Apa Saja Masakan Berkuah Jagoan Indonesia?

Makanan berkuah khas Indonesia
Rawon (Foto: food.idntimes.com)

Indonesia adalah negeri yang kaya akan makanan. Masing-masing daerah, mulai dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote, punya makanan khas. Makanan yang menjadi identitas diri dan budaya.

Dari sekian banyak jenis makanan khas itu, ada beberapa makanan berkuah yang menjadi favorit sebagian besar masyarakat. Apa saja masakan berkuah jagoan Indonesia?

Bakso

Masakan berkuah jagoan Indonesia
(Foto: google)

Ini adalah salah satu jenis makanan favorit. Dijual dari pinggir jalan hingga restoran bintang lima. Disajikan dengan aneka variasi bahan dan rasa. Ada bola daging, tahu goreng, sawi, mi kuning atau mi soun, dan kuah bening. Sausnya bikin orang ketagihan.

Soto

Masakan berkuah jagoan Indonesia
Soto ayam (Foto: blog.fatfreevegan.com)

Hampir semua daerah punya masakan jenis ini. Betawi punya soto Betawi, Madura punya soto Madura, Banjar punya soto Banjar, Lamongan punya soto Lamongan, dan lainnya. Dan masakan ini juga menjadi masakan favorit. Bahkan wisatawan asing pun suka masakan yang terkenal dengan kuah kuningnya ini.

Rawon

Masakan berkuah jagoan Indonesia
(Foto: food.idntimes.com)

Kuliner khas Indonesia lain yang sangat menggoda adalah rawon. Masakan berupa sup daging berkuah hitam yang dicampur dengan kluwek ini datang dari Jawa Timur. Daging yang biasa digunakan adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Rasanya sangat lezat dan gurih karena dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, kunir, Lombok, kluwek, garam, dan minyak nabati. Orang luar negeri menyebutnya black soup.

Coto

Masakan berkuah jagoan Indonesia
(Foto: pinterest.com)

Inilah salah satu warisan budaya Indonesia bercita rasa tinggi. Makanan khas Makassar, Sulawesi Selatan, ini telah ada sejak tahun 1538 silam. Tepatnya sejak zaman Kerajaan Gowa. Masakan berupa daging sapi berkuah ini punya cita rasa yang tinggi karena dibumbui dengan aneka rempah. Dulu, masakan yang disebut juga coto mangkasara ini merupakan hidangan utama bagi keluarga kerajaan.

Sayur asam

Masakan berkuah jagoan Indonesia
(Foto: meitaachiria.com)

Siapa yang tidak tahu sayur asam? Sayur yang benar-benar khas Indonesia ini menjadi favorit banyak orang karena perpaduan rasa asam dan manisnya yang pas. Bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk membuat sayur ini adalah kacang tanah, nangka muda, melinjo, belimbing sayur, labu siam, kacang panjang, dan asam jawa. Tidak jarang juga jagung muda digunakan. Sayuran ini sangat tepat dinikmati dengan ikan asin, sambal, dan lalapan.

Sop buntut

Masakan berkuah jagoan Indonesia
(Foto: Shutterstock)

Sama seperti namanya, bahan dasar masakan ini adalah ekor sapi. Untuk memperkaya rasanya, biasanya ditambahkan juga wortel, tomat, dan kentang. Saat ini, ada begitu banyak variasi resep dari sop buntut.

Gulai

Masakan berkuah jagoan Indonesia
(Foto: Agrowindo)

Masakan yang ini tidak kalah menggodanya. Selalu menjadi hidangan utama dalam perayaan-perayaan besar seperti Lebaran, Natal, dan pesta-pesta besar lainnya. Saat ini, banyak warung dan rumah makan yang menyajikan gulai sebagai salah satu menu andalan. Ada menu gulai ayam, gulai ikan, gulai sapi, dan gulai kambing.

Sayur lodeh

Masakan berkuah jagoan Indonesia
(Foto: arwini.com)

Selain sayur asem atau asam, Soekarno, presiden pertama, juga suka sayur lodeh. Bahkan sangat suka. Hal itu diungkapkan oleh Mangil Martowidjojo, bekas komandan Detasemen Kawal Pribadi Presiden Soekarno, dalam buku berjudul Kesaksian Tentang Bung Karno 1945-1967. Sayur ini disukai karena bahan-bahan yang digunakan segar dan bergizi, antara lain, berbagai jenis sayur, tahu, tempe, dan jagung.

Semur daging

Masakan berkuah jagoan Indonesia
(Foto: google)

Satu lagi masakan berkuah khas Indonesia yang tidak boleh dilupakan: semur daging. Masakan ini dapat disajikan dengan kuah kental. Bisa juga dengan kuah yang agak encer. Sangat pas jika dinikmati dengan beberapa potong kentang.

Lontong sayur

Masakan berkuah jagoan Indonesia
(Foto: google)

Masakan yang sering dijadikan menu sarapan. Terbuat dari lontong, telur, tahu, dan tempe. Kuah santannya yang kental dan gurih benar-benar menggugah selera. Jangan heran bahwa sampai bule pun tergila-gila pada masakan khas yang satu ini.

Itulah 10 masakan berkuah khas Indonesia yang menjadi favorit banyak orang. Masakan yang menjadi identitas budaya bangsa ini. Kamu tertarik?

Baca juga artikel: https://yukk.co.id/blog/inilah-makanan-dan-minuman-yang-bisa-membuat-umurmu-panjang.html

#YUKKpakeYUKK

2
like
1
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry