Kode Referral Affiliate: Cara Mendapatkan Cuan dari Sosial Media

Affiliate di Marketplace

Apa itu kode referral affiliate? Hal ini erat kaitannya dengan pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang semakin pesat. Pada tahun 2023, APJII mencatat 292,3 juta penduduk Indonesia menjadi pengguna aktif internet dan mengalami pertumbuhan sebanyak 6,5% dari tahun sebelumnya.

Situasi tersebut memunculkan banyak tren baru, salah satunya kode referral afiliasi. Bukan sekadar populer, namun tren ini menjadi peluang memperoleh penghasilan melalui pemanfaatan teknologi internet. Seperti apa? Simak pembahasannya hingga akhir artikel!

Apa Itu Kode Referral Affiliate?

Kode referral affiliate atau kode afiliasi merupakan kode yang disarankan, diberikan, atau ditawarkan pada konsumen baru untuk melakukan pembelanjaan online. Kode tersebut dapat digunakan untuk aplikasi independen maupun marketplace – selama ruang lingkupnya merupakan transaksi digital.

Ketika mengaplikasikan kode tersebut, konsumen baru akan memperoleh promo seperti diskon , cashback atau bonus produk. Sedangkan, pemberi kode akan memperoleh benefit berupa komisi, diskon, maupun produk gratis sesuai dengan kesepakatan bersama pihak perusahaan atau pemilik toko online dimana transaksi dilakukan.

Besaran komisi untuk pemilik kode referral tersebut berkisar antara 3% – 10% dari harga produk yang terjual. Kode yang dibagikan itu juga memiliki kombinasi unik, sehingga dapat menjadi identitas pemiliknya – karena berbeda dengan milik orang lain. Sosok yang membagikan kode dalam program afiliasi disebut juga sebagai affiliate marketer.

Baca juga: 5 Cara Mudah Dapat Duit dari TikTok, Bisa Sekaligus Terkenal!

Kelebihan dan Kekurangan Kode Referral Affiliate

Penjabaran tentang pengertian apa itu kode referral affiliate sudah membuat Anda sedikit memiliki gambaran tentang tren yang satu ini, bukan? Sekilas, tampak sangat mudah dan menjanjikan. Meskipun demikian, tetap saja menjadi affiliate marketer memiliki keunggulan dan kelemahan.

Kelebihan Kode Referral Affiliate

Kelebihan Program Kode Referral Affiliate

Mendapatkan Keuntungan Tanpa Mengeluarkan Banyak Modal

Tidak dapat disangkal bahwa tren yang satu ini membantu pegiat internet untuk memperoleh keuntungan berupa komisi dari produk yang terjual. Modal yang dibutuhkan hanya gawai dan konektivitas internet yang stabil, kemudian kepiawaian untuk mempromosikan orang lain agar berbelanja memakai kode referral tersebut.

Lebih Mudah Berbagi Promo

Melalui kode referral, pemilik usaha menjadi lebih mudah membagikan promo dengan konsumen. Selain itu juga lebih cepat, efektif, efisien, dan tentu akurat. Sebab, kode tersebut tidak akan bisa digunakan oleh konsumen untuk bertransaksi di tempat lain. Menghemat biaya promosi iklan secara konvensional juga, bukan?

Dapat Menjangkau Lebih Banyak Target Market

Dari sisi perusahaan atau badan usaha yang mengeluarkan kode referral, metode ini bermanfaat juga sebagai awareness. Artinya, membuat orang lebih mudah menyadari dan teringat pada bisnis Anda berkat jangkauannya yang luas. Terutama jika bekerja sama dengan banyak affiliate marketer yang memiliki popularitas tinggi di internet.

Membantu Menghasilkan Konten Promosi yang Lebih Beragam

Keunggulan lain dari apa itu kode referral affiliate adalah banyaknya konten promosi dengan konsep – konsep yang menarik dan berbeda-beda. Sebab, setiap affiliate marketer pasti berusaha maksimal untuk menghasilkan konten unik yang dapat menarik konsumen akhir untuk berbelanja menggunakan kode milik mereka.

Kekurangan Kode Referral Affiliate

Kekurangan Program Kode Referral Affiliate

Komisi yang Tidak Pasti

Dari sisi kekurangannya, profesi sebagai affiliate marketer masih sulit untuk dijadikan sebagai pekerjaan utama. Sebab, komisi yang didapat tidak pasti, sebab nominalnya bergantung pada jumlah produk yang terjual. Jika tidak berhasil menjual produk atau hanya sedikit, maka otomatis komisi yang didapat juga kecil.

Potensi Penipuan

Penipuan juga dapat terjadi antara pihak-pihak yang terlibat. Baik pembeli, affiliator, maupun pemilik usaha. Contohnya ketidaksesuaian produk dengan deskripsi atau iklan yang dibuat sehingga membuat konsumen kecewa. Bila hal itu terjadi, maka pembeli akan enggan untuk menjadi pelanggan sehingga bisnis pemilik usaha menjadi sulit dan berdampak pada komisi affiliate.

Kompetisi yang Ketat

Terakhir adalah kompetisi yang ketat, terlebih jika bersaing dengan artis atau influencer yang lebih terkenal. Meskipun mereka biasanya lebih mengutamakan sistem endorsement, namun tidak sedikit pula yang melirik peluang sebagai affiliate marketer. Khususnya bagi pemula, hal ini tentu menjadi kesulitan yang serius.

Cara Kerja Kode Referral Affiliate

Cara Kerja Program  Kode Referral Affiliate

Bila Anda ingin mencoba apa itu kode referral affiliate sebagai penghasilan pasif, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu supaya bisa memperoleh kode unik untuk kemudian dibagikan pada konsumen. Anda bisa langsung mengakses aplikasi atau situs resmi marketplace, kemudian memilih menu join affiliate untuk bergabung menjadi affiliate marketer mereka. 

Jangan lupa untuk mengisi data-data sesuai yang diminta dan tunggu proses verifikasi. Bila sudah resmi bergabung, maka Anda akan mendapatkan notifikasi melalui surel, pesan singkat, ataupun aplikasi perpesanan. Lantas, bagaimana dengan cara kerja kode referral itu sendiri? Rupanya ada beberapa tahapan, yaitu:

  • Penetapan kode dari pihak perusahaan untuk kemudian dibagikan oleh affiliate marketer. Ada dua jenis kode, yaitu kode statis dan kode dinamis. Persyaratan penggunaan keduanya berbeda, sehingga Anda perlu memperhatikan betul jika hendak membagikannya pada calon konsumen.
  • Pembagian kode dari affiliate kepada konsumen melalui teknologi yang mendukung seperti platform sosial media, aplikasi perpesanan, maupun komunitas sejenis di internet. Tujuannya untuk memperoleh sebanyak mungkin pengguna kode sehingga komisi yang diperoleh juga semakin banyak.
  • Pengumpulan kode oleh pihak perusahaan untuk mengetahui apakah referral yang dibagikan oleh affiliate benar-benar digunakan atau tidak oleh konsumen.
  • Klaim komisi menjadi langkah terakhir dari metode bisnis afiliasi ini. Komisi akan diberikan oleh pihak perusahaan sesuai dengan jumlah konsumen yang redeem kode referral ketika melakukan pembelanjaan produk.

Tips Promosi Menggunakan Kode Referral Affiliate

Anda ingin sukses menjadi affiliate sebagaimana deskripsi apa itu kode referral affiliate di atas? Cobalah untuk mempraktekkan tips-tips berikut untuk dapat memenangkan minat konsumen sehingga bersedia bertransaksi dan meredeem kode unik Anda:

  • Mempelajari dan memahami spesifikasi dan keunggulan produk yang ditawarkan sehingga dapat menjadikannya sebuah nilai jual. Seorang affiliate yang tidak memahami benar produknya bisa dengan mudah ditinggalkan oleh konsumen.
  • Membuat konten-konten yang menarik dan anti mainstream untuk menarik konsumen agar bertransaksi sekaligus menggunakan kode referral Anda.
  • Bangun persona yang berbeda dari affiliate lain. Jika memungkinkan, jangan terlalu tampak bahwa Anda seorang affiliate dan buat konsumen meyakini bahwa Anda memasarkan produk karena memang sudah mencoba dan puas karenanya.
  • Pandai dalam memilih produk-produk yang tengah diminati atau berpotensi menciptakan tren dalam waktu dekat. Hal itu akan meningkatkan potensi barang terjual dari etalase Anda.
  • Menyusun kata-kata yang persuasif dan menerapkan psikologi pembeli seperti penggunaan kata kunci spesifik, ‘Diskon spesial’ atau ‘Harga segera naik’, untuk meningkatkan sugesti pada konsumen.

Jika ingin menjadi affiliate marketer hebat sesuai pengertian dari apa itu kode referral affiliate, jangan lupa menggunakan YUKK sebagai payment gateway untuk semua transaksi Anda. Mulai dari tagihan, pembayaran, transfer hingga kebutuhan transaksi finansial digital lainnya tersedia secara lengkap dan mudah untuk digunakan.

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry