covid-19 sampai sekarang, makin banyak orang beralih ke belanja online. Melihat tingginya antusiasme masyarakat dalam berbelanja online, berbagai inovasi dalam sistem pembayaran pun dilakukan. Hal ini karena belanja online harus bersifat praktis, aman, dan cepat. Ketiga aspek tersebut akan sangat mempengaruhi pengalaman konsumen untuk berbelanja. 

Payment link menjadi suatu inovasi baru dalam metode pembayaran. Metode pembayaran online yang satu ini memberikan keamanan dan kenyamanan, baik bagi penjual maupun pembeli. Sebenarnya, apa itu payment link? Bagaimana awal kemunculan, cara kerja, serta keuntungannya? Yuk, temukan informasinya dengan menyimak artikel ini.

Apa Itu Payment Link?

Sering melihat tautan di WhatsApp Business, atau di Instagram? Tautan tersebut mengarahkan pembeli ke laman pembayaran. Tautan tersebut juga disebut payment link. Apa itu payment link? Payment link adalah tautan dari sistem pembayaran cepat yang digunakan pelaku bisnis untuk memudahkan proses pembayaran customer

Customer tidak perlu mengakses website untuk melakukan transaksi pembayaran. Semua bisa dipermudah dengan mengeklik payment link. Dengan satu klik payment link, customer akan langsung diarahkan ke laman pembayaran yang menyediakan berbagai metode pembayaran, seperti transfer bank, kartu debit, virtual account, dompet digital, atau kartu kredit.

Awal Munculnya Payment Link di Indonesia

Sejak pemerintah dan Bank Indonesia menggalakkan kampanye cashless society atau gerakan masyarakat nirtunai, masyarakat Indonesia mulai beralih ke pembayaran secara online. Apalagi kampanye ini didukung dengan munculnya berbagai e-commerce. Tren belanja online pun mengalami peningkatan yang signifikan. 

Baca juga: Bingung Pilih Platform e-Commerce untuk Jualan? Simak Tips Berikut, Yuk!

Dilansir dari DataIndonesia.id, Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki pasar belanja online terbesar di tahun 2022. Hal ini bersumber dari laporan dari firma riset data.ai. Menurut laporan tersebut, warga Indonesia menghabiskan sekitar 6,6 miliar jam untuk berbelanja online dalam satu tahun terakhir

Adanya tren belanja online membuat perkembangan metode pembayaran online pun ikut berkembang. Layanan pembayaran online yang beragam pastinya bertujuan agar memberikan pengalaman yang menyenangkan saat berbelanja. Pembeli diberi kebebasan untuk membayar transaksi, termasuk QR Code Indonesian Standard (QRIS) yang sedang digalakkan pemerintah. 

Penerimaan masyarakat terhadap layanan pembayaran online sangat positif. Oleh karena itu, payment link hadir untuk memudahkan pembeli melakukan pembayaran. Dengan menggunakan payment link, kamu dapat langsung melihat detail invoice, memilih metode pembayaran, dan menyelesaikan pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih.

Cara Kerja Payment Link

Adanya payment link membuat para pembeli lebih nyaman bertransaksi. Soalnya, payment link bersifat fleksibel dan dapat digunakan untuk segala jenis bisnis, toko online, bahkan e-commerce

Selain itu, pembeli tidak harus login di media sosial atau website untuk menyelesaikan transaksi pembayaran. Hal ini dikarenakan payment link dapat digunakan untuk pembuatan invoice lengkap dengan nomornya. Kesalahan karena salah ketik akan terhindar.

Salah satu perusahaan sistem pembayaran (payment gateway) online, YUKK Payment Gateway memiliki sistem payment link yang aman dan mudah digunakan untuk semua jenis bisnis. Sistemnya juga mudah karena hanya menggunakan satu dashboard atau aplikasi mobile. Bagaimana sistem kerja payment link di YUKK Payment Gateway? Simak penjelasannya.

  • Pembeli memilih produk yang akan dibeli lewat media sosial, e-commerce, atau website.
  • Penjual memastikan produk yang akan dibeli tersedia.
  • Penjual mengisi link yang berisi tentang harga barang, biaya transaksi, ongkos kirim, dan deskripsi produk untuk membuat antarmuka invoice di YUKK payment link.
  • Setelah selesai mengisi, penjual mengirimkan link tersebut lewat media sosial, SMS, e-mail, WhatsApp, atau platform komunikasi lain kepada pembeli. 
  • Pembeli mengeklik link yang dikirimkan penjual. Link tersebut akan mengarahkan ke laman pembayaran dengan berbagai metode pembayaran. Metode pembayaran tersedia mulai dari transfer bank, virtual account, kartu kredit, QRIS, dan dompet digital.
  • Pembeli memilih metode pembayaran untuk menyelesaikan transaksi pembayaran.
  • Setelah pembayaran selesai, penjual dan pembeli akan mendapatkan notifikasi berupa informasi pembayaran atas pembelian sebuah barang.

Keuntungan Menggunakan Payment Link

Sekarang berbelanja online menjadi lebih fleksibel dan nyaman. Salah satu penyebabnya adalah tersedianya payment link sebagai metode pembayaran. Apalagi link ini meng-cover berbagai metode pembayaran. 

Pembeli jadi tertarik berbelanja di toko, penjual pun mendapat cuan. Masih belum menggunakan payment link untuk usaha online? Simak penjelasan keuntungan apa saja yang akan didapatkan, baik untuk pedagang maupun pembeli ketika menggunakan payment link.

Keamanan Pembayaran Lebih Terjamin

Masih banyak orang khawatir dengan keamanan berbelanja online. Hal ini umumnya disebabkan oleh maraknya penipuan dalam transaksi jual beli online. Adanya payment link sebagai salah satu metode pembayaran online memberikan jaminan keamanan kepada konsumen. 

Saat pelanggan membayar, maka notifikasi akan diterima oleh penjual maupun pembeli secara real time sehingga penjual langsung dapat memproses pesanan. Selain itu, kehadiran payment link juga dilengkapi dengan sistem keamanan yang berlapis sehingga data dan dana kamu terjamin keamanannya.

Biaya Operasional Lebih Murah

Salah satu keuntungan menggunakan payment link adalah dapat meminimalisasi biaya operasional (overhead) toko online. Dengan mengoptimalkan kegunaan payment link kamu tidak perlu mengeluarkan biaya, seperti aplikasi pihak ketiga atau pembayaran fisik eksternal. Hal ini akan berimbas penghematan dari segi waktu, tenaga, dan biaya untuk pemasangan dan pemeliharaan.

Pengalaman Belanja Pelanggan Meningkat

Kepuasan pelanggan saat berbelanja di toko online akan berimbas pada peningkatan pendapatan. Ketika customer menggunakan payment link transaksi pembayaran diproses dengan cepat. Bahkan customer bisa menggunakan lebih dari satu metode pembayaran sehingga pengalaman customer berbelanja di toko jadi lebih menyenangkan.

Terciptanya Pelanggan yang Loyal

Keuntungan lain dari adanya payment link di usaha online adalah mampu membuat pelanggan menjadi loyal. Seperti diketahui, metode payment link bersifat cepat dan fleksibel. Pelanggan bisa memilih sistem pembayaran sesuai dengan keinginan. Hal ini dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dan menciptakan pelanggan yang loyal.

Transaksi Tidak Terbatas

Memberikan kemudahan metode pembayaran via payment link dapat memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan kepada tidak hanya customer, tetapi juga reseller dan dropshipper. Ketika mereka berbelanja di toko online, kehadiran payment link akan membantu proses pembuatan invoice lengkap dengan nomor sehingga barang yang dibeli tidak akan tertukar.  Bahkan, para reseller dan dropshipper bisa melakukan transaksi berulang kali dalam kurun waktu yang sama.

Inilah penjelasan seputar apa itu payment link, awal muncul di Indonesia, cara kerja, serta keuntungannya untuk bisnis online. Melihat penjelasan keuntungan di atas, menggunakan payment link perlu kamu tambahkan pada bisnis online. Jika belum, tidak ada salahnya untuk segera membuat payment link. Berita baiknya, sekarang ada solusi bagi bisnis online yang ingin menyediakan berbagai metode pembayaran. 

Caranya adalah dengan daftar dan gabung di YUKK Payment Gateway. YUKK Payment Gateway adalah solusi pembayaran online terbaik bagi UMKM Indonesia. Tidak hanya itu kamu juga bisa kirim dana ke berbagai tujuan dengan aman, cepat, dan mudah. Yuk, buat bisnis online lebih besar bersama YUKK.

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry